icon-category Gadget

5 Life Hack iPhone yang Bisa Kamu Coba!

  • 07 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Yura Fresh/Unsplash

    Uzone.id – Sudah beli iPhone terbaru mahal-mahal, tapi tak dimaksimalkan dengan baik? Sebaiknya, kalian simak beberapa fitur tersembunyi di iPhone terbaru yang bisa kalian coba.

    Fitur-fitur 'terselubung' yang bakal kami sebutkan ini mungkin belum pernah kalian pakai atau tahu sebelumnya. Fitur ini bisa diaktifkan tanpa harus download aplikasi tambahan atau pihak ketiga di App Store karena sudah jadi fitur bawaan dari iOS versi terbaru.

    Nah, biar iPhone kalian gak cuma dipakai untuk chatting, mengakses medsos dan foto-foto doang, berikut beberapa fitur tersembunyi di iPhone yang berguna buat kalian.

    1. Goyang iPhone untuk hapus teks

    Uzoners pernah gak sih sudah ngetik panjang-panjang, eh ternyata salah bahasan? Pengin hapus ulang, tapi malas? Goyangkan saja iPhone kalian!

    Salah satu life hack di iPhone yang bisa kalian coba adalah menghapus teks dengan menggoyangkan ponsel. Setelah digoyangkan, nantinya akan muncul pesan ‘Undo Typing’ di layar. Kalau tiba-tiba berubah pikiran, goyangkan lagi saja iPhone kalian dan klik ‘Redo Typing’. 

    Baca juga: Prediksi Harga iPhone 14 Series, Yakin Gak Bikin Kantong Jebol?

    2. Jadi ‘penggaris dadakan’

    Kalian bisa mengubah iPhone jadi alat untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi suatu benda menggunakan aplikasi bawaan bernama Measure.

    Aplikasi ini memanfaatkan sistem AI atau kecerdasan buatan dari kamera iPhone. Untuk mencobanya, tinggal buka aplikasi Measure, lalu arahkan kamera ke objek yang ingin diukur.

    Sistem Measure pun bisa menghitung lebih dari satu pengukuran, seperti lebar dari objek misalnya. Caranya, gerakkan kamera ke bagian lain dari objek yang telah diukur sebelumnya.

    Lalu, tekan tombol ‘+’ untuk melihat hasil pengukurannya. Kalian bisa mengulangi cara ini untuk menghitung sekeliling objek terkait.

    Menariknya, Measure dapat menyimpan hasil pengukuran tersebut. Ada dua cara untuk menyimpan data penghitungan, dengan copy nilai pengukuran yang muncul dan paste ke aplikasi lainnya. Atau, kalian bisa mengambil foto yang menunjukkan objek dan ukurannya dengan menekan tombol Shutter di sudut kanan aplikasi.

    3. Ubah keyboard jadi trackpad

    Fitur tersembunyi di iPhone yang selanjutnya adalah dengan mengubah keyboard menjadi trackpad. Caranya dengan menekan dan menahan tombol spasi pada keyboard beberapa saat sampai tampilan keyboard menjadi blank seperti gambar di bawah ini.

    Jangan angkat jari kalian dari keyboard, gerakkan jari di area keyboard untuk memindahkan kursor. Bakal ada efek haptic yang kalian terima, sehingga terasa seperti menggunakan trackpad di perangkat Mac.

    4. Force restart saat iPhone crash

    Secanggih-canggihnya iPhone, tentu ada kalanya perangkat tersebut crash. Kalau kalian mengalaminya, jangan panik. Lakukan saja force restart untuk memulihkan iPhone kesayangan kalian.

    Banyak yang gak tau nih soal fitur tersembunyi iPhone ini. Caranya pun berbeda-beda, tergantung generasi iPhone yang kalian gunakan.

    Untuk iPhone dengan Face ID (iPhone X ke atas) dan iPhone 8 atau iPhone SE 2020, caranya dengan tekan dan lepaskan tombol volume atas dengan cepat, lalu tekan dan lepaskan tombol volume bawah dengan cepat, kemudian tekan dan tahan tombol samping atau side button. Ketika logo Apple muncul, lepaskan tombol tersebut.

    Baca juga: Desain iPhone SE Terbaru Bakal Berubah, Tapi Masih Ketinggalan Jaman

    Untuk iPhone 7, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol Sleep/Wake secara bersamaan. Saat logo Apple muncul, lepaskan tombolnya.

    Sementara untuk iPhone 6s atau iPhone SE generasi pertama, tekan tombol Sleep/Wake dan Home secara bersamaan. Ketika logo Apple terlihat, maka lepaskan tombolnya.

    5. Mengubah kamera menjadi scanner dokumen

    Kalau sebelumnya scan dokumen harus menggunakan printer khusus atau malah perlu ke tempat fotocopy-an, sekarang hanya perlu memanfaatkan kamera ponsel saja.

    Caranya mudah, buka aplikasi Notes di iPhone. Lalu, tekan tombol dengan ikon kamera dan pilih Scan Documents.

    Arahkan kamera ke dokumen yang mau dipindai. Secara otomatis kamera iPhone akan melakukan pemindaian. Namun jika tidak, tekan tombol volume atau tombol shutter di layar.

    Setelah pemindaian selesai, pilih Keep Scan. Lalu, tekan tombol Save untuk menyimpan hasil scanning.

    Itu tadi 5 fitur tersembunyi di iPhone yang mungkin belum pernah kalian coba. Manfaatkan fitur-fitur ini untuk memaksimalkan potensi iPhone kalian yang sudah memiliki spesifikasi powerful untuk sehari-hari.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini