icon-category Gadget

Prediksi Harga iPhone 14 Series, Tetap Naik Tapi Gak Bikin Kantong Jebol?

Uzone.id - Jelang Apple Event yang tinggal menghitung hari, rumor yang masih kuat berhembus adalah harga iPhone 14 Series yang diprediksi bakal jauh lebih mahal. Bocoran dan prediksi analis menyebut kalau harga iPhone 14 Series akan baik sekitar USD100 atau setara Rp1,4 jutaan.

Sekadar informasi, Apple di tahun ini menghilangkan model ‘mini’ pada iPhone 14 Series. Sebagai gantinya, Apple menghadirkan varian lebih besar yang dinamai iPhone 14 Max yang diposisikan di atas iPhone 14 standar.

Total ada empat model yang akan diluncurkan nanti, yakni iPhone 14 standar, 14 Max, 14 Pro dan 14 Pro Max.

Baca juga: Move On dari China, Apple Produksi iPhone 14 di India

Berdasarkan analisis dari TrendForce, kenaikan harga pada iPhone 14 Series pasti terjadi, tapi tidak terlalu signifikan. Malah, harga iPhone 14 standar saja bisa lebih murah USD50 atau Rp744 ribuan (kurs saat ini) daripada harga awal iPhone 13 pada saat pertama kali dipasarkan.

Sedangkan tiga seri lainnya, dipastikan dijual dengan banderol harga yang lebih mahal. iPhone 14 Max misalnya, smartphone ini dilepas dengan harga mulai USD849 atau Rp12,6 jutaan. Selisih harganya cukup jauh dari model standar yang dipasarkan USD749 atau setara Rp11,1 jutaan.

Sementara varian Pro dan Pro Max, Apple mematok harga 50 dolar lebih mahal dari versi sebelumnya. iPhone 14 Pro dijual USD1.050 atau Rp15,6 jutaan, sedangkan 14 Pro Max dihargai USD1.150 atau Rp17,1 jutaan.

Penyebab harga iPhone 14 Series naik

TrendForce turut membeberkan mengapa harga iPhone 14 Series bakal naik dibanding sebelumnya. Salah satu alasan utamanya adalah kondisi ekonomi yang sulit dengan pasar smartphone yang cenderung menurun.

Dengan cara ini, Apple dinilai ‘main aman’ dengan meningkatkan sedikit margin harga ponsel flagship terbarunya. Kendati begitu, Apple tetap memberikan upgrade spesifikasi yang lumayan besar untuk iPhone 14, 14 Max, 14 Pro dan 14 Pro Max.

Seperti model Pro dan Pro Max, Apple bakal menyematkan prosesor terbaru Apple A16 Bionic yang dipasangkan dengan RAM LPDDR5 dengan kapasitas mulai 6 GB. Panel layar ponsel ini juga sudah berjenis LTPO dengan refresh rate 120Hz dan fungsi Always-on Display.

Sistem Face ID jauh lebih baik lagi, apalagi dengan komponen TrueDepth Camera yang dijejalkan pada lubang kamera di layar. Kemudian kamera utama di belakang dengan sensor 48MP yang dapat merekam video 8K.

Baca juga: Fitur-fitur Baru yang Diharapkan Hadir di iPhone 14 Series

Sementara varian standar dan Max, prosesornya mungkin masih sama dengan iPhone 13, yakni Apple A15 Bionic. Meski demikian, beragam komponen di bagian dalamnya tetap ditingkatkan, seperti jenis RAM dan kapasitasnya, kamera, sampai kapasitas baterai.

“Peningkatan seperti kapasitas RAM awal menjadi LPDDR5 6 GB dan 256 GB, peningkatan kamera utama 48MP, perubahan Face ID, dan sebagainya, diperkirakan akan menaikkan harga awal,” jelas TrendForce.

“Namun, di bawah tekanan dari kenaikan inflasi global dan nilai tukar mata uang asing, Apple diperkirakan akan menerapkan strategi harga yang lebih hati-hati agar tidak mempengaruhi kinerja penjualannya,” tutup perusahaan analisis pasar global tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini