home ×
Digilife

5 Tips Aman Beli iPhone Second, Jangan Sampai Tertipu!

08 October 2021 By
5 Tips Aman Beli iPhone Second, Jangan Sampai Tertipu!
Share
Share
Share
Share

Foto: Thom Bradley/Unsplash

Uzone.id - Apple telah meluncurkan kembali jajaran iPhone terbaru mereka, yaitu iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Seperti generasi sebelumnya, Apple membanderol ponsel ini dengan harga yang cukup tinggi.

Namun, bagi kalian yang ingin punya ponsel iPhone tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, salah satu caranya adalah membeli iPhone second (bekas).

Sebelum membeli iPhone yang telah dipakai pengguna lain, tentu ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan terlebih saat ini banyak oknum yang sering menjual ponsel curian atau ponsel ilegal. 

Baca juga: Apple Watch Series 7 Resmi Meluncur Pada 15 Oktober

Untuk memastikan iPhone yang kalian beli aman, simak lima tips yang bisa kalian ikuti sebelum membeli iPhone second.

Minta Bukti Pembelian Ponsel

Berkas bukti pembelian adalah cara yang ampuh untuk menentukan bahwa penjual tersebut sungguh-sungguh atau tidak. Sang penjual harus memiliki tanda terima asli (elektronik atau fisik) dari tempat mereka membeli iPhone, baik itu toko Apple resmi ataupun penjual pihak ketiga.

Selain menjamin keaslian dari perangkat tersebut, dokumen resmi dapat membantu dalam mengklaim garansi.

Periksa nomor IMEI

IMEI adalah nomor unik untuk mengidentifikasi berbagai ponsel di seluruh dunia. IMEI ini akan sangat berguna saat ponsel dicuri atau hilang. Jika ponsel dicuri, IMEI bisa dilaporkan ke operator, lalu perangkat tersebut akan segera dikunci.

Setelah itu, SIM yang ada di ponsel tidak akan berfungsi begitupun ponsel yang akan dikunci. Untuk mengetahui IMEI dari iPhone yang akan kalian beli, kalian bisa memeriksa ulang IMEI di iPhoneox.com untuk melihat apakah perangkat tersebut dilaporkan hilang atau dicuri atau tidak.

Periksa kebijakan pengembalian penjual

Beberapa penjual menawarkan kebijakan pengembalian, dan ini akan membuat pembeli merasa sedikit tenang dan terjamin apabila ada kesalahan. 

Penjual yang memberikan kebijakan seperti itu biasanya merupakan reseller besar atau toko yang sudah cukup besar. Namun, bagi penjual pribadi kebijakan ini mungkin tidak terlalu diatur.

Oleh karena itu, sebelum membeli kalian harus bertanya lebih dalam mengenai tanggung jawab penjual saat barang yang diterima mengalami kerusakan atau kekurangan.

Periksa akun iCloud, atur ulang akun dan iPhone

Jika kalian membeli ponsel secara langsung (datang atau bertemu dengan penjual), ada baiknya untuk menyalakan iPhone dan memeriksa isi ponsel tersebut. Untuk memastikan iPhone berfungsi, minta penjual untuk mengisi daya terlebih dahulu sebelum dijual kepada kalian.

Baca juga: RAM 18GB ROM 512GB, Harga ASUS ROG Phone 5 di Indonesia Rp19 Juta

Kalian juga bisa memastikan ponsel tersebut berfungsi dengan memasukkan SIM dan mencoba mengirim pesan atau menelepon seseorang. Pastikan juga tidak ada akun iCloud di iPhone tersebut. Karena akan sulit untuk menghapus akun tanpa mengetahui kata sandinya.

Jika penjual menolak untuk menghapus akun iCloud tersebut, ada indikasi bahwa ponsel tersebut merupakan hasil curian.

Ketemuan di tempat ramai dan aman

Penjual yang jujur akan merasa baik-baik saja apabila diajak bertemu di tempat ramai. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, ajak penjual untuk bertemu di kedai kopi, stasiun kereta api, atau bisa juga di depan toko Apple.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id