Digilife

5 Tips Belajar Online Tetap Seru Tanpa Suntuk

  • 23 August 2021
  • Bagikan :

    Photo by Ed Us on Unsplash

    Uzone.id -- Proses belajar mengajar secara online sudah berlangsung selama satu tahun  sejak pandemi melanda pada 2020. Rasa menahan rindu belajar secara tatap muka mungkin saja tidak terbendung, namun sejauh ini pemanfaatan teknologi digital masih menjadi solusi agar aktivitas belajar terus berlangsung.

    Belajar online tentunya membuahkan pelajaran baru, yaitu tentang cara adaptasi dalam waktu singkat secara efektif. Bagaimana tidak, belajar online mendadak menjadi aktivitas rutin yang harus dijalankan setiap hari, seakan-akan semua pelajar dan juga pengajar tidak diberi pemanasan terlebih dahulu untuk tahu kiat-kiat di baliknya.

    Iya, kiat-kiat agar belajar online tidak membosankan, atau bahkan membuat pelajar dan pengajar sampai merasa enggan untuk melanjutkan kegiatan ini layaknya sekolah konvensional.

    Baca juga: Pijar Sekolah Jadi Solusi Sarana Belajar Virtual Terintegrasi

    Bangun tidur, mungkin masih banyak yang masih terbiasa langsung mandi agar segar, berpakaian seragam rapi seperti mau berangkat ke sekolah, namun bedanya tidak benar-benar keluar rumah, melainkan mengeluarkan gadget seperti smartphone, tablet, atau laptop.

    Di tengah proses pembelajaran yang interaksinya dibatasi oleh layar perangkat digital, tampaknya wajar jika muncul perasaan bosan, suntuk, hingga kehilangan semangat.

    Kendati begitu, ada beberapa tips jitu agar belajar online tetap menyenangkan dan dapat dinikmati tanpa keluhan.

    1. Sediakan tempat nyaman yang bikin fokus

    Jika susah move on dari suasana kelas di sekolah, pelajar bisa mencoba menyiapkan tempat khusus untuk belajar. Jadi, ketika mau belajar online, tempat ‘sakral’ itulah yang akan menjadi ruang khusus belajar agar konsentrasi tetap terjaga dan tentunya nyaman.

    Pastikan tempat belajarnya memang dapat membuat pikiran rileks, tetap fokus, dan mudah mendengarkan materi pembelajaran tanpa diganggu suara bising yang mengganggu.

    1. Siapkan perlengkapan belajar hingga cemilan

    Kalau sudah menyiapkan tempat belajar, saatnya menyediakan alat atau perlengkapan yang dapat mendukung proses belajar online.

    Jika pelajar butuh buku catatan, spidol, stabilo, earphones, hingga cemilan, siapkan semuanya di dekat meja atau area belajar agar mudah diraih jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

    Tak sedikit lho, pelajar yang butuh ditemani oleh snack alias kudapan ringan saat belajar online supaya tidak cepat mengantuk. 

    1. Koneksi internet memadai

    Namanya juga belajar online, pasti tidak lepas dari peran jaringan internet. Semakin bagus koneksi internet, tentu proses belajar semakin nyaman, lancar, dan nihil gangguan-gangguan teknis yang bisa bikin bete.

    Minimal koneksi internetnya tidak membuat proses streaming atau konferensi video yang sudah dilakukan jadi terhambat alias buffering

    1. Pilih platform belajar terbaik

    Jika ada kesempatan memilih atau menyuarakan platform belajar online yang layak dipilih, bisa jadi kita langsung bingung karena layanan edukasi virtual sudah semakin menjamur di Indonesia.

    Salah satu platform belajar online yang dapat dimanfaatkan oleh pelajar dan pengajar Tanah Air adalah Pijar Sekolah

    Sebagai platform edukasi yang dinaungi Telkom Indonesia, Pijar Sekolah memiliki keunggulan dari sisi fiturnya yang terintegrasi ke dalam satu sistem. Dengan kata lain, pengguna tak perlu repot membuka berbagai jenis layanan digital hanya untuk menjalankan kegiatan sekolah virtual secara kondusif.

    Singkatnya, pelajar dan pengajar tak perlu repot membuka layanan pesan instan untuk koordinasi pembelajaran atau absen, serta harus menggunakan aplikasi panggilan video (video call) pihak ketiga untuk proses belajarnya. Semua kegiatan belajar online ada di dalam satu platform Pijar Sekolah itu sendiri.

    Baca juga: Pijar Sekolah Raih 2 Penghargaan Stevie Awards 2021

    Dalam sebuah penghargaan inovasi terbesar di AsiaPasifik, Stevie Awards, Pijar Sekolah mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Pijar Sekolah mewakili Telkom Indonesia dalam meraih Gold Medal untuk kategori Awards for COVID-19 Response: Most Valuable Product dan Bronze Medal untuk kategori Award for Innovation in Education or Training Websites.

    Untuk kategori  Awards for COVID-19 Response: Most Valuable Product  dibuat untuk menghargai kontribusi perorangan, kelompok dan organisasi/perusahaan yang telah bekerja dengan tangguh selama beberapa bulan terakhir untuk menjaga kita tetap aman, sehat, bekerja dan terinformasi. Kategori ini akan menerima nominasi produk pelanggan yang dikembangkan sejak awal tahun 2020 untuk memperbaiki dampak virus COVID-19. 

    Selanjutnya untuk kategori Award for Innovation in Education or Training Websites memberi penghargaan inovasi pada situs web dan blog sejak 1 Juli 2018.  Bentuk-bentuk inovasi yang dipertimbangkan meliputi inovasi dalam desain, konten, penggunaan media, dan/atau interaktivitas.

    Sesuai namanya, basis pengguna Pijar Sekolah adalah para sekolah. Jadi, jika ada sekolah A menggunakan layanan Pijar Sekolah, maka pembelajaran virtual yang dijalankan para guru dan siswa menggunakan sistem dari Pijar Sekolah ini.

    1. Jangan lupa istirahat!

    Sama seperti kegiatan di sekolah saja, saat kita belajar online dari rumah, pastikan kita tetap mengatur waktu untuk istirahat. Sekadar meregangkan badan yang sudah mulai pegal atau meluruskan kaki yang selalu menekuk, ini adalah bentuk istirahat.

    Istirahat lainnya juga bisa berupa break makan siang dan ibadah, pasang timer sekitar 20-30 menit untuk mengintip trailer-trailer film atau serial yang dinantikan, hingga istirahat untuk mendengarkan musik dan joget sejenak. It’s okay, selama energi belajar kita semua tetap terkendali.