icon-category Auto

5 Tips Merawat Aki Mobil Agar Gak Tekor atau Soak

  • 04 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Yuasa)

    Uzone.id - ACCU atau aki jadi salah satu komponen sangat penting untuk mobil karena aki ini berfungsi sebagai media penyimpan dan pensuplai arus listrik ketika kendaraan distarter.

    Selain itu, aki memasok arus listrik untuk kebutuhan lampu-lampu waktu kendaraan berhenti atau parkir di malam hari, alarm, jam elektronik, dan sebagainya.

    Maka dari itu, kondisi aki harus selalu dijaga kesehatannya agar perangkat-perangkat pada mobil yang membutuhkan arus listrik tetap bisa bekerja.

    Jadi, keberadaan aki mirip dengan baterai. Benda ini bisa menghasilkan listrik dari proses kimiawi.
    Agar kondisi aki mobil kamu terjaga kesehatannya dan tidak cepat tekor, maka kamu perlu simak beberapa tips di bawah ini.

    BACA JUGA: Toyota Hyryder Resmi Meluncur, Lawan Tangguh Creta dan HR-V

    1. Bersihkan aki secara berkala

    Bersihkan juga kondisi aki secara berkala. Ini salah satu hal termudah yang bisa kamu lakukan karena terminal aki bisa saja diselimuti debu atau kotoran lainnya.

    Hal itu bisa membuat suplai arus listrik menjadi berkurang atau bahkan terhambat. Kamu bisa membersihkan terminal aki dengan sikat kawat atau sikat plastik.

    2. Perhatikan beban penggunaan aki

    Kamu perlu memperhatikan beban dalan penggunaan aki dengan melakukan pengecekan berkala. Kondisi aki akan selalu terpantau saat kamu rutin mengeceknya di bengkel.

    3. Cek daya listrik dalam aki

    Kamu sebaiknya cek besaran daya listrik yang tersimpan dalam aki. Hal itu bisa menjaga kondisi aki tetap prima saat kita melakukan starter.
    Jangan sampai kita dibuat panik ketika ngantor atau berwisata, mobil malah sulit di-starter karena aki sudah tekor atau soak.
    Kalau aki sudah sering tekor atau soak, pilihan terbaik adalah mengganti aki dengan yang baru.

    BACA JUGA: Mengenal Jenis Aki dan Tips Memilih yang Sesuai untuk Kendaraan

    4. Lepas kabel aki saat tidak gigunakan dalam waktu lama

    Kalau mobil kamu tidak dioperasikan dalam waktu hingga berminggu-minggu, sebaiknya lepas kabel aki dari terminal penghubung.

    Hal itu dilakukan agar aki tidak terus-terusan mengalirkan listrik, padahal mobil tidak dinyalakan. Jika dibiarkan, maka aki lama-lama akan tekor atau soak.

    5. Panaskan mobil secara berkala

    Ini juga tips paling mudah agar kondisi aki tidak tekor. Jangan sampai mobil kamu terparkir lama tanpa pernah dipanaskan hingga lebih dari 1 minggu.

    Hal itu memungkinkan aki mobil jadi tekor. Jadi, panaskan mobil kamu meskipun tidak dioperasikan dalam berminggu-minggu. Kamu bisa panaskan mobil setidaknya 5 hingga 10 menit.

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini