home ×
Digilife

Kronologi Lengkap Hilangnya Fortnite di PlayStore dan App Store

14 August 2020 By
Kronologi Lengkap Hilangnya Fortnite di PlayStore dan App Store
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi/ Joshua Hoehne on Unsplash)

Uzone.id -- Aplikasi game populer Fornite mendadak menghilang dari dua toko aplikasi Google PlayStore dan Apple App Store. Lenyapnya Fortnite ini berangkat dari konflik antara ketiga pihak, yakni Google, Apple, dan pengembang Fortnite, Epic Games.

Perselisihan ini berawal dari Epic Games yang mengajukan gugatan terhadap Apple mengenai monopoli yang diterapkan perusahaan, khususnya pada model bisnis di dalam App Store.

Tak sampai di situ, Epic Games juga menuntut Google atas klaim yang sama setelah Google menyingkirkan aplikasi Fortnite dari PlayStore.

Epic Games merasa keberatan karena Apple dan Google memotong pendapatan tiap aplikasi yang tersedia di masing-masing platform sebanyak 30 persen. Kebijakan perusahaan teknologi ini juga dinilai menghalangi kebanyakan pengembang aplikasi menerima masukan dari pajak karena kinerjanya selama ini adalah perusahaan langsung menariknya dari pengguna.

Mengutip Axios, dari penerapan ini, Epic Games menganggap Apple dan Google telah menyakiti kompetisi pasar.

Baca juga: Apple Hapus Fortnite dari App Store

Dari gugatan hukum yang diajukan tersebut, Epic Games menuntut kepada Apple agar lebih melonggarkan kebijakan soal pembayaran yang diterapkan dan memperbolehkan para pengembang aplikasi menawarkan opsi pembayaran sendiri.

“Epic meminta agar dominasi Apple segera berakhir terhadap pasar teknologi, membuka ruang untuk terus maju dan kreativitas, serta memastikan bahwa perangkat mobile Apple juga terbuka seperti halnya kompetisi di komputer keluaran Apple,” tulis gugatan dari Epic Games.

Setelah Apple menyingkirkan aplikasi Fortnite dari App Store karena Epic Games membuat sistem pembayaran sendiri, pengembang game tersebut langsung melayangkan gugatan.

Baca juga: Fortnite Ikut Hilang dari Google PlayStore

Pihak Apple menolak untuk memberi tanggapan terkait gugatan Epic Games.

Sementara di mata Google, Epic Games dianggap telah melanggar kebijakan perusahaan terkait pembayaran mandiri di dalam aplikasi.

“Fortnite tetap bisa dimainkan di ponsel Android, namun saat ini kami menghapus aplikasi dari PlayStore karena telah melanggar kebijakan. Meski begitu, kami tetap terbuka untuk berdiskusi dengan Epic agar Fortnite dapat kembali ke Google Play,” ungkap juru bicara Google.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Finn 16 August 2020 | 18:56:40

sudah kuduga pasti karena cara pembayaran in game , hanya bisa dalam game tidak bisa di google play store dan App store

Andar str 14 August 2020 | 17:05:48

Mungkin ada bug dan dalam tahap perbaikan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article