home ×
Gadget

Ada Fitur iOS 14 yang Bakal Ditiru di Android 12

11 February 2021 By
Ada Fitur iOS 14 yang Bakal Ditiru di Android 12
Share
Share
Share
Share

Uzone.id – Pada versi terbaru iOS, Apple mengenalkan indikator bagi para penggunanya apabila microphone atau kamera mereka sedang diakses atau digunakan. Fitur ini sangat berguna karena pengguna dapat mengetahui apabila sebuah aplikasi mengakses kamera atau microphone tanpa izin sebelumnya.

Sepertinya Google sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan fitur yang sama untuk sistem operasi Android. Dalam sebuah laporan dari XDA Developers, terdapat bocoran tangkapan layar dari update untuk Android 12 nanti.

Baca juga: iOS 14.5 Bisa Buka iPhone Tanpa Masker

Tangkapan layar ini menunjukkan gambaran awal mengenai apa yang bisa kita nantikan untuk Android 12, salah satunya mirip dengan indikator privasi yang telah rilis terlebih dahulu dari iOS.

Bagi pengguna Android yang kurang familiar dengan indikator privasi pada iOS, pada dasarnya setiap kamera atau microphone perangkat anda digunakan oleh sebuah aplikasi, maka akan ada titik indikator berwarna pada status bar perangkat.

Baca juga: Prediksi Privasi Digital Tahun 2021

Seperti tangkapan layar di atas, kemungkinan besar Google akan mengimplementasikan fitur ini pada Android 12.

Namun dapat diprediksi bahwa Google akan menambahkan informasi lain saat pengguna menekan tombol atau titik indikator pada status bar. Informasi yang disediakan bisa berisi nama aplikasi yang sedang mengakses microphone dan kamera, atau mengenai aplikasi yang mengakses satu dari kedua fitur itu dalam kurun waktu tertentu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article