Digilife

Adele Bikin Spotify Singkirkan Tombol Shuffle di Album Lagu, Tapi…

  • 22 November 2021
  • Bagikan :
    Adele Bikin Spotify Singkirkan Tombol Shuffle di Album Lagu, Tapi…

    Foto: Unsplash

    Uzone.id -- Sejak beberapa hari lalu, dunia musik digemparkan oleh kedatangan album baru Adele yang diberi tajuk ‘30’ karena musik dan liriknya yang begitu menyentuh dan dianggap bikin hati hancur berkeping-keping. Tak hanya itu, the power of Adele juga sampai merambah ke layanan streaming Spotify.

    Bukan, ini bukan soal album Adele yang jadi top hit di Spotify atau rekor-rekor fantastis lain. Pengaruh Adele segitu besarnya sampai-sampai Spotify rela menyingkirkan tombol Shuffle di dalam album lagu semua musisi yang ada di platformnya.

    Kalau kalian perhatikan, selama ini kalau pengguna mau memainkan lagu langsung dari album tiap musisi, ada tombol Shuffle bawaan yang muncul di sebelah kanan agar pengguna dapat mendengarkan lagu-lagu di dalam album tersebut secara acak.

    Nah, sejak penyanyi Adele meluncurkan album barunya, ternyata ia meminta langsung ke Spotify untuk melakukan perubahan yang menurutnya signifikan dan sangat berarti: menghilangkan tombol Shuffle di tampilan daftar lagu album secara bawaan, dan hanya menampilan tombol Play saja.

    Baca juga: YouTube Music Punya 50 Juta User, Spotify Ketar-ketir

    Ini hanya permintaan satu-satunya yang saya buat untuk mengubah industri! Kami tidak membuat album tanpa tingkat kepedulian dan memikirkan urutan track lagu tanpa alasan. Seni kami memberikan kisah, dan kisah itu harus didengarkan seperti yang kami inginkan. Terima kasih Spotify telah mendengarkanku,” cuit Adele.

    Twit tersebut mendapatkan balasan dari Spotify, “apa sih yang enggak buat kamu.”

    Pengumuman tentang perubahan ini mendapatkan reaksi beragam. Ada yang merasa senang karena memang harusnya seperti itu, ada juga yang protes dan merasa Adele terlalu merasa berkuasa terhadap platform mainstream seperti Spotify.

    Saya sangat benci kontrol. Dan ini adalah kontrol, serius. Saya mendengarkan ribuan musisi dan mengapresiasi mereka berkat karya menakjubkannya, tapi saya membayar Spotify dan ingin mendengarkan apa yang saya ingin dengarnya. Jadi saya tidak akan mendengarkan album Adele ini, sangat memaksa!” cuit seorang netizen.

    Ada juga yang berkicau, “tolong jangan hapus fungsi Shuffle. Tolong jangan bertekuk lutut terhadap bully dan dominasi label Adele.”

    Netizen lainnya juga berkomentar, “Apple Music tidak akan mengalah terhadap permintaan konyol ini. Bukannya album itu seperti buku? Jika saya ingin langsung membaca akhir cerita, itu terserah saya. Tidak merugikan si musisi. Saya tetap mendengarkan karyanya. Ini membuat saya jadi kurang nge-fans, walaupun Anda tidak kehilangan juga. Masih ada jutaan fans lain.”

    Baca juga: Fitur Seru yang Wajib Coba Saat Dengerin Spotify

    Biasa, namanya juga netizen. Apa-apa langsung reaksi tanpa cek realita.

    Padahal yang dimaksud Adele dan Spotify adalah tombol bawaan Shuffle yang muncul di laman utama tiap album musisi yang dihilangkan. Sekarang, tampilan yang muncul adalah tombol Play saja, sehingga urutan yang diputar memang akan sesuai daftar lagu yang sudah ada.

    Tapi… pengguna tetap bisa mengaktifkan fungsi Shuffle dalam tampilan Now Playing seperti ini. Di sebelah kiri bawah, Spotify seperti biasa, tetap menyediakan tombol Shuffle agar lagu-lagu yang akan diputar selanjutnya bersifat acak alias tidak sesuai dengan daftar di album.

    Foto: Uzone.id
    Foto: Uzone.id

    Mungkin orang-orang yang berkicau sambil emosi ya tipikal netizen yang cuma baca sebuah headline, namun tidak baca isinya.

    Dan fungsi Shuffle pada Spotify ini tetap berlaku untuk semua album musik, tidak ada pengecualian atau ‘anak emas’ terhadap musisi-musisi tertentu.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini