icon-category Travel

Agar Liburan Bersama Teman Jadi Lebih Seru dan Minim Drama

  • 14 Nov 2018 WIB
  • Bagikan :

    (Ilustrasi/Unsplash)

    Uzone.id - Terkadang merencanakan perjalanan untuk diri sendiri bisa membuat stres. Lantas apa yang terjadi kalau harus merancang perjalanan dengan sekelompok teman?

    Segala sesuatu tentu akan menjadi lebih rumit. Ada banyak hal yang didiskusikan bersama, mulai dari tempat penginapan, transportasi, destinasi, dan masih banyak lagi. Mencapai kata sepakat juga bukan hal mudah. Namun bukan berarti tidak ada solusi.

    Mengutip Huffington Post, berikut ini lima kiat agar liburan bersama teman menjadi lebih seru dan minim drama.

    Baca: 5 Ciri Penginapan Bodong di Airbnb

    Memahami bahwa setiap orang memiliki gaya melancong berbeda-beda

    Saat melancong, kamu mungkin lebih suka mengunjungi restoran, kafe, atau warung pinggir jalan untuk wisata kuliner. Sementara teman kamu lebih suka menyambangi pusat perbelanjaan. Ada pula yang lebih ingin menghabiskan semua waktu di taman hiburan.

    Tidak ada yang benar-benar sama. Kamu harus belajar memahami bahwa masing-masing orang memiliki gaya melancong berbeda-beda. Setelah dapat memahami satu sama lain, kamu dan teman-teman akan lebih mudah merencanakan perjalanan.

    Membuat anggaran

    Anggaran merupakan salah satu penyebab utama konflik, saat kamu hendak berlibur dengan beberapa teman. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menetapkan anggaran perjalanan di awal.

    Baca: 5 Tipe Orang Menyebalkan di Pesawat

    Kamu dan teman-teman harus bicara secara terbuka soal biaya akamodasi dan lainnya yang harus ditanggung bersama. Begitu sampai di tempat tujuan, jangan lupa mencatat biaya pengeluaran agar tidak terjadi kekeliruan dan kesalahpahaman.

    Merancang itinerary

    Tidak perlu terlalu detail. Kamu bisa merancang itinerary secara umum terlebih dahulu. Pilih aktivitas dan destinasi yang menjadi prioritas kamu dan teman-teman, bukan yang sedang tren.

    Jangan lupa untuk memeriksa hari dan jam buka tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Jika tidak dapat menyesuaikan prioritas kebanyakan orang, kamu bisa berpisah dan berkumpul lagi di penghujung hari.

    Baca: 5 Kiat Menjadi Pelancong Cerdas

    Merencanakan perjalanan bersama-sama

    Kamu tidak mungkin bisa menyelesaikan rencana perjalanan sendirian dalam semalam. Kalau tidak sanggup, kamu bisa meminta bantuan teman-teman. Kalau masih sulit, kamu bisa menggunakan jasa agen travel.

    Bersikap fleksibel

    Saat bepergian bersama orang lain, apa pun bisa terjadi, termasuk hal-hal tidak sesuai keinginan kamu. Jika kamu berubah pikiran dan ingin memisahkan diri untuk sementara, katakan saja. Sebaliknya, bila ada salah satu teman ingin memisahkan diri, kamu perlu mengizinkannya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini