5 Password Manager Terbaik, Bisa Bikin Password 'Anti Hacker'

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Kalian masih menggunakanpasswordyang gampang ditebak? Mendingan hilangkan kebiasaan buruk tersebut, dan mulai menerapkan kata sandi yang sulit dibobol olehhacker. Gak perlu khawatir bagaimana cara membuatpasswordyang sulit dan cara mengingatnya, gunakan saja aplikasipassword managerterbaik pilihan kami berikut ini.

Tau nggak kalian,NordPasssebelumnya merilis laporan daftar 200passwordpaling gampang dan umum dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Kata sandi termudah yang masih saja dipakai oleh kebanyakan orang adalah ‘password’. Waduh, kalau pakepasswordmodel kayak gitu, butuh beberapa detik doang bagihackeruntuk menjebol akun targetnya.

Selainpassword, ada juga ‘123456’, ‘123456789’, ‘guest’, sampai ‘qwerty’. Males amatsihpakaipasswordyang susah?

Baca juga:Reminder! 2023, Sharing Password di Netflix Bakal Kena Biaya

Bukan cumapasswordyang sering dipakai masyarakat umum secara global,NordPasspun membagikan daftar kata sandi yang sering digunakan per negaranya. Berikut 10 besarpasswordtermudah dan sering dipakai orang Indonesia:

No

Password

Jumlah waktu dibobol

Jumlah password digunakan

1

123456

< 1 detik

5.742

2

@Nandar001

4 hari

2.191

3

12345678

< 1 detik

1.359

4

123456789

< 1 detik

1.209

5

password

< 1 detik

943

6

coba12345

< 1 detik

924

7

12345

18 detik

840

8

moons21

17 menit

801

9

bismillah

< 1 detik

702

10

123

< 1 detik

594

Nah, daripada menggunakanpasswordyang gampang banget dibobol dan malah membahayakan akun pribadi kalian, kami sarankan untuk menggunakan aplikasipassword managerterbaik saja. Bukan cuma untuk menyimpan kata sandi saja, aplikasi tersebut pun dapat membuatkan kalian kata sandi yang kuat banget dan sukar buat ditembus.

Bitwarden

Bitwarden adalah aplikasipassword manageryang oke banget, dan bisa kalian manfaatkan untuk membuat kata sandi yang kuat dan menyimpannya dengan aman. Aplikasi ini bisa berjalan di semuaplatform, baiksmartphonehingga PC atau laptop melaluibrowser.

Aplikasi ini tersedia secara gratis, jadi tinggal pakai dan nikmati layanannya tanpa iklan satupun. Untuk urusan membuatpassword, Bitwarden juga mumpuni banget, kombinasi angka, huruf besar dan kecil, simbol, hingga panjangpassword-nya bisa diatur menggunakan aplikasi ini.

Ada fitur untukauto fillasalkan izinnya diberikan pada sistemsmartphone. Jadi, kalian bisa langsung memasukkan informasiusernamedan kata sandi secara otomatis saatlogin

Sayang, kalian benar-benar harus ingatmaster passworduntuk mengakses aplikasi ini. Jangan sampai lupa, karena gak ada fiturforgot password.

Baca juga:Login Tak Perlu Pakai Password, Google Kenalkan Passkey

1Password

Berikutnya ada 1Password, yang juga bisa digunakan lintasplatformdengan proses sinkronisasi akun yangreal-time. Cuma, 1Password gak gratisannih, kalian perlu berlangganan dengan harga per tahunnya mencapai USD35.88 atau setara Rp559 ribuan.

Secara fungsisihkurang lebih sama dengan Bitwarden. Tapi, ada fitur tambahan sepertiimport password,  melihat tingkatan keamanan dari kata sandi yang dipasang, informasi keamanan yang dikirim viaemail, dan sebagainya.

Dashboard 1Password juga mudah dipahami, apalagi ada analisa kekuatanpasswordyang diperlihatkan dengan begitu jelas. Oiya, untukloginke 1Password, diperlukan juga lapisan keamanan 2FA atautwo factor authenticationberbasis FIDO U2F.

Dashlane

Dashlane menyediakan cara sederhana dan aman untuk mengelolapasswordkalian. Sesuai fungsinya, Dashlane pun menyimpan informasi dan kredensiallogindengan sistem keamanan berlapis.

Dashlane tersedia secara gratis, tapi terbatas untuk satu perangkat dan 50password. Kalau mau bebas, kalian bisa berlangganan seharga USD60 atau Rp935 ribuan untuk personal maupun USD90 atau setara Rp1,4 jutaan untuk paket keluarga. 

Fungsinya jauh lebih lengkap, ada fiturauto-fill, membuatpasswordyang kuat secara otomatis dan menyimpannya, serta tingkatan kata sandi yang kalian simpan. Bahkan, ada juga notifikasi saat akun yang kalian simpan ternyata dibobolhacker.

Baca juga:Hati-hati, Trojan Pencuri Password Incar UMKM di Indonesia

Keeper

Aplikasipassword managerterbaik yang bisa kalian gunakan adalah Keeper. Aplikasi ini dapat kalian gunakan di banyak perangkat, baik itusmartphone, tablet, hingga PCdesktop

Keeper bisa secara gratis buat kalian pakai, berapapunpasswordyang kalian simpan atau buat. Versi premiumnya, keunggulannya adalah sinkronisasipassworddi beberapa perangkat. 

Versi berbayar seharga hingga USD75 atau setara Rp1,16 jutaan per tahun, kalian bisa menyimpanfileyang aman hingga 10 GB dan pemantauandark webagar tidak membahayakan akun kalian.

KeePass

Last but not least, KeePass yang bisa kalian pakai di Android, iOS, Windows, hingga MacOS. Bahkan kalian pakai Linux pun, KeePass bisa berfungsi dengan baik.

Baca juga:Tips Lindungi Informasi Pribadi dari Serangan Hacker

Seperti Bitwarden, KeePass dapat kalian pakai secara gratis tanpa batasan apapun. Secara fungsi begitu lengkap, dengan pengaturan keamanan yang juga kompleks.

Hanya saja, butuh sedikit penyesuaian dan belajar sedikit untuk menggunakan KeePass, tapi kalau sudah paham bakal nyaman digunakankok.

Menurut kalian bagaimana,password managermana yang bakal kalian pilihnih?