icon-category Digilife

Reminder! 2023, Sharing Password di Netflix Bakal Kena Biaya

  • 26 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Malte Helmhold/Unsplash

Uzone.id - beberapa bulan lalu, Netflix sudah mengumumkan rencana pemberhentian sharing password pengguna demi menaikkan jumlah pengguna mereka.

Dan sebagai reminder, kebijakan ini akan segera berlaku di tahun 2023 mendatang. 

Dalam peraturan yang akan datang, pengguna akan dimintai biaya tambahan apabila ingin berbagi password dengan orang yang berada di luar rumah mereka.

Dilansir dari BGR, Senin, (26/12), Netflix telah menguji coba rencana ini di beberapa pasar Amerika Selatan dan meminta pengguna untuk membayar tambahan biaya sekitar USD3 atau sekitar Rp45 ribu untuk berbagai kata sandi dengan pengguna di luar lingkungan rumah.

Baca juga: Tahun Depan, Sharing Password Sembarangan Bakal Didenda Netflix

Di AS sendiri, beberapa sumber mengatakan kalau pengguna akan dimintai biaya tambahan sekitar USD6,99 untuk berbagi kata sandi. Ini menjadi salah satu ide bagi Netflix agar pengguna beralih ke paket langganan baru yang baru saja diluncurkan.

Laporan dari The Wall Street Journal mengatakan kalau Netflix akan memberlakukan aturan ini berdasarkan alamat IP, nomor ID perangkat dan juga aktivasi akun.

Aturan ini akan dilakukan pertama kali di AS yang mana sekitar 30 juta pengguna Netflix di sana melakukan sharing password Netflix. 

Demi menghindari lonjakan penurunan pengguna, Netflix takkan menerapkan aturan ini secara serentak namun akan melakukannya secara bertahap kepada seluruh pengguna. 

Jika aturan ini benar-benar diluncurkan pada awal 2023, setidaknya Netflix diprediksi akan menghasilkan pendapatan USD721 juta di tahun depan di pasar AS dan Kanada, belum lagi di pasar lainnya.

Namun, Netflix juga perlu berhati-hati dengan prediksi pengguna aktif mereka. Menurut analis dari Morningstar, Netflix sepertinya tak peduli dengan jumlah pengguna yang akan membatalkan langganan daripada pelanggan yang hendak membayar untuk berbagi password.

Baca juga: Hati-hati, Malware Berkedok Langganan Netflix Gratis Makin Marak

Nantinya, Netflix akan menerapkan aturan dimana pemilik akun primer harus menyediakan kode verifikasi bagi pengguna yang tidak tinggal di rumah mereka, kode verifikasi ini akan berlaku sekitar 15 menit.

Untuk mendukung penerapan kebijakan baru ini, salah satu solusi yang ditawarkan Netflix adalah memindahkan profil pengguna ke akun baru agar pengguna dapat sepenuhnya tak berbagi password dan membuka akun baru.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini