Bangkitnya Produsen Smartphone di Pasar Smart TV, Bidik Ceruk Asia

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Ilustrasi. (Foto: Dok. Xiaomi)

Uzone.id- Produsen ponsel pintar (smartphone) kini berbondong-bondong mengincar pasar televisi pintar (smart TV). Pergerakan tersebut disebabkan oleh dunia yang sedang bergerak menuju konsepsmart living.

Lantas, mengapa mereka memulainya dari smart TV? Mengutip publikasi di situs web resmi Counterpoint, smart TVdipandang bisa menjadi perangkat pertama untuk menciptakan ekosistem rumah pintar (smart home).

Dalam memproduksismart TV, perusahaan-perusahaan pembuatsmartphonememanfaatkan merek mereka yang sudah dikenal pasar.

Mereka juga punya keahlian teknis yang cukup untuk mengembangkan sebuah produk semacam smart TV. Jadi, hambatan dasar di pasarsmart TVsangat rendah bagi perusahaan-perusahaansmartphone.

Produsensmartphonesecara khusus masuk ke pasarsmart TVdan membidik sebagian besar pasar Asia. Counterpoint menyebutkan bahwa pasarsmart TVdi Asia kurang matang dibandingkan pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Baca juga:Rekomendasi Smart TV Rp 3 Jutaan, Penikmat Konten Merapat!

Merek TV seperti Samsung, LG, dan Sony di pasar Amerika Serikat dan Eropa lebih dikenal, dibandingkan merek China yang baru-baru ini muncul, seperti Xiaomi dan OnePlus.

Sementara itu, merek China sudah mendominasi pasarsmartphonedi China dan India. Sedangkan Xiaomi meraih posisi puncak di pasarsmart TVdi India.

Xiaomi adalah salah satu perusahaansmartphonepertama yang terjun ke segmensmart TV.

Xiaomi telah memapankan diri sebagai brand value for money di pasar smartphone dan memanfaatkan proposisi itu untuk memasuki pasarsmart TV, pada saatsmart TVtak terjangkau buat masyarkat, khususnya di pasar Asia.

Namun, Xiaomi juga diuntungkan karena bergerak dari awal dan mendapatkan pangsa pasar 7 persen di pasarsmart TV secara global.

Setelah kesuksesan Xiaomi di pasar Asia, terutama di China dan India, pabrikan smartphone lainnya memasuki pasar yang sama dan fokus di kedua negara tersebut.

Baca juga:Realme Indonesia: Perakitan Realme Smart TV Dibantu Changhong

Meskipun Motorola dan Nokia telah meluncurkan produk hanya di India untuk memanfaatkan peluang pasarsmart TVyang sedang booming di sana, kecil kemungkinan mereka akan segera memperluas ke pasar lain.

Di China, Huawei juga meluncurkansmart TVdi bawah merek Huawei dan Honor. Realme pun tak mau ketinggalan. Pada 24 Agustus, Realme telah meluncurkan Realme Smart TV di Indonesia.

Sebagian besar merek tersebut menawarkan smart TV dengan kaya fitur dan harga terjangkau. Sebaliknya, OnePlus membedakan dirinya dengan meluncurkansmart TVpremium.

Counterpoint memandang, Merek TV tradisional, seperti Samsung, LG, dan Sony, masih memiliki pengenalan merek yang cukup baik di seluruh dunia.

Sementara pemain smartphone yang memproduksismart TVmenarik generasi milenial yang akrab dengan merek-merek mereka. Jadi, banyak hal akan tergantung pada positioning merek. Apalagi, sebagian besar merek China bermain di segmen harga terjangkau.