Baterai iPhone 14 Pro Cepat Ngedrop, Lebih Parah dari iPhone 13 Pro

pada 8 bulan lalu - by

BUzone.id -Sejumlah pengguna iPhone 14, terutama iPhone 14 Pro mengeluh soal baterai yang boros, padahalsmartphonetersebut belum genap berusia setahun. ParafanboyApple melaporkan, iPhone 14 yang mereka gunakan mengalami penurunan kinerja baterai dari yang diharapkan.

Salah satu pengguna, Sam Kohl dariAppleTrackmengunggah keluh kesah soal daya tahan baterai iPhone 14 Pro miliknya di X (dulu Twitter). Menurutnya, kapasitas baterai iPhone 14 Pro yang ia gunakan selama beberapa bulan sudah turun menjadi 90 persen dari kapasitas aslinya.

Penurunan ini jauh lebih cepat daripada iPhone seri sebelumnya yang pernah ia gunakan. Gak cuma Sam Kohl, rupanya banyak user iPhone 14 Pro mengalami hal serupa.

 

 

Seperti kolumnis teknologi senior dariWall Street Journal, Joanna Stern. Kapasitas baterai iPhone 14 Pro miliknya hanya 88 persen saja, padahal belum setahun pemakaian.

Keluhan lainnya lebih beragam, ada yang mengalami kapasitas baterai hanya 91 persen, 93 persen, hingga 97 persen. Dikutip dariThe Verge, masalah ini belum pernah dialami oleh sebagian besar pengguna sebelumnya, setidaknya hingga dua tahun pemakaian.

Apple sendiri pernah mengatakan, bahwa daya tahan baterai iPhone seharusnya bertahan hingga 80 persen dari kapasitas asli setelah melalui 500 siklus pengisian penuh. 

Mengomentari masalah ini, Kohl pun turut mengunggah video di TikTok. Menurutnya, sulit untuk merekomendasikan iPhone 14, mengingat harganya yang tinggi dan memiliki daya tahan baterai di bawah ekspektasi.

 

 

Belum lagi biaya ganti baterai iPhone 14 Pro yang mahal. Dengan asumsi garansi satu tahun habis dan pengguna tak memiliki AppleCare, maka pengguna harus merogoh kocek hingga USD99 atau setara Rp1,5 jutaan untuk melakukan penggantian baterai.

Sejauh ini, belum ada tanggapan resmi dari Apple soal masalah daya tahan baterai di iPhone 14 Series, terutama varian Pro. Belum ada juga penjelasan mengapa kinerja baterai iPhone terbaru ini bisa menurun drastis dari yang seharusnya.