Bukan Emisi Karbon, Apple Jualan iPhone 12 Tanpa Kepala Charger Karena Alasan Bisnis?

pada 4 tahun lalu - by

Uzone.id- Nanti ketika menerima iPhone 12, konsumen akan mendapatkan boks yang lebih kecil dan ramping. Wajar, karena Apple tidak lagi menyertakan kepala charger dan earbuds sebagai bagian paket penjualan.

CEO Apple Tim Cook mengatakan, alasan mengapa mereka tidak lagi menyertakan kepala charger dan earpods di dalam paket penjualan karena ingin mengurangin emisi karbondioksida terkaitan pembuatn produk tersebut.

Langkah perusahaan melakukan hal tersebut mendapatkan pujuan dari berberapa kelompok pecinta lingkungan, mengingat Apple secara konstan menyumbang limbah elektronik.

“Mereka menjual ini sebagai semacam aturan ramah lingkungan. Namun di sisi lain, langkah pemotongan limbah ini merupakan langkah finansial yang baik,” ungkap Angelo Zino, analis industri senior di Firma Riset CFRA Research, seperti dikutip dariThe Verge, Senin (19/10).

Baca juga: Haruskah Konsumen Upgrade ke iPhone 12?

“Transisi ke 5G adalah alasan besar mengapa Apple mungkin mencari penghematan biaya,” tambahnya.

Untuk pertama kalinya, seluruh lini ponsel baru Apple akan mendukung 5G. Itu membuatnya lebih mahal untuk membuat iPhone 12 dibandingkan dengan iPhone 11 karena komponen yang memungkinkan kecepatan 5G lebih kompleks dan mahal.

Baca juga: Perbandingan iPhone 12 vs iPhone 11


Zino memperkirakan bahwa komponen frekuensi radio saja di iPhone 12 baru akan menelan biaya 30 hingga 35 persen lebih mahal daripada yang mereka lakukan di iPhone sebelumnya.

“Memutuskan untuk tidak menyertakan kepala charger dan earphone dengan ponsel baru adalah salah satu cara untuk melakukan penghematan di jaringan 5G. Itu mungkin hanya meningkatkan laba kotor per ponsel sedikit di atas 1 persen,” kata Gene Munster, seorang mitra pengelola di perusahaan modal ventura Loup Ventures.