Cara Daftar Affiliate TikTok, Shopee & Tokopedia, Cuan dari Sebar Link

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id– Sekarang, mencari tambahan penghasilan bisa dilakukan dengan cara apapun, termasuk dengan modal bagi-bagi link produk e-commerce atau mempromosikan produk di media sosial, populernya dikenal sebagai affiliate.

Menjadiaffiliatekini semakin menjanjikan, apalagi Tokopedia, Shopee bahkan TikTok yang memberikan keuntungan yang beragam bagi para 'penyebar link' promosi.

Syarat dan cara kerjaaffiliatesebenarnya cukup mudah, kalian hanya perlu memiliki akun e-commerce lalu mendaftarkan diri dan ikuti beberapa syarat yang ditentukan. 

 

 

Setiap barang yang terjual dari hasil promosi Affiliate akan mendapat komisi berupa uang yang bisa ditarik kapan saja.

Berikut syarat dan cara mendaftaraffiliatedi TikTok Shop, Shopee, dan Tokopedia.

Cara menjadi Affiliate TikTok Shop

Syarat menjadiaffiliatedi TikTok antara lain memiliki akun TikTok Shop dan rekening bank. Sebenarnya, TikTok tidak membatasi jumlah follower, tapi beberapa seller memberlakukan syarat follower, jadi pastikan follower akun TikTok kalian mencukupi syarat masing-masing seller.

Setelah memenuhi syarat, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu ‘Pengaturan dan Privasi’ di akun TikTok kalian
  2. Pilih menu ‘TikTok Shop’ pada menu ‘Monetisasi’
  3. Pilih produk yang ingin dijual/dipromosikan dari TikTok Shop

Setelah jadi Affiliate dan menjual barang dari link yang dibagikan, kalian bisa melihat jumlah komisi yang didapat dari promosi produk

Cara menjadi Affiliate di Shopee

Syarat gabung menjadiaffiliateShopee cukup banyak, seperti memiliki minimal satu follower atau subs di media sosial seperti IG, TikTok, Twitter, Facebook dan aktif di media sosial.

Selain itu,affiliatejuga diminta untuk memiliki konten original dan terbuka untuk umum alias tidak di-private. Konten dan akun media sosial merupakan milik pribadi dan tidak mengandung SARA.

Syarat lainnya, pengguna dilarang untuk promosi produk palsu, obat terlarang, rokok,rokok elektrik, ganja, produk dewasa, dan produk tidak original.

 

 

Berikut cara menjadiaffiliatedi Shopee:

  1. Pilih tab ‘Saya’ di aplikasi Shopee
  2. Pilih menu Shopee Affiliates Program
  3. Klik Gabung Sekarang
  4. Ikuti petunjuk yang tersedia mulai dari mengisi identitas dan melakukan verifikasi yang membutuhkan waktu hingga 3 hari.
  5. Kalian juga akan dimintai foto selfie dan KTP untuk konfirmasi pembayaran komisi.

Cara menjadi Affiliate di Tokopedia

Pengguna Tokopedia bisa melakukan pendaftaran programaffiliatelewat akun Tokopedia mereka dengan mengakses Tokopedia Affiliate di menu ‘Semua Kategori. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Tokopedia lalu klik Semua Kategori
  2. Klik Tokopedia Affiliate 
  3. Masukkan informasi akun dan klik Daftar Sekarang
  4. Masukkan informasi mengenai akun media sosial yang kalian miliki, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, YouTube dan lainnya
  5. Klik Selanjutnya
  6. Apabila sudah membaca persyaratan dan ketentuan yang berlaku, klik centang pada ‘Saya sudah membaca dan setuju dengan syarat dan ketentuan’ lalu klik Daftar

Setelah proses selesai, kalian sudah resmi terdaftar menjadiaffiliate di Tokopedia dan dapatkan komisi dari produk-produk yang di-share ke media sosial atau platform lainnya.