Fitur Gaming di HP Android dan iPhone,Bye-byeNgelag!

pada 2 hari lalu - by

Uzone.id -Hampir setiap peluncuransmartphonebaru dari merek apapun, pembahasan soal gaming pasti selalu jadi bagian dari acara. Mau merekAndroidatau iPhone sekalipun, mereka sering pamerkan spesifikasi mentereng dengan kemampuan gaming mumpuni,plusfitur khusus yang dibuat agarexperiencepara gamer kian maksimal.

Nah kali ini, mari mengenalfitur-fitur gamingpada tiap mereksmartphone, berikut selengkapnya.

Game Mode (iPhone)

Apple sudah sering pamer kemampuan gaming pada jajaran iPhone terbarunya. Tapi pada WWDC beberapa waktu lalu, Apple hadirkan fitur khusus gaming, namanya Game Mode yang akan hadir pada pembaruan iOS 18 dan juga iPadOS 18.

Fitur ini beda dengan Game Mode pada ponsel Android yang umumnya berupa aplikasi terpisah dengan kontrol yang beragam. Fungsi Game Mode sederhana, mengalihkan sumber daya sistem untuk menaikkanexperience gamingpenggunanya.

Game Mode dapat mempertahankanframe ratedi level tertinggi dengan meminimalisir aktivitas yang berjalan di background, meningkatkan responsivitas controller Bluetooth, dan juga mengurangi latensi audio pada AirPods dan mendukung Spatial Audio pada beberapa tipe AirPods terbaru, seperti AirPods 3, AirPods Pro, dan AirPods Max. 

Game Mode akan langsung aktif saat kalian bermain game. Tandanya, akan munculpop-up‘Game Mode On’ di pada bagian atas layar. Kalau ditekan, fitur gaming tersebut langsung nonaktif. 

Game Turbo (Xiaomi, Redmi dan Poco)

Baik ponsel Xiaomi dengan MIUI atau HyperOS, nama fitur gaming-nya sama, yakni Game Turbo. Fitur ini dapat aktif secara otomatis bila kalian main beberapa game populer. 

Namun, ada kalanya ada game yang tak terdeteksi oleh Game Turbo. Untuk mengaktifkannya, kalian bisa masuk ke Special Features > Game Turbo, kemudian memasukkan game atau aplikasi yang dirasa butuh performa yang lebih tinggi. 

Ya, sesuai namanya, Game Turbo mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang agar sumber daya difokuskan pada game yang sedang dimainkan. 

Fitur ini punya beberapa mode kinerja, secara default Balance Mode dan paling tinggi adalah Performance Mode. Meski, seperti Poco F6 Wild Boost jadi mode yang suguhkan kinerja paling maksimum. 

Game Turbo juga tampilkan beberapa informasi, seperti sumber daya CPU dan GPU yang dipakai, suhu ponsel, sampai FPS dari game yang dimainkan. 

Ada fitur andalan pada Game Turbo, yakni Enhanced Visual yang bikin grafis game jauh lebih baik dari bawaannya. Fitur ini akan menaikkan warna dan tekstur pada game, sejauh ini hampir semua game di Android sudah didukung Enhanced Visual. 

Game Booster (Samsung)

Game Booster merupakan bagian dari Game Launcher. Fitur ini gak cuma meningkatkan performa ponsel saat main game, tapi juga mencegah notifikasi masuk yang kadang mengganggu saat main game kompetitif. 

Kalau di-brakedownlagi, Game Booster punya fitur tambahan namanya Game Plugins. Install fitur ini di Samsung Store, memungkinkan kalian untuk mengaktifkan fitur gaming lebih lengkap. 

Ada Game Booster Plus yang mencakup berbagai mode gaming tambahan, seperti Max FPS yang memaksimalkan FPS dan performa CPU/GPU, High quality yang memberikan kualitas grafis paling prima. 

Kemudian Balance Mode yang menghadirkan keseimbangan antara performa CPU/GPU, kualitas FPS yang lebih stabil, dan grafis yang tetap bagus, serta Battery Saving untuk gaming lebih lama yang hemat daya baterai. 

Selain itu, Game Plugins juga memuat fitur kreatif, seperti membuat animasi GIF dari cuplikan game yang dimainkan. Makin seru deh!

Games (Oppo dan Realme)

Meski ‘kulitnya’ beda, yakni ColorOS 14 dan Realme UI 5.0 dengan basis Android 14, tapi secara UI dan fitur kurang lebih sama. Termasuk mode untuk main game, keduanya suguhkan Games. 

Games adalah aplikasi yang menggabungkan semua game yang kalian install ke dalam satu pustaka. Main dari sini, kalian bisa aktifkan Game Space denganswipesudut kiri atas layar ke bawah. 

Muncul menu pop-up dengan ragam fitur di dalamnya. Ada mode kinerja yang mirip-mirip Game Turbo pada jajaran ponsel Xiaomi. 

Di sini, kalian bisa memaksimal jaringan WiFi dan selular. Feedback getaran saat main game, filter warna dan tekstur, Auto Resolution, sampai Quick Startup juga dapat diaktif. 

Fitur terakhir yang menarik, lantaran memastikan game tetap berjalan dibackgroundmeski kalian mengakses aplikasi lainnya. Cocok buatauto huntdari game MMORPG,grindinglanjut terus dan tak mengganggu aktivitas lainnya. 

Juga, Game Space memungkinkan kalian mainkan dua game bersamaan. Game pertama dibuka secara pop-up, sementara game lainnya dibuka secara penuh, tentu saja fitur ini akan maksimal bila digunakan pada ponsel dengan spek tinggi. 

Game Mode (Infinix)

Ambil contoh pada Infinix GT 20 Pro, ponsel ini hadirkan fitur khusus game namanya Game Mode. Fiturnya lengkap, fokus pada performa yang maksimal saat gamer main game favoritnya. 

Ada FPS Counter dan juga Performance Mode yang bisa diaktify. Ada juga Ultra Frame Rate dan HDR Graphics untuk menambah kualitas grafis dari game yang dimainkan. 

Ultra Frame Rate bisa menambahframe ratedari game yang dimainkan sampai 120 FPS, sementara HDR Graphics bikin tampilannya makin terang dengan tekstur yang kian detail. 

Kemudian ada Esports Mode yang dapat memaksimalkan para pemain game kompetitif. Di fitur ini,frame ratedibuat tetap stabil, koneksi internet dimaksimalkan, dan mencegah game diganggu oleh notifikasi.

Lalu Game Assistant, dimana kalian bisa meningkatkan grafis dari game yang dimainkan lewat Graphics Enhancement. 

Game Space (Tecno)

HP Tecno juga punya fitur gaming, namanya Game Space yang juga fokus pada peningkatan performa dan experience pengguna saat main game. 

Ada beberapa mode performa yang dapat dipilih, makin tinggi memang lebih kencang. Tapi ingat, makin tinggi otomstis bikin boros daya baterai.

Menariknya, kalian bisa aktifkan Bypass Charging yang membuat daya ditopang sepenuhnya oleh listrik, bukan baterai. Hal ini dapat memperpanjang masa pakai baterai dan mencegah ponsel mengalami overheat saat bermain game dengan grafis yang tinggi.

Kualitas grafis dari game yang dimainkan juga bisa diatur lewat Game Space, mau kelihatan terang atau lebih realistis, tinggal pilih saja. 

Armoury Crate dan Game Genie (Asus)

Di antara fitur gaming pada ponsel yang kami jabarkan, Armoury Crate di Asus ROG Phone yang paling lengkap. Fitur ini gak sebatas menampilkan FPS atau beban CPU dan GPU secarareal-timesaja, tapi lebih dari itu. 

Armoury Crate menyediakan tiga mode performa bawaan, yakni Ultra Durable, Dynamic, dan X-Mode. Tapi jika masuk ke pengaturan kinerja per game yang dimainkan, ada mode keempat yang membebaskan kita untuk ‘overclock’ sesuai keinginan, yaitu Advanced.

Bukan cuma performa dapur pacu, kualitas layar juga bisa diatur. Variabelnya jauh lebih banyak, mirip laptop gaming malahan. Ada pengaturan Multisample anti-aliasing (MSAA), Filtering, tekstur, dan sebagainya. Sensitivitas layar pun bisa diset, bahkan sampai performa jaringan jika kalian bermain game online. 

Saat bermain game, kalian bisa mengaktifkan Game Genie. Fitur ini dapat diaktifkan saat pengguna bermain game dengan swipe sudut kiri atas layar ke bagian tengah.

Lebih banyak lagi fitur gaming yang bisa dimanfaatkan. Ada Real-time Info untuk menampilkan informasi FPS, beban kerja CPU dan GPU, dan sebagainya. Ada juga pengaturan refresh rate, mulai dari Auto sampai 165Hz.

Kalian bisa lihat ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini:

Ultra Game Mode (Vivo dan iQOO)

Terakhir, ada Vivo dengan Ultra Game Mode. Fitur ini kurang lebih sama fungsinya seperti Game Booster, Games, Game Turbo, dan lainnya. 

Ada pengaturan mode performa, blokir notifikasi, informasi sumber daya CPU dan GPU yang digunakan , hingga FPS counter. 

Namun, ada fitur yang beda pada Ultra Game Mode, yakni Game Frame Interpolation. Fitur ini memaksimalkanframe ratedari game yang dimainkan sampai 144 FPS melalui teknik interpolasi. 

Dengan frame rate yang tinggi, gerakan dan animasi langsung terasa mulus, pergerakan karakter juga smooth banget. Namun, hanya beberapa game AAA saja yang didukung fitur ini, seperti Genshin Impact dan PUBG Mobile.