Google Chrome, Firefox, dan Browser Lain Terserang Malware

pada 4 tahun lalu - by

Uzone.id- Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge dikabarkan sedang terkenamalware.Malwaretersebut menyusupkan iklan ke hasil pencarian dan menambahkanExtensionsperamban yang juga berbahaya untuk pengguna.

Seperti dikutipUzone.iddariGizmo China, Microsoft melalui blog resmi perusahaan menjelaskan, sejak Mei hingga September 2020, perusahaan sudah merekam ratusan ribu temuanmalwarebernama Adrozek tersebut di seluruh dunia.

Baca juga:Hari Nusantara 2020, Kemkominfo Ungkap 4 Akselerasi Transformasi Digital

Microsoft juga berhasil melacak 159domainunik, yang tiapdomainmenjadihostsekitar 17.300URLunik.

Malwaretersebut dirancang untuk mengarahkan pengguna kewebsiteterafiliasi dan bahkan menyusupkan iklan ke hasil pencarian. Modusnya termasuk dengan menambahkanExtensionsperamban yang berbahaya.

Baca juga: Telkomsel Hormati Keputusan Jokowi Bubarkan BRTI

JikaExtensionstersebut telah terpasang, maka iklan akan tampil tiap kali pengguna membuka halaman web tertentu. Iklan-iklan tersebut bisa ditemukan di bagian atas iklan asli dari mesin pencari, sehingga pengguna bisa tak menyadarinya.

"Walaupun menargetkanExtensionsyang berbeda-beda di tiap peramban,malwaretersebut menambahkan skrip berbahaya yang sama," kata peneliti Microsoft.

 

VIDEO: Asus ROG Phone 3 Versi Termahal, yang Gue Suka dan Gak Suka - Review