Hands-on Laptop Gaming Powerful dari Asus, ROG Strix SCAR 16 & 18

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Di tahun ini, Asus bakal merilis beberapa model laptopgamingROGpowerfuldi Indonesia. Dua di antaranya adalah Asus ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18, duo laptopgamingdengan spesifikasi sangar yang bakal memuaskan hasrat paragamer hardcoretanah air.

Ya, kata ‘sangar’ begitu pas diberikan untuk kedua laptop ini. Alasan utamanyasihkarena kedua laptop tersebut ditenagai prosesorlatest generationyang begitupowerful, Intel Core 13th Gen alias Raptor Lake HX-Series.

Ada tiga jenis prosesor yang disematkan, dimana versi tertinggi menggunakan Intel Core i9-13980HX. Makin edan lagi, seluruh tipe Asus ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18 dilengkapi kartu grafis atau GPUdiscreteNvidia RTX 40 Series dengan varian tertingginya RTX 4090 yang punya TGP (Total Graphics Power) mencapai 175W.

Saking gaharnya spesifikasi kedua laptop ini, Asus Indonesia bahkan mengklaim, “Seri ROG Strix SCAR merupakan senjatagamingpalingpowerfuluntuk paragamer.”

Untuk ‘menjinakkan’ dapur pacunya, ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18 versi 2023 sudah dibekali dengan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling Technology.

Baca juga:Review HP Envy x360 13: Laptop untuk Work From Anywhere

Sistem pendingin ini memadukan dua teknologi, yaknifull-width heatsinkdan Tri-Fan Technology.Full-width heatsinkmerupakanheatsinkdengan area pendingin yang lebih luas dan membentang di bagian belakang bodi laptop. 

Sementara Tri-Fan Technology menggunakan tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen yang ada di dalam laptop ROG. Dengan kipas yang lebih banyak, aliran udara dapat disalurkan secara lebih baik dan membuat proses pendinginan dapat berjalan secara optimal, juga suaranya gak bikin ganggu saatgamerbermaingameAAA.

Gak cukup, Asus juga menyematkan Thermal Grizzly Conductonaut Extremeliquid metalyang diaplikasikan langsung ke CPU dan GPU-nya,plusthermal headroomyang membuat performa pendinginan ROG Strix SCAR terbaru menjadi semakin optimal.

Prosesor dan GPU yang kencang, dipadukan dengan konfigurasi RAM, memori penyimpanan, serta baterai yang juga maksimal.

Asus ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18 dibekali dengan RAM DDR5 dengan kapasitas sampai 64 GB. Memori penyimpanannya pun berjenis SSD M.2 PCIe Gen 4 dengan kapasitas 512 GB, 1 TB, sampai 2 TB.

Adapun soal baterai, laptop ini ditopang baterai 90Wh yang dapat diisi menggunakan adaptorchargerdenganoutputsampai 330W. 

Posisiportberubah

Lantaran mengusung sistem pendingin ROG Intelligent Cooling Technology yang ‘menguasai’ area belakang laptop, posisiportdipindah dari belakang ke bagian sisi kiri dan kanan. 

Riandanu Madi Utomo selaku Technical Public Relation Asus Indonesia mengatakan, “Karenaheatsinkdi belakang semua, makaportdipindah ke bagian samping. Sudah USB 3.2 semua, Thunderbolt 4 juga ada.”

Baca juga:5 Penyebab Laptop atau PC Jadi lemot, dan Cara Mengatasinya

Asus ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18 dibekali dengan pilihanportyang lengkap. Di sisi kiri, terdapatportLAN RJ45 2.5G, 1x USB-C dengan dukungan Thunderbolt 4, 1x USB-C 3.2 Gen 2, 1x HDMI 2.1, dan jack audio 3,5mm. Sedangkan di kanan, tersedia USB-A 3.2 Gen 2. 

Layar berkualitas tinggi

Sesuai namanya, Asus ROG Strix SCAR 16 mengusung panel layar 16 inci, sementara SCAR 18 menggunakan panel seluas 18 inci. Namun keduanya disematkan panel layar yang berbeda.

Asus ROG Strix SCAR 16 dilengkapi panel mini LED berteknologi ROG Nebula Display HDR dengan resolusi WQXGA untuk versi tertingginya, dan sudah mendukungrefresh rate240Hz. 

Laptopgamingini juga sudah mengantongi sertifikat Dolby Vision HDR, sehingga konten maupungameyang ditampilkannya punya detail dan warna yang lebih tajam.

Sedangkan Asus ROG Strix SCAR 18, menggunakan panel ROG Nebula Display denganrefresh ratedan resolusi yang sama seperti tipe 16 inci. Asus pun turut menghadirkan model 18 inci denganrefresh rate165Hz, dan tetap mengantongi sertifikasi Dolby Vision HDR.

Menariknya, kini Asus ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18 sudah disematkanwebcamdibezelatas yang tipis.Webcamitu punya resolusi 720p HD, lumayan banget buat parastreamersaat berinteraksi dengan para penontonnya.

Baca juga:CES 2023: Jajaran Inovasi Unik, dari Laptop Layar 3D sampai Mobil Terbang

Tampil beda dengan Rear Glow RGB

Asus ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18 memang cocok buat paragameryang juga inginstandout. Panel RGB di hampir sekeliling laptop ini, ditambah dengan warna Off Black yang sangar, membuatnya terlihat lebih gahar juga.

Untuk pertama kalinya, Asus menampilkan Rear Glow RGB di bagian belakang laptop. Seperti bar RGB yang diletakkan di bagian depannya, efek cahaya RGB ini dapat disesuaikan melalui aplikasi Armoury Crate yang sudah ter-installlangsung di laptop.

Logo ROG juga lebih bersinar dibanding sebelumnya. Jangan tanya soalkeyboard, sudah pastifullRGB. Pencahayaan dan warna-warnanya tinggal atur saja melalui aplikasi.

Berbicara soalkeyboard,layout-nya kini berubah. Tombolarrowatau panah di sisi kanan bawah diperlebar areanya. Begitu juga dengan areatouchpadyang lebih luas 10 persen dibanding sebelumnya, dimana untuk versi 16 inci sudah mendukungnumpadjuga.

Baca juga:Periskop 2023: Laptop 18 Inci Jadi Tren Baru, Jangan Dulu Upgrade GPU

“Khusus untuk 18 inci, ada tombolnumpadsendiri dikeyboardkarena ukurannya lebih luas,” jelas Riandanu.

Terkait dimensinya, laptopgamingkayaknya jarang banget yang ringkas. Dengan spesifikasi kelas kakap yang diusungnya, rasanya wajar kalau kedua laptop ini punyaform factoryangbulky.

Asus ROG Strix SCAR 16 punya ketebalan 30,4mm saat ditutup dengan berat 2,5kg. Sedangkan tipe SCAR 18 tebalnya 30,8mm saat ditutup dengan bobot 3,1kg.