Indonesia Bakal Jadi Pasar Mobil Setir Kanan Terbesar bagi Chery
Wuhu, China, Uzone.id-Pasar mobil setir kanan, memang tidak sebesar segmen setir kiri di tatanan global. Namun sepertinya, berkat Indonesia membuat Chery tertarik dan melirik segmen pasar mobil setiir kanan.
Bahkan, Chery siap untuk berinvestasi besar-besaran demi menjadikan Indonesia sebagai pasar mobil setir kanan terbesar di dunia.
“Untuk Indonesia, tentu saja kita tahu, selama ada banyak penduduknya, maka pasarnya juga akan besar,” ujar Zhang Guibing, President Chery International saat berbincang dengan sejumlah media di kantor pusatnya di Wuhu, China yang juga dihadiriUzone.id.
Dengan populasi Indonesia yang besar, Zhang tidak meragukan kalau Indonesia adalah sebuah pasar yang besar. Meski begitu, menurutnya, Chery harus masuk lebih dalam ke pasar untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.
“Saya pikir sekarang setelah satu tahun (Chery kembali ke Indonesia), saya pikir sekarang kita sudah sedikit lebih memahami situasi di Indonesia, dan kami lebih memahami pelanggan Indonesia,” kata Zhang.
“Saya harap kita segera mengubah situasi seperti yang saya sebutkan, karena mungkin di masa depan Indonesia bisa menjadi pasar terbesar atau teratas di pasar mobil setir kanan. Jadi yang pasti kami akan melakukan investasi besar,” tambah Zhang.
Sehingga saat ini, banyak pekerjaan bagi Chery untuk pasar Indonesia. Dimulai dengan mempercepat beroperasinya pabrik CKD Chery di Indonesia, dan yang tidak kalah penting adalah memperkuat citra Chery sebagai merek global yang mengedepankan teknologi dan kualitas.
Zhang menggambarkan bagaimana pihaknya meluncurkan dua model di Malaysia dan tiga model di Indonesia, dengan model yang sama, bahkan dengan harga jual di Indonesia yang lebih murah dari Malaysia. Namun, secara penjualan, Malaysia bisa delapan kali lebih banyak.
“Kenapa hal itu bisa terjadi? Banyak yang bertanya pada saya. Dengan model yang sama, namun Indonesia punya harga yang lebih murah, tapi kenapa pelanggan tidak memilih kami? Ternyata karena Indonesia dan Malaysia berbeda,” kata dia lagi.
Chery pun langsung menggodok segala analisa mengenai kebutuhan pasar Indonesia dengan mengerahkan seluruh energi di RnD agar menemukan sebuah mobil yang benar-benar cocok untuk kebutuhan pasar Indonesia.
Karena menurut Zhang, Chery perlu melangkah lebih jauh berdasarkan kebutuhan pelanggan Indonesia, seperti keluarga Indonesia yang besar, mereka mempunyai anak lebih banyak. Tapi umumnya gajinya tidak terlalu tinggi.
“Jadi berdasarkan situasi seperti ini, kita perlu berubah diri. Ya, kita harus mengubah diri kita sendiri dan berusaha lebih keras untuk menyediakan produk Super Bowl yang sangat bagus untuk Indonesia,” tutup Zhang.