Jajal Asus Zenbook Pro 14 OLED, Punya DialPad Buat Ngedit di Photoshop

02 December 2023 - by

Uzone.id - Bicara laptop dengan spesifikasi tinggi, tentu gak cuma untuk memenuhi para gamer hardcore saja. Kreator konten pun butuh laptop yang proper buat menunjang berbagai aktivitas mereka, dan salah satu opsi yang bisa dipilih adalah Asus Zenbook Pro OLED dengan nomor model UX6404.

Advertising
Advertising

Laptop Asus membawa spek ‘rata kanan’, dirancang untuk kreator yang butuh perangkat penunjang dengan kinerja yang powerful. Di Indonesia, Asus Zenbook Pro 14 OLED dibanderol Rp35.999.000, lalu apa saja kelebihan dan fitur yang disodorkan buat pengguna?

Tim Uzone.id diberikan kesempatan oleh Asus Indonesia untuk sejenak mencoba Zenbook Pro 14 OLED ini. Beberapa hal kami notice sebagai kelebihan dari Zenbook Pro 14 OLED, satu di antaranya adalah fitur Asus DialPad yang mendukung aplikasi kreator dari Adobe.

Berikut ulasan singkat mengenai laptop terbaru Asus ini.

 

Baca Juga :

Asus Jual ROG Ally Versi Murah, Harga Gak Sampai Rp10 Juta
 

 

Desain ringkas cuma 1,6 kg

Namanya juga kreator, agaknya bakal jarang kalau harus ngantor dengan lingkungan yang gitu-gitu aja. Biasanya sih, para kreator mencari inspirasi di kafe, coworking space, atau bahkan kerja sambil liburan dengan alasan ‘work from anywhere’.

Nah karena mobilitas yang tinggi, pasti mereka gak mau nenteng atau bawa laptop yang bobotnya berat, bulky bisa dibilang. Untung, Asus Zenbook Pro 14 OLED dibuat secara ringkas dengan bobot total 1,6 kg doang.

Secara dimensi, laptop ini punya ketebalan 1,79 cm. Gak terlalu tipis, tapi tidak ketebalan juga buat sebuah laptop dengan performa yang tinggi. Mengingat, laptop ini juga dilengkapi dengan kartu grafis atau GPU discrete yang biasanya memengaruhi dimensi dari laptop itu sendiri.

Belum lagi, Asus Zenbook Pro 14 OLED juga disokong oleh sistem pendingin khusus. Sistem pendingin bernama IceCool Pro tersebut dilengkapi dengan dua kipas dan empat ventilasi pembuangan udara panas untuk memaksimalkan pendinginan.

Laptop ini juga dilengkapi dengan penyaring debu pada kedua kipasnya, sehingga membantu mencegah debu dan partikel mengganggu lainnya masuk dan mengganggu sistem pendinginannya. Jadi, ukuran 1,6 kg gak terlalu berat lah buat Zenbook Pro 14 OLED.

Dilengkapi DialPad

Fitur unik dan useful di Asus Zenbook Pro 14 OLED adalah DialPad, sebuah pengontrol sentuh putar yang disematkan pada sudut kiri atas touchpad.

DialPad menyediakan akses ke berbagai pintasan, seperti kontrol volume dan intensitas cahaya layar. Asus mengklaim, DialPad juga mendukung berbagai macam aplikasi kreator, terutama rancangan Adobe.

 

Baca Juga :

Asus ROG Phone 6 Jadi Ponselnya Pro Player di M5 World Championship
 

 

Untuk mengaktifkan fitur ini sekaligus menyesuaikan pengaturan putaran kontrol sentuhnya, tinggal masuk ke Settings di Windows 11. 

Kemudian pilihan Bluetooth & Devices dan masuk ke bagian Wheel. Atau, dengan menggunakan aplikasi ProArt Creator Hub dari Asus.

Kepada tim Uzone.id, Muhammad Firman selaku Head of PR Asus Indonesia mengatakan, DialPad di Asus Zenbook Pro 14 OLED mendukung aplikasi kreatif, terutama keluaran Adobe, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Lightroom, Premiere Pro, hingga After Effect. 

Layar OLED yang memukau

Dengan nama belakang ‘OLED’, pastinya laptop ini dilengkapi oleh panel OLED yang mumpuni dong? Panel yang digunakan laptop ini adalah Asus Lumina OLED seluas 14,5 inci dengan resolusi 2,8K, sudah menawarkan refresh rate 120Hz, dan tampil dengan rasio 16:10 yang luas.

Layar ini sudah mendapatkan sertifikasi Dolby Vision, sehingga dijamin bisa menayangkan konten berkualitas HDR yang bikin pengguna langsung eyegasm.

Layar Asus Zenbook Pro 14 OLED juga telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk reproduksi warna yang akurat, serta tersertifikasi oleh TUV Rheinland untuk menjamin penggunaan yang nyaman tanpa merusak kesehatan mata.

 

Baca Juga :

Review Samsung Galaxy Tab S9 FE+: Tanpa Laptop, No Worry
 

 

Kreator juga dapat mengubah profil warna pada layar laptopnya, mulai dari sRGB atau DCI-P3 sesuai dengan kebutuhannya. “OLED kan rawan burn-in, bang?” Iya sih, tapi Asus telah menyediakan fitur khusus seperti pixel refresh dan pixel shift via aplikasi MyASUS untuk mengurangi resiko efek burn-in pada layar.

Ditopang Intel Core i9-13900H dan Nvidia GeForce RTX 4070

Asus Zenbook Pro 14 OLED ditenagai prosesor Intel Core i9-13900H yang disandingkan dengan kartu grafis terintegrasi Intel Iris X dan GPU discrete Nvidia GeForce RTX 4070. 

Untuk penyimpanannya, disematkan SSD PCIe 4.0 dengan kapasitas 1 TB dengan write dan read speed yang lebih cepat. Membuka aplikasi, rendering, atau gaming tipis-tipis, bakal lebih lancar karena RAM laptop ini berjenis LPDDR5 dengan kapasitas 16 GB.

Karena GPU-nya dari Nvidia, kelas high-end malah, maka kreator mendapat kepastian kinerja dan stabilitas maksimal dengan Nvidia Studio Driver. Dihadirkan juga teknologi MUX Switch yang dapat memaksimalkan kinerja chip grafis sekaligus memastikan semua aplikasi berjalan di GPU discrete.

Sebagai penunjang sumber daya, Asus Zenbook Pro 14 OLED dibekali baterai dengan kapasitas 76 Whr. 

Fitur lainnya

Layar yang memukau dikombinasikan dengan sistem audio yang bagus berkat speaker stereo yang disertifikasi oleh Harman Kardon. Kalau layarnya disertifikasi Dolby Vision, sistem audio Zenbook Pro 14 OLED didukung oleh Dolby Atmos biar keluaran suaranya lebih lantang, jernih, dan minim noise.

 

Baca Juga :

Review Acer Predator Helios 16: Mesin Gaming Buas yang Bongsor Banget!
 

 

Hadir juga teknologi Asus AI noise-cancelling yang memastikan audio yang diterima dan dikirim saat melakukan conference call tetap jernih, bahkan saat pengguna berada di situasi yang sangat bising.

Kemudian, ada webcam IR Full HD untuk login melalui sistem pemindai wajah Windows Hello. Berikut ini tabel spesifikasi lengkap dari Asus Zenbook Pro 14 OLED:

Spesifikasi

Asus Zenbook Pro 14 OLED (UX6404)

CPU

Intel Core i9-13900H Processor 2.6 GHz (24MB Cache, up to 5.4 GHz, 14 cores, 20 Threads)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 Performance SSD

Display

14.5-inch ASUS Lumina OLED, 2.8K (2280 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker

Graphics

Intel Iris Xe Graphics

NVIDIA GeForce RTX 4070 Laptop GPU

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery, 1x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 FRL

1x 3.5mm Combo Audio Jack, SD 4.0 card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

FHD camera with IR function to support Windows Hello

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimension 

32.18 x 22.33 x 1.79 ~ 1.79 cm

Weight

1.6 Kg

Colors

Black

Price

Rp35.999.000

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty