Jajal Infinix Smart 8, 'iPhone Ekonomis' Harga Sejutaan ala Infinix

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id -Jelang tutup tahun 2023, beberapa brandsmartphonemengeluarkan produk pamungkas mereka ke pasaran. Satu di antaranya adalahInfinixyang meluncurkan ponsel murah Infinix Smart 8 di Indonesia.

Ponsel ini masuk ke kelasentry-level, harganya pun amat terjangkau dengan banderol tak lebih dari Rp1,3 juta. Di Indonesia, Infinix Smart 8 tersedia dalam dua varian RAM dan memori penyimpanan, yakni 3/64 GB dengan harga Rp1.099.000 dan tipe 4/128 GB yang harganya Rp1.249.000.

Walau harganya murah, Infinix Smart 8 tetap dikemas menarik, baik dari sisi desain hingga spesifikasinya. Tak usah berharap banyak memang, tapi setidaknya Infinix membuat ponsel se-worth itmungkin buat konsumen di tanah air.

Desain ala ‘iPhone ekonomis’

Gak usah ngarep ponsel ini dibuat menggunakan material aluminium atau bodi belakang dari kaca. Infinix Smart 8 sepenuhnya dibuat dari bahan plastik, baik sasis atau bodi belakangnya.

Tapi, sasis plastik atau polikarbonat ini terbilang solid. Keuntungan dari bodi plastik juga bakal kalian rasakan saat menggenggamnya, ponsel ini punya ketebalan 8,5 mm dengan berat 184 gram doang, jadi masih tergolong ponsel yang ergonomis.

Ada beberapa varian warna dari Infinix Smart 8, yakni Shiny Gold dan Crystal Green. Warna ini memiliki tekstur yang agak keset dan anti jejak sidik jari. Kedua warnanya juga memberikan efek gradasi dan pantulan cahaya, bakal kelihatan cantik saat bodi belakangnya terpapar sinar matahari atau pantulan lampu.

Pemilik Infinix Smart 8 juga bakal disuguhi desain khasiPhonegenerasi terbaru. Gak cuma karena bodinya yang dibuat flat ala ponsel Apple tersebut, tapi bentuk kameranya pun dibuat ala-ala ‘kamera boba’ dari iPhone.

Ada tiga lingkaran di kamera belakang, bentuknya terinspirasi dari iPhone 15 Pro bisa dibilang. Terdiri dari dua lingkaran kamera dan satu LED flash. 

Gak cuma itu, Infinix juga menyertakan fitur bernama Magic Ring. Fitur ini menampilkan notifikasi interaktif pada lubang kamera. Seperti iPhone 15, bakal muncul bar hitam seperti kapsul pada punch hole layar ketika notifikasi masuk.

Bukan cuma notifikasi, saat Face Unlock menyala, ada panggilan telepon, ponsel dalam keadaan ngecas dan saat baterainyafull charge, hingga ketikalow battery, bakal muncul Magic Ring di atas layar ponsel.

Layarpunch hole, sudah 90Hz

Jarang-jarang ponsel sejutaan memiliki layar berfitur kekinian. Satu contohnya,punch holeatau lubang kamera. Biasanya sih, ponsel kelasentry-levelmenganut desainnotchatau layar berponi.

Infinix Smart 8 tampil dengan layar LCD seluas 6,6 inci dengan resolusi HD+. Layar ini punyapunch holesebagai tempat bagi kamera depan 8 MP di tengah atas layarnya.

Seperti yang kami bilang di awal, lubang kamera ini juga berfungsi sebagai Magic Ring seperti fitur Dynamic Island di iPhone generasi teranyar. 

Yang menarik, layar Infinix Smart 8 sudah mendukungrefresh rate90Hz dan tingkat kecerahan sampai 500 nits, membuatnya masih dapat dilihat dengan baik walau digunakan di luar ruangan.

Memori besar 128 GB

Ponsel ini punya spek agak kentang. Infinix Smart 8 ditenagai prosesor Unisoc T606, chipset jadul yang langganan disematkan pada ponsel kelasentry-level.

Infinix menyandingkannya dengan RAM 3 GB atau 4 GB serta memori penyimpanan 64 GB atau 128 GB. Ruang penyimpanan ini tergolong besar, terlebih ada slot memori tambahan yang dapat diperluas hingga 2 TB via microSD.

Ada pula fitur MemFusion, memungkinkan kapasitas RAM-nya ditambah dua kali lipat. Fitur ini menggunakan sebagian kecil ruang penyimpanan untuk meningkatkan performa ponsel.

Sementara untuk baterainya, Infinix menanamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang bisa diisi dayanya pakai charger dengan port universal, USB-C. Memang tak ada dukunganfast charging, tapi kalian masih mendapatkan adaptor dan kabel USB-C dalam paket penjualan.

Oiya, baterai besar pada Infinix Smart 8 juga dilengkapi dengan solusi Power Marathon yang dapat memperpanjang umur baterai. Bahkan saat daya baterai mencapai 5 persen, kalian masih dapat melakukan panggilan selama 2 jam ketika teknologi ini diaktifkan.

Fitur lainnya

Bila bicara soal kamera, Infinix Smart 8 punya dua kamera di belakang, sensor utamanya 13 MP dan disandingkan dengan kamera VGA, sebutannya AI Lens. 

Di belakang juga didukung LED flash untuk membantu pengambilan gambar di kondisi remang. Infinix menamai LED flash berukuran besar ini dengan sebutan ‘Ring Flashlight’.

Berbagai fitur pun dihadirkan pada kamera utama Infinix Smart 8, antara lain Supernight Mode, Slow Motion Video, serta AR Mode. 

Untuk aktivitas hiburan seperti mendengarkan musik atau streaming series favorit yang semakin maksimal, Infinix Smart 8 dibekali sistem audio yang ditingkatkan dengan fitur DTS yang dapat meningkatkan volume hingga 200 persen saat diaktifkan. 

Selain adaface unlock, layar kunci Infinix Smart 8 juga bisa dibuka menggunakan sensor sidik jari di tombol power. Sementara untuk sistem operasinya, ponsel ini berjalan di Android 13 (Go Edition).

Berikut ini spesifikasi lengkap dari Infinix Smart 8

Spesifikasi Infinix Smart 8

Dimensi, bobot

163.6 x 75.6 x 8.5 mm, 184 gram

Layar

LCD, 90Hz, 6,6 inci, HD+, 500 nits

OS

Android 13 (Go Edition)

Prosesor

Unisoc T606

Octa-core (2x1.6 GHz Cortex-A75 & 6x1.6 GHz Cortex-A55)

RAM, memori

3 GB/64 GB atau 4 GB/128 GB,supportmicroSD

Baterai

5.000 mAh, 10W

Kamera

Kamera belakang

13 MP

AI Lens


Kamera depan

8 MP (Magic Ring)

Harga

3/64 GB - Rp1.099.000

4/128 GB - Rp1.259.000