MediaTek Helio G36 Bikin Harga Smartphone Gaming Makin Murah

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Smartphone gamingbakal lebih murah lagi harga jualnya, setelah MediaTek merilischipset gamingkelasentry, Helio G36. G Series dari MediaTek memang dikhususkan buatsmartphone gamingkelas menengah yang rata-rata dijual dengan harga terjangkau di pasaran.

Prosesor dengan arsitektur 12nm FinFET ini sebenarnyarebrandingdari MediaTek Helio G37yang sudah diluncurkan pada 2022 lalu. Sebab, baik Helio G36 dan Helio G37 tidak memiliki perbedaan spesifikasi yang signifikan.

Keduanya mempunyai performance coreCortex A53 yang sama. Bedanya ada pada clock-speed, dimana MediaTek Helio G36 cuma berkecepatan 2,2 GHz, bukan 2,3 GHz seperti Helio G37.

Sementara spesifikasi lainnya, tidak menunjukkan perbedaan signifikan, termasuk juga dengan tipe kartu grafis atau GPU yang disematkan.

MediaTek Helio G36 menggunakan GPU IMG PowerVR GE8320 denganclock-speed680 MHz. Buat menunjang aktivitasgamingpengguna, MediaTek menjejalkan fitur HyperEngine 2.0 Lite.

Fitur ini menyediakan manajemen sumber daya yang cerdas untuk memastikan performa yang stabil saat pengguna bermaingamedismartphonekelasentrymereka. Selain itu, HyperEngine 2.0 Lite juga memastikan koneksi internet tetap stabil dan maksimal.

Baca juga:10 Smartphone Murah untuk Main Game, Mulai Rp2 Jutaan Doang

“Manajemen CPU, GPU, dan memori yang cerdas dan dinamis sesuai dengan pengukuran daya, termal, dan faktorgameplaysecarareal-time,” jelas MediaTek, dalam situs resminya.

Karena ditujukan untuk ponsel kelasentrydanlow-end, dukungan terhadap RAM dan penyimpanan internal juga tak mewah-mewah amat. Maksimal RAM yang bisa ditunjangchipsetini adalah 8 GB berjenis LPDDR3 atau LPDDR4X, sementara memori penyimpanan hanya berjenis eMMC 5.1 saja.

Adapun buat dukungan layar, ponsel dengan prosesor MediaTek Helio G36 dapat mengusung layar Full HD+ dengan fiturrefresh rate90Hz. 

MediaTek memastikan,smartphonekelasentrydengan prosesor Helio G36 dapat memberikan pengalaman yang maksimal bukan cuma buatnge-gamesaja, tapi juga untuk kegiatan sehari-hari termasuk mengakses media sosial.

Smartphone gamingentrydapat menggunakan tampilan 90Hz yang cepat, memberikan pengguna pengguliran halaman web, belanja, media sosial, UI, dan animasi yang lebih lancar di aplikasi,” pungkas MediaTek.

Mendukung kamera 50 MP

Walaugamingjadi fokus utama di MediaTek Helio G36, namunchipsetini juga mendukung sejumlah fitur-fitur fotografi, seperti dukungan kamera dengan resolusi sampai 50 MP. 

Baca juga:6 Tips Beli Smartphone Bekas Anti Zonk, Gak Cuma Soal Murah!

Vendor pun dimungkinkan untuk menyematkan sepasang kamera 13 MP + 13 MP yang dapat merekam video diframe rate30 FPS maksimal. Beberapa fitur berbasis AI (artificial intelligence) dihadirkan, seperti Electronic Image Stabilization (EIS) untuk penstabil gambar, Rolling Shutter Compensation (RSC) untuk mengurangi efek bengkok pada video, Auto Exposure (AE), dan kebebasan bagi vendor untuk menambahkan fitur berbasis AI mereka sendiri ke sistem kamera. 

Belum diketahuismartphoneAndroid apa saja yang akan meluncur dengan prosesor terbaru MediaTek ini. Namun dari kabar yang berembus,chipsetini akan dipasangkan padasmartphonedengan harga di bawah Rp2 jutaan.