icon-category Gadget

10 Smartphone Murah untuk Main Game, Mulai Rp2 Jutaan Doang

Bagikan :

Uzone.id - Pengin main game Android yang berkualitas, gak perlu lah merogoh kocek dalam-dalam buat beli smartphone flagship yang membawa spesifikasi kelas tinggi. Buat sekadar main game, apalagi tak seintens para pro player, rasanya membeli smartphone harga murah dengan spesifikasi mumpuni sudah lebih dari cukup.

Saat ini, ada banyak pilihan ponsel dengan spesifikasi yang oke buat main game. Dan, harganya pun gak akan menguras habis isi ATM kalian.

Nah, tim Uzone sudah merangkum 10 smartphone harga murah yang pas banget digunakan buat main game. Tenang, spesifikasinya gak kentang kok. Tetap oke buat nge-game

Tecno Pova 4 Pro

alt-img

Tecno Pova 4 Pro merupakan smartphone Rp2 jutaan yang mengusung spesifikasi mumpuni di kelasnya. Bayangkan, smartphone ini dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,66 inci dengan resolusi Full HD+ dan bahkan dilengkapi fitur refresh rate 90Hz yang smooth.

Dapur pacunya menggunakan prosesor gaming kelas menengah dari MediaTek, yakni Helio G99. Chipset dengan arsitektur 6nm itu memang sering diandalkan oleh vendor smartphone untuk menyuguhkan produk dengan performa yang bagus di harga yang lebih terjangkau.

Baca juga: 10 Smartphone untuk Main Genshin Impact, Harga dari Rp3 Jutaan

Mendukung Helio G99, Tecno membenamkan RAM 8 GB dengan media penyimpanan seluas 128 GB atau 256 GB di Pova 4 Pro. Untuk memaksimalkan potensi gaming-nya, disediakan juga fitur seperti Panther Engine 2.0 dan Game Space 2.0 untuk menjaga performa tetap stabil selama menjalankan aktivitas gaming.

Jangan khawatir cepat kehabisan daya, karena Tecno Pova 4 Pro juga ditopang baterai berkapasitas 6.000 mAh yang mendukung fast charging 45W. 

Pengalaman main game pun tetap imersif berkat speaker stereo dan jack audio 3,5mm pada ponsel ini.

Infinix Zero 20

alt-img

Infinix Zero 20 memang diperuntukkan buat pengguna yang senang ngevlog, mengingat kamera depannya beresolusi 60 MP dan sudah dilengkapi OIS (optical image stabilization).

Kendati begitu, Infinix Zero 20 pun tergolong mumpuni untuk menunjang aktivitas gaming pengguna. Apalagi, harga Infinix Zero 20 di Indonesia berkisar Rp3 jutaan saja.

Infinix Zero 20 punya layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+. Dukungan refresh rate-nya pun sudah 90Hz, sehingga memberikan sensasi mulus saat bermain game yang mendukung FPS tinggi.

Baca juga: Infinix Zero 20 Punya Kamera Selfie 60MP OIS, Cocok buat Ngevlog

Untuk menunjang kegiatan gaming, smartphone ini ditenagai prosesor MediaTek Helio G99 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. 

Agar kinerjanya tetap terjaga, Infinix menyertakan sistem pendingin ‘VC Liquid-cooled’ dan vapor chamber untuk menjaga ponsel tidak overheat saat dipakai aktivitas gaming yang cukup memberatkan.

Kapasitas baterainya memang tidak terlalu impresif, lantaran 4.500 mAh saja. Tapi, kalian bisa mengisinya dalam waktu yang singkat berkat fast charging 45W.

Redmi 10 5G

alt-img

Dijual di harga mulai Rp2,3 jutaan saja, Redmi 10 5G pun bisa jadi pilihan bagi kalian yang sedang mengincar smartphone harga murah untuk main game

Lagi-lagi, ponsel di daftar rekomendasi kami ditenagai prosesor besutan MediaTek. Namun bukan Helio G Series, melainkan Dimensity 700 yang sudah mendukung jaringan 5G.

Prosesor dengan arsitektur 7nm tersebut terdiri dari dua kluster CPU, 2-core Cortex A76 dengan kecepatan 2,2 GHz dan 6-core Cortex A55 yang punya clock-speed 2 GHz.

Ada dua jenis RAM 4 GB dan 6 GB, dipadukan dengan memori penyimpanan 128 GB. Untuk baterai, smartphone ini ditopang baterai 5.000 mAh yang didukung fast charging 18W. 

Baca juga: Pakai Prosesor Dimensity 700, Segini Skor Benchmark Redmi 10 5G

Tentu saja ada fitur gaming yang tersedia di Redmi 10 5G, namanya Game Turbo. Fitur tersebut dapat ditemui di bagian Special Features di Settings. Dengan Game Turbo, kinerja ponsel dapat dimaksimalkan untuk game-game terpilih yang dimasukkan ke dalam daftar.

Adapun untuk layar, Redmi 10 5G dilengkapi dengan panel IPS LCD berukuran 6,58 inci dengan resolusi Full HD+. Resolusi yang cukup tinggi untuk sekelas ponsel Rp2 jutaan, apalagi layar tersebut telah mendukung refresh rate 90Hz.

Infinix Note 12 2023

alt-img

Lagi-lagi dari Infinix, yakni seri Note 12 2023 yang juga menjagokan panel AMOLED dan prosesor ngebut untuk menunjang aktivitas gaming pengguna.

Dipasarkan dengan harga mulai Rp2,6 jutaan, Infinix Note 12 2023 menawarkan panel layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+. Untuk memberikan pengalaman visual yang imersif, diberikan fitur true-color, memungkinkan suguhan warna pada layar terasa lebih maksimal.

Kendati begitu, memang cukup disayangkan melihat ponsel ini tak mendukung refresh rate yang tinggi. Di sektor dapur pacu, lagi-lagi MediaTek Helio G99 menjadi mesin utama dari smartphone harga murah untuk main game ini.

Baca juga: Foto: Infinix Note 12 2023, Ponsel Anak Muda Ramah Dikantong

Dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB/256 GB, kemudian baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang dapat diisi dayanya menggunakan fast charging 33W. 

Seperti ponsel kebanyakan, tersedia juga fitur Extended RAM untuk menambah kapasitas RAM secara virtual agar main game terasa lebih oke.

Poco M5

alt-img

Smartphone Rp2 jutaan lainnya yang tak cuma murah, tapi cukup bisa diandalkan untuk main berbagai judul game yang tersedia di Android. 

Ya, Poco M5 yang dijual mulai Rp2 jutaan saja. Smartphone tersebut juga ditenagai MediaTek Helio G99 sebagai dapur pacu utamanya.

Prosesor ini memang jadi ‘primadona’ bagi segelintir ponsel murah yang menargetkan para gamerbudget cekak’ agar tetap bisa bermain dengan baik. Buat menunjang performanya agar tetap stabil dan oke, terdapat fitur Game Turbo yang dikombinasikan dengan sistem Hyper Engine 2.0 dari MediaTek.

Baca juga: Review Poco M5: Pas untuk Harian

Keduanya mampu mengoptimalkan performa gaming ponsel. Apalagi, tersedia RAM LPDDR4X 4 GB dengan memori hingga 128 GB, serta baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang bisa diisi penuh menggunakan adaptor fast charging 18W.

Kalau ngomongin layar, memang agak imba, karena cuma berjenis IPS LCD berukuran 6,58 inci. Tapi untungnya, panel tersebut dapat menyuguhkan konten di resolusi Full HD+ dengan refresh rate sampai 90Hz.

Realme 10

alt-img

Berikutnya Realme 10 yang juga dijual di Indonesia dengan harga Rp2,4 jutaan. Smartphone harga murah untuk main game yang satu ini memang diperuntukkan bagi gamer dengan budget terbatas, tapi tetap ingin kelihatan trendi.

Ya, selain desain yang ciamik, spesifikasi Realme 10 memang pantas membuatnya masuk ke rekomendasi Uzone.id. Ditenagai MediaTek Helio G99, smartphone ini menyuguhkan tiga pilihan RAM dan memori penyimpanan, yaitu 4/128 GB, 8/128 GB. dan 8/256 GB.

Selain fitur khusus game yang disediakan untuk menunjang aktivitas gaming pengguna, terdapat pula fitur Dynamic RAM yang membuat kapasitas RAM bertambah dengan memanfaatkan sebagian kecil penyimpanan internal.

Baca juga: Komparasi Realme 10 vs Poco M5: Prosesor Sama, Lebih Bagus Mana?

Daya tahannya pun gak bikin kalian worry saat bermain game dalam durasi yang lama. Terdapat baterai 5.000 mAh dengan fast charging 33W untuk mempersingkat waktu pengisian dayanya.

Di bagian layar, Realme 10 mengusung panel layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate layar ini mencapai 90Hz, memberikan sensasi smooth untuk scrolling aplikasi maupun gaming.

Vivo Y22

alt-img

Rekomendasi smartphone gaming harga murah berikutnya adalah Vivo Y22 yang dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp2,3 jutaan. Gak sampai Rp3 juta, kalian sudah mendapatkan smartphone dengan prosesor gaming menengah dari mediaTek, yakni Helio G85.

Memang tak sengebut Helio G99, namun Vivo memberikan sejumlah fitur gaming untuk memaksimalkan potensi SoC (system on chip) MediaTek tersebut. Seperti Multi Turbo 5.5, Ultra Game Mode 2.0 dan Cooling System yang akan menghadirkan performa yang lebih cepat, efisien dan luar biasa saat bermain game.

Vivo Y22 membawa RAM 4 GB atau 6 GB, dengan penyimpanan internal sampai 128 GB. Baterainya juga terbilang jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh dan sudah mendukung fast charging 18W.

Vivo Y22 di Indonesia mengusung layar IPS LCD berukuran 6,55 inci dengan resolusi HD+. Gak ada fitur refresh rate, tapi Vivo membenamkan fitur untuk melindungi mata para gamer dari cahaya biru yang bikin sakit mata.

Samsung Galaxy A14 5G

alt-img

Smartphone terbarunya Samsung, Galaxy A14 5G juga masuk ke rekomendasi kami. Dijual Rp2,9 jutaan, Samsung Galaxy A14 5G mengandalkan prosesor MediaTek Dimensity 700 sebagai dapur pacu utamanya.

Kendati fitur gaming-nya tak selengkap kompetitor, namun Samsung tetap menyertakan fitur RAM Plus untuk meningkatkan kinerja ponsel saat bermain game.

Jadi, Samsung Galaxy A14 5G dilengkapi RAM 6 GB yang dapat di-upgrade 6 GB lagi secara virtual sehingga kapasitas RAM-nya menjadi 12 GB. Ditambah penyimpanan internal 128 GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai 1 TB.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy A14 5G di Indonesia Lebih Murah, Rp2 Jutaan Doang

Baterainya sendiri gak akan mengecewakan, lantaran Samsung Galaxy A14 5G ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 15W.

Di bagian layar, Panel IPS LCD berukuran 6,6 inci disematkan pada smartphone ini. Cukup oke fiturnya, mulai dari resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz.

Vivo T1

alt-img

Rekomendasi smartphone harga murah untuk main game yang berikutnya adalah Vivo T1. Ditopang SoC MediaTek Dimensity 810, tentu performa yang diberikannya jauh lebih baik dari Vivo Y22. 

Apalagi, terdapat fitur Extended RAM yang memungkinkan ponsel ini memiliki RAM total 12 GB. Plus, terdapat memori penyimpanan 128 GB atau 256 GB, yang bisa ditambah menggunakan microSD sampai 1 TB.

Biar mesin utamanya tetap stabil, ada sistem Liquid Cooling yang bisa mendinginkan motherboard sampai 10 derajat celcius. Alhasil, kinerja tetap oke dan ponsel terhindar dari overheat.

Baterainya juga besar, kapasitasnya 5.000 mAh yang bisa diisi dengan fast charging 18W. Sementara di layar, panel IPS LCD diandalkan dengan ukuran 6,58 inci dan beresolusi Full HD+, serta mendukung refresh rate 120Hz.

Baca juga: Vivo T1 5G, Ponsel Stylish untuk Kalangan Anak Muda

Poco M4 Pro

alt-img

Daftar terakhir, Poco M4 Pro yang harganya terpantau stabil di Rp2,6 jutaan. Saat meluncur tahun lalu, Poco mengklaim kalau ponsel ini jadi ‘Entry Mid-range Killer’, lantaran mengusung panel Super AMOLED, prosesor gaming MediaTek, dan baterai jumbo, di harga Rp2 jutaan.

Ya, smartphone ini dibekali dengan layar Super AMOLED seluas 6,43 inci beresolusi Full HD+ dengan refresh rate 90Hz. Panel yang berkualitas ini terasa makin kece lagi, berkat prosesor MediaTek Helio G96 yang cukup mumpuni untuk nge-game.

Apalagi, dikombinasikan dengan RAM sebesar 8 GB, memori internal 256 GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal sampai 1 TB, serta baterai 5.000 mAh dengan fast charging 33W. 

Sudah pasti, ada fitur Game Turbo juga untuk menambah experience pengguna saat main game favoritnya.

Well, mana pilihan smartphone harga murah untuk main game, Uzoners?

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini