Menilik Potensi Startup Lokal Daerah

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

(Foto: Unsplash)

Uzone.id -Kebanyakanstartupterlahir di Jakarta dan sekitarnya. Sebenarnya banyak jugastartupdi daerah yang cukup potensial untuk dikembangkan.

Seperti SOKU,startuplokal asal Solo, yang bergerak di bidangfood commerce. SOKU saat ini sedang mengembangkanautonomous self-driving caratau mobil tanpa awak.

Bagaimana sebenarnya potensistartup-startupdi daerah, bagaimana mereka bisa memiliki potensi yang sama dengan yang di Jakarta dan sekitarnya?

Baca juga: Kapan Startup Layak Go Global?

Dari sisi jumlah, memang mayoritasstartupdi Indonesia berasal dari Jakarta. Beberapa kota lain yang memilikistartupcukup banyak di antaranya Bandung, Yogyakarta, dan Malang.

Salah satu yang mendasari hal tersebut adalah ekosistem yang lebih terbentuk di kota-kota besar, di antaranya komunitas, perguruan tinggi, investor,coworking space, dan semacamnya. Namun, bukan berartistartupdari kota-kota lain tidak dapat berhasil. Saya mencatat beberapa hal di bawah ini yang dapat diperhatikan olehstartuplokal daerah.

1. Mempertimbangkan potensi daerah

Berbicara soal masalah yang menjadi sasaran,startuplokal daerah dapat memulai dari potensi sosial ekonomi yang dihadapi oleh daerah tersebut.startupdari Bali misalnya dapat mengidentifikasi potensi masalah dan solusi di bidang pariwisata.

Hal ini dapat menjadicompetitive advantage startuplokal daerah karena potensi suatu daerah mestinya lebih diketahui oleh pihak-pihak yang terkait atau berada di dalamnya.

2. Kolaborasi penta helix

Selanjutnya,startuplokal daerah dapat mempertimbangkan untuk melakukan kolaborasi penta helix – pemerintah, media, pelaku usaha, akademisi, dan masyarakat/komunitas.Startupdi kota Makassar misalnya dapat menjalin kerjasama lebih erat dengan pemerintah kota Makassar dan perguruan tinggi di sana.

Baca juga: Inovasi Digital yang Hadir Saat Pandemi

Kolaborasi ini dapat berjalan di beberapa aspek, misalnya identifikasi problem yang dihadapi oleh pemerintah atau pelaku usaha di daerah tersebut. Kerjasama juga dapat terjadi terkait dengan penyediaan sumberdaya baik itu riset dari perguruan tinggi maupun dana dari pemerintah dan pelaku usaha.

3. Tidak hanyacopy pastestartup nasional

Dalam suatu kesempatan, saya pernah menjadi juri di suatu kompetisistartupdi suatu daerah. Salah satu peserta mempresentasikan ide soale-commerce marketplaceserupa Tokopedia dan Bukalapak namun khusus memberikan pelayanan di daerah tersebut.

Ide ini menurut saya kurang kuat karena ide tersebut merupakan bagian dari fiture-commerce marketplacenasional (filter berdasarkan lokasi saja).

Dalam mengembangkan startup, termasuk startup lokal daerah, diferensiasi ataucompetitive advantagediperlukan sehingga tidak hanya sekadar “ini buatan daerah sini”. Hal ini akan memperbesar kemungkinan keberhasilanstartuptersebut.