Digilife

Inovasi Digital yang Hadir saat Pandemi

  • 14 December 2020
  • Bagikan :
    Inovasi Digital yang Hadir saat Pandemi

    Ilustrasi (Foto: Freepik)

    Kolom oleh: Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

    Uzone.id - Tak terasa sudah menuju ke penghujung 2020, tahun dimana banyak kondisi dihantam pandemi dan sektor usaha di Indonesia harus bertahan hidup melalui bantuan teknologi. Transformasi digital digaungkan di mana-mana, tapi jika kita kilas balik, apa sajakah inovasi baru yang mungkin sebelumnya tak terpikirkan bisa ada, muncul di tengah pandemi?

    Thermal detector

    Teknologi ini mungkin bukan sesuatu yang benar-benar baru, namun pandemi ini menjadikan inovasi ini berkembang cukup pesat. Teknologi ini dapat kita lihat ketika berkunjung ke beberapa mal atau gedung perkantoran. Saat kita berdiri sejauh lebih kurang setengah meter dari perangkat ini, suhu tubuh kita langsung terdata dan muncul di layar monitor sehingga petugas dapat melarang orang yang memiliki suhu tubuh di atas nilai tertentu untuk masuk.

    Baca juga: Bagaimana Menghitung ROI Bisnis Digital?

    Sesuai dengan namanya, perangkat ini menggunakan teknologi pendeteksi panas yang dihubungkan dengan pendeteksi wajah dan antarmuka.

    Touchless sensor

    Foto: Braum


    Alat ini menggantikan tombol-tombol yang sering kita sentuh di pusat-pusat keramaian, misalnya bel atau tombol-tombol di dalam ataupun luar lift. Alat ini dibutuhkan karena pandemi ini mengharuskan kita untuk membatasi dalam menyentuh apapun yang digunakan oleh banyak orang.

    Alat ini di antaranya menggunakan sinar infrared yang mendeteksi apabila ada yang mendekati dalam jarak dekat (beberapa sentimeter).

    Tracking and tracing system

    Sistem ini dibuat untuk menelusuri histori pergerakan dari seseorang yang terpapar Covid-19 dan mendeteksi siapa saja yang berinteraksi dengan orang tersebut. Dengan demikian, diharapkan hal ini dapat mengurangi kemungkinan penyebaran virus dengan mengisolasi orang-orang yang terpapar. Di Indonesia, salah satu sistem yang berperan dalam hal ini yakni PeduliLindungi yang merupakan kolaborasi antara pemerintah beserta Telkom dan seluruh operator seluler.

    Sistem ini menggabungkan berbagai teknologi di antaranya GPS, bluetooth, serta big data.

    Baca juga: Kapan Startup Layak Go Global?

    Aplikasi PeduliLindungi (Foto: Tomi/Uzone.id)

    Tentu saja, masih banyak lagi inovasi digital yang lain yang belum saya sebutkan di atas. Selain inovasi yang sudah terjadi, mungkin banyak juga inovasi lain yang sedang dikembangkan atau direncanakan. Salah satu di antaranya adalah inovasi dalam proses vaksinasi Covid-19 yang mudah-mudahan akan segera dilaksanakan.

    Dalam proses vaksinasi Covid-19, salah satu potensi tantangannya adalah bagaimana mendistribusikan vaksin hingga ke lokasi pelaksanaan vaksinasi. Vaksin harus terjaga pada rentang suhu tertentu agar jangan sampai rusak. Untuk itu, dibutuhkan teknologi di antaranya Internet of Things (IoT)/sensor untuk memonitor suhu vaksin tersebut dan mengeluarkan informasi apabila suhu vaksin berada di luar rentang yang ditentukan.

    Menjelang akhir tahun ini, tentunya kita terus mengharapkan kehadiran inovasi-inovasi untuk membantu kita semua dalam menghadapi pandemi ini di tahun 2021. Mari kita juga turut berperan serta karena proses inovasi akan lebih berjalan dengan baik apabila didukung oleh lebih banyak pihak. Mudah-mudahan pandemi ini segera kita lalui bersama.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini