Nyobain Samsung Galaxy M34 5G, Gak Cuma Modal ‘Baterai Badak’

pada 6 bulan lalu - by

Uzone.id -Smartphonekalian masih pakai baterai 5.000 mAh? Kalah jauh darismartphoneterbaru Samsung satu ini, Galaxy M34 5G yang baru saja rilis di Indonesia.

Ponsel ini ditopang baterai 6.000 mAh! Klaimnya Samsung, baterai sebesar ini bisa tahan sampai dua hari pemakaian normal.

TimUzone.idberkesempatan buat nyobain ponsel terbaru Samsung yang jadi suksesor Galaxy M33 ini. Berikut impresi kami saat pertama kali menggenggam dan menggunakan ponsel ini tepat saat peluncurannya beberapa waktu lalu.

Terlalu minimalis buat harga Rp4 jutaan

Kalau dari tampilan, bagian depan terutama, Samsung Galaxy M34 5G gak seperti ponsel lain yang harganya Rp4 jutaan. Terlalu minimalis, cenderung ketinggalan.

Ketikasmartphonelain sudah mengusung desainbezel-lessdan punya lubang kamera, Samsung Galaxy M34 5G masih menerapkan desain berponi (disebut Samsung sebagai Infinity U) denganbezelbawah yang cukup tebal.

 

 

Kalau ke belakangsih, Galaxy Identity memang diterapkan pada ponsel dengan baterai jumbo ini. Tiga kamera belakang diletakkan secara vertikal, tanpa bingkai aliasframeless, dan tepat di sebelah kanannya ada LED flash untuk membantu pencahayaan saat harus memotret di kondisi gelap atau temaram.

Ada tiga warna yang disediakan Samsung untuk Galaxy M34 5G, yakni Prism Silver, Dark Blue, dan Midnight Blue. Kalau dilihat dengan seksama, ketiga warna ini menampilkan kelir warna biru, dari yang tipis-tipis, normal, sampai biru pekat.

Khusus Prism Silver, Samsung menerapkan efek gradasi warnamejikuhibiniuyang bakal terlihat jelas saat ponsel terkena paparan cahaya yang pas. 

Semua warna ini diberifinishing glossy, sehingga mudah kotor akibat jejak sidik jari. Yang bikin kecewa, ponsel harga Rp4 juta gak punya IP rating sama sekali, baik itu percikan air apalagi tahan air.Duh!

Layar berkualitas tinggi

Bolehlah kecewa dengan desainnya yang terlalu minimalis ini, tapi jangan pernah kecewa dengan kualitas layar Super AMOLED-nya Samsung. 

Layarnya Super AMOLED dengan luas 6,5 inci dan sudah beresolusi Full HD+. Layar ini terang berkat intensitas cahaya 1.000 nits dan mendukung Vision Booster.

Vision Booster adalah fitur yang membuat layar tetap bisa dilihat dengan baik, meski terpapar sinar matahari yang terik. Jadi, konten apapun masih bisa dilihat dengan baik, walau berada di kondisi matahari lagi terangpluspanas.

 

 

Buat gamer, layar Samsung Galaxy M34 5G juga sudah mendukungrefresh rate120Hz yang terlihatsmoothsaatscrollingaplikasi atau main game yang mendukung.

Layarnya juga dilindungi oleh Gorilla Glass 5. Samsung turut memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan mata pengguna dengan menghadirkanlow blue light filteryang telah memenuhi sertifikat Eye Care dari SGS.

Dapur pacu masih sama

Samsung Galaxy M34 5G masih mengandalkan prosesor yang sama dengan Galaxy M33, yakni Exynos 1280. Kalau kata MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Taufiq Furqan, Exynos 1280 dinilai masih mumpuni kemampuannya.

Sakingpede-nya dengan Exynos 1280, Samsung bahkan memberikan jaminan update OS sebanyak 4 kali atau hingga Android 17 dengansecurity patchselama 5 tahun ke depan.

“Exynos 1280 ini sudah lebih matang, mumpuni. Performanya akan tetap stabil,” klaim Taufiq.

Disandingkan dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 1 TB.

Ada beberapa fitur dihadirkan untuk menunjang berbagai aktivitas pengguna, seperti RAM Plus sampai 8 GB, Voice Focus yang meminimalkan noise di background saat melakukan panggilan telepon atau video call, hingga NFC.

“Samsung Galaxy M34 5G mendapatkan update OS hingga 4 kali dan patch keamanan rutin 5 tahun ke depan,” kata Taufiq.

Baterai jumbo 6.000 mAh

Galaxy M33 sebelumnya hanya ditopang baterai 5.000 mAh, tak ada beda dengan ponsel lainnya. Padahal, identitas Galaxy M Series adalah ponsel dengan baterai jumbo yang bisa tahan seharian lebih.

Sekarang, Samsung mengembalikkan identitas tersebut lewat Galaxy M34 5G. Ponsel ini membawa baterai dengan kapasitas 6.000 mAh yang diklaim bisa tahan dua hari pemakaian normal atau 23 jam untuk memutar video tanpa henti.

 

 

Taufiq membeberkan alasan mengapa baru sekarang Samsung menyertakan kembali baterai berkapasitas besar. Ia mengatakan, semuanya terbentur aturan penerbangan yang membatasi kapasitas baterai pada gadget.

“Ada aturan di dunia penerbangan untukportable deviceuntuk naik pesawat maksimal hanya 5.000 mAh. Kami sempat menghadirkan ponsel 6.000 mAh bahkan 7.000 mAh pada 2021, karena ada aturan itu kami mengurangi kapasitasnya di tahun 2022,” jelas Taufiq.

“Sekarang sudah boleh, makanya balik lagi (jadi 6.000 mAh), karena baterai besar jadi kelebihan dari Galaxy M Series,” lanjutnya.

Baterai ponsel ini didukungfast charging25W. Dengan pengisian cepat, ngecas 30 menit baterai terisi sebesar 43 persen.

Hanya saja, paket pembelian ponsel ini minimalis. Tak ada adaptor charger, sehingga pengguna harus membeli adaptor terpisah untuk merasakan fiturfast chargingini.

Kamera ada OIS

Untuk kali pertama, Galaxy M Series punya kamera utama dengan teknologioptical image stabilization(OIS). Fitur ini disematkan pada kamera 50 MP, memungkinkan pengguna merekam video secara lebih stabil atau mendapatkan foto minim noise di malam hari.

Kamera ini dipadukan dengan kameraultrawide8 MP, lebih baik dari sebelumnya yang cuma 5 MP. Kamera makro tetap dihadirkan dengan sensor 2 MP, hanya minus lensa depth 2 MP di Galaxy M34 5G.Di depan, ada kamera selfie 13 MP yang meningkat dari sebelumnya hanya 8 MP saja. 

 

 

Kami mencoba mengambil beberapa foto, kamera utama Samsung Galaxy M34 5G menghasilkan gambar di resolusi 12,5 MP. Berikut beberapa hasil foto yang kami ambil menggunakan kamera utama Samsung Galaxy M34 5G:

Di Indonesia, Samsung Galaxy M34 5G ditawarkan dengan harga Rp4.099.000, konsumen bisa mendapatkan diskon menjadi Rp3.999.000 dan gratis adaptor 25W padaflash saledi Lazada dan Samsung.id pada 7 sampai 12 November 2023.