Review Singkat Asus ROG Ally X: Versi Upgrade, Kini Lebih Sempurna

pada 8 hari lalu - by

Uzone.id -KapanAsus ROG Ally Xdijual resmi di Indonesia, akhirnya terjawab sudah. Asus Indonesia memastikan, konsol gaming handheld berbasis Windows 11 itu bakal diluncurkan resmi pada Kamis (22/8) mendatang. 

Jelang peluncurannya, Asus mengundang timUzone.iddan beberapa media Indonesia lainnya untuk mencoba langsung versi upgrade dari Asus ROG Ally ini.

Asus ROG Ally X ini ternyata mendapatkan banyak peningkatan, kebanyakan hasil masukan dari para pengguna, termasuk reviewer yang telah mencoba Asus ROG Ally generasi pertama. 

Pembaruannya gak sebatas ganti jenis memori dan memperbesar kapasitas baterai saja, tapi lebih dari itu. Nah, berikut review singkatAsus ROG Ally X, yang bisa kalian dapatkan dengan harga Rp13.999.000 di Indonesia.

 

 

Lebih layak disebut konsol handheld

Asus ROG Ally punya kelir warna putih yang agaknya kurang pas dengan aura Asus ROG yang umumnya meluncurkan perangkat gaming berwarna hitam. Asus juga mungkin baru merasakan ‘anehnya’ warna ini ketika baru meluncurkan ROG Ally, “ngapain warna putih ya?” mungkin begitu pikir tim Asus saat melihat ROG Ally.

Dan sekarang, Asus menggunakan warna aslinya pada ROG Ally X. Perangkat ini diberikan kelir hitam dengan teksturmatteyang halus.Form factor-nya kurang lebih sama, begitu juga denganlayoutkontrol yang cukup mirip dengan Asus ROG Ally.

Asus membuat ROG Ally X dibuat lebih berat dari sebelumnya. Bobotnya 70 gram lebih berat dari ROG Ally, tepatnya 678 gram. Tapi entah kenapa, meski lebih berat, konsol ini malah lebih enak buat digenggam. 

Masih ramah buat tangan - gak pegal saat main game lebih dari 30 menit pakai ROG Ally X. 

Layout kontroler Asus ROG Ally X masih sama dengan sebelumnya. Layar 7 inci diapit oleh kontroler pada kiri dan kanannya, yang terdiri dari dua analog, D-Pad ala Xbox, sertatriggerlain seperti RB\LB dan RT\LT, tombol Armoury Crate dan Command Center, tombol Select, tombol View, hingga M1/M2 yang terletak di bagian bawah konsol.

Khusus tomboltrigger, dibuat lebih melengkung sehingga lebih enak saat ditekan. Dan M1/M2, bentuknya lebih kecil dari sebelumnya. Kata Asus, banyak masukan dari gamer agar ukuran tombol ini diperkecil, karena sering terpencet. 

Sama halnya, analog di perangkat ini dilengkapi RGB yang tampilkan berbagai efek lampu dan warna yang bisa diatur via Armoury Crate. Ada banyak efek yang bisa diset, mulai dari Breathing, Cycle, dan lain sebagainya. Jika login dengan akun ROG yang sama, kalian dapat mengadopsi pencahayaan RGB dari perangkat lainnya via Aura Sync.

 

 

Kipas pendingin baru, lebih adem

Dulu, Asus ROG Ally langsung kenabullykarena banyaknya masalah pada sistemthermal. Banyak unit yang terbakar slot microSD-nya akibat sistem pendingin yang tak bisa menangani peningkatan suhu panas, dan karena komponen tersebut dekat denganexhaustpembuatan panas.

Asus belajar dari hal tersebut (yang juga sudah kami bahas di review Asus ROG Ally). Meski dari luar tampak sama, tapi Asus merombakmainboarddari ROG Ally X dibanding seri pendahulunya.

Asus ROG Ally punya sepasang kipas pendingin berukuran besar, begitu juga ROG Ally X. Ukurannya diperkecil, tapi dibuat lebih tebal yang dinilai lebih efisien untuk mendinginkan komponen bagian dalam.

Kemudian, Asus menambahkan satu lagi lubang pembuangan panas di bagian tengah. Sebelumnya,exhausttersebut tidak tersedia, membuat hawa panas malah berkumpul di area tengahboardyang bikin suhu perangkat meningkat cukup signifikan.

Dengan sistem pendingin yang baru, performa pendinginan dapat didongkrak berkat kemampuan mengalirkan udara 24 persen lebih baik dibandingkan dengan ROG Ally generasi sebelumnya, membuat suhunya bisa mencapai 6⁰ C lebih rendah.

Ubahan berikutnya, slot microSD tetap berada di dekat lubang pembuangan panas. Tapi, sekarang komponennya diletakkan di bawahmainboard, tidak lagi berada di dekat areaheat pipeyang membuat komponen tersebut lebih riskan terhadap panas.

Bicara ketersediaan port, sekarang tidak ada lagi port untuk ROG XG Mobile. Diganti oleh sepasang USB-C, terdiri dari 1x USB 3.2 Gen 2 yang mendukung DisplayPort atau power delivery, serta 1x USB 4 yang mendukung Thunderbolt 4, DisplayPort 1.4 with Freesync, dan Power Delivery 3.0. Terakhir, ada jack audio 3,5mm. 

 

 

Layar 7 inci, dukung Variable Refresh Rate (VRR)

Asus ROG Ally X punya layar IPS LCD seluas 7 inci dengan resolusi Full HD, serta sudah mendukung VRR sampai 120Hz. Aspek rasionya 16:9 yang agak lebar dan memanjang, dan diberikan lapisan Gorilla Glass Victus yang harusnya lebih tahan terhadap goresan-goresan halus.

Layarnya pun sudah sRGB 100%,response time7ms, FreeSync Premium, serta sanggup memancarkan konten hingga 500 nits. 

Masih AMD Ryzen Z1 Extreme, baterai lebih besar

Asus ROG Ally X masih ditenagai AMD Ryzen Z1 Extreme, masih sama dong? Memang prosesornya serupa, namun Asus kasihtweakpada memori penyimpanan dan RAM di ROG Ally X.

Asus ROG Ally X dibekali dengan memori penyimpanan berjenis M.2 2280 PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1 TB, atau dua kali lipat dari kapasitas ROG Ally sebelumnya. Slot SSD jenis ini menggantikan M.2 2230 pada ROG Ally. 

Memori jenis ini lebih cepat, serta lebih murah dan mudah untuk di-upgrade. Beda dengan sebelumnya, M.2 2230 lebih panjang dan besar, serta umum untuk ditemukan, memungkinkan pengguna memperluas kapasitas penyimpanan ROG Ally X.

Kabar baiknya, meng-upgradememori penyimpanan sendiri tak menghanguskan garansi. Namun tetap disarankan agar pengguna datang ke Asus Service Center untuk menambah kapasitas penyimpanan ROG Ally X.

Lalu, Asus ROG Ally X dilengkapi RAM yang lebih kencang dan memiliki kapasitas yang lebih besar, yaitu 24 GB LPDDR5X-7500. 

Baterai yang sebelumnya jadi kekurangan terbesar Asus ROG Ally, pada varian X diperbesar kapasitasnya. Asus meningkatkan kapasitas baterai menjadi hampir dua kali lipat, yakni 80 Wh. 

Asus ROG Ally X juga sudah menjalankan sistem Armoury Crate SE versi terbaru dengan Game Library yang dapat dikustomisasi, punya Control Panel Overlay, serta kemampuan import atau export Key Mapping.

 

 

Harga dan ketersediaan

Asus ROG Ally X akan tersedia di Indonesia pada 22 Agustus 2024 mendatang. Soal harga, Asus ROG Ally X dibanderol Rp13.999.000, gratis ROG Ally Premium Travel Case untuk setiap pembelian hingga 30 September 2024.