Review Singkat Asus Zenbook Duo: Laptop Dua Layar Banyak Fungsinya

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id -Berawal dari sebuah konsep bernama ‘Project Precog’,Asusterus menyempurnakan laptop dua layarnya hingga sekarang. Terbaru, ada Zenbook Duo dengan nomor model UX8406, laptop Asus yang mengusung konsepdual-screenyang benar-benar berbeda.

Asus memang sering menawarkanlaptopdengan dua layar OLED ke pasaran melalui seri Zenbook-nya. Sebagai contoh, Zenbook Pro 15 dengan ScreenPad atau Zenbook Pro Duo dengan ScreenPad Plus.

Kini, pabrikan asal Taiwan itu meluncurkan Asus Zenbook Duo (UX8406) yang mengusung dua layar berukuran 14 inci dengan resolusi yang tinggi. Gak main-main panel yang disematkan pada laptop ini, yakni OLED dengan resolusi 3K dan sudah mendukungrefresh rate120Hz.

Layarnya sudah berteknologi Asus Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision, Pantone Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat. 

Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 500 dan mendukung teknologitouchscreensehingga dapat digunakan bersama dengan stylus Asus Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

Satu perangkat untuk berbagai mode penggunaan, begitulah kira-kira Asus Zenbook Duo (UX8406) ini. Laptop ini menawarkan lima mode pemakaian, memungkinkan para penggunanya untuk benar-benar memaksimalkan sepasang layar OLED 3K pada Zenbook Duo (UX8406).

Mode paling standar adalah Laptop Mode. Jadi, Zenbook Duo punyadetachable keyboardyang diletakkan di atas layar sekunder. Keyboard tersebut terpasang bersama Pogo Pin, sehingga kalian tinggal pakai layaknya laptopclamshellpada umumnya.

Kalau keyboard-nya dilepas, kalian bisa mencoba tiga mode sekaligus. Pertama Laptop Mode dengan Virtual Keyboard yang akan menampilkan keyboard virtual lengkap dengantouchpad-nya. 

Kemudian bisa juga mengaktifkan Dual-Screen Mode dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi di belakang bodi, kemudian mengontrolnya menggunakan keyboard fisik yang otomatis tersambung via Bluetooth.

Lalu Desktop Mode, semacam menyulap Asus Zenbook Duo (UX8406) jadi ‘PC desktop dadakan’ yang menawarkan layar vertikal yang setara dengan monitor 19,8 inci. Mode ini sangat cocok untuk skenario penggunaan seperti menulis artikel, browsing, dan coding.

Mode lainnya adalah Sharing Mode, memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. 

Cukup buka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini, otomatis kedua layarnya akan saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung dalam konten yang sama.

Ringkas, performa AI powerful

Beda jauh dengan Zenbook 17 Fold OLED, laptop layar lipat tapi punyaform factorcukupbulkyyang tak ergonomis.Asus Zenbook Duo (UX8406)justru sebaliknya, laptop ini ringkas dan enteng buat dibawa bepergian.

Bobot totalnya dengan keyboard sekitar 1,65 kg, sementara bila tanpa keyboard hanya 1,35 kg saja. Sementara untuk tebalnya, hanya 14,6 mm bila tanpa keyboard atau 19,9 mm jika kalian melipat laptop dengan keyboard di tengah-tengahnya.

Pada bodinya yang lumayan ringkas ini, disematkan dapur pacu yang bertenaga, terutama bila kita berbicara soal kinerja AI atau kecerdasan buatan. 

Asus Zenbook Duo (UX8406) ditenagai prosesorIntel Core Ultra 7 155Hterbaru yang dilengkapi chipneural processing unit(NPU) yang secara spesifik dapat mempercepat proses atau aplikasi yang berbasis AI. RAM-nya 16 GB dengan ruang penyimpanan 1 TB serta baterai dengan kapasitas 75 Whr.

Semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI, semisal AI Copilot, Gemini, ChatGPT, atau mengaktifkan ragam fitur berbasis AI di aplikasi MyAsus, dapat berjalan dengan baik berkat adanya NPU tanpa menguras daya secara berlebihan.

Selain itu, prosesor Intel Core Ultra 7 155H juga dibekali chip grafis Intel Arc yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel generasi sebelumnya. 

Chip grafis Intel Arc juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern sepertireal-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Di Zenbook Duo (UX8406), Intel Arc tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, tetapi juga video encoding yang tentunya sangat penting untuk para konten kreator.

Laptop ini juga sudah bersertifikasi Intel Evo, memberikan jaminanbattery lifetimeyang lebih baik, kemampuan mumpuni untuk multitasking, serta desain yang ergonomis. 

Berikut ini tabel spesifikasi lengkap dari Asus Zenbook Duo (UX8406) yang resmi dijual di Indonesia dengan harga Rp33,9 jutaan.

Spesifikasi Asus Zenbook Duo (UX8406)

CPU

Intel Core Ultra 7 Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with Intel AI Boost NPU

OS

Windows 11 Home

RAM

16 GB LPDDR5X

Memori

1 TB M.2 NVMe PCIe 4.0 Performance SSD

Display

Dual 14-inch ASUS Lumina OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support

GPU

Intel Arc Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.3

Kamera

FHD camera with IR and Ambient Light Sensor function, support Windows Hello, support Windows Studio Effect

Audio

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Baterai

75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

31.35 x 21.79 x 1.46 ~ 1.99 cm

Berat

1.35 Kg (laptop)

0.3 Kg (keyboard)

Harga

Rp33.999.000

Garansi

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty