icon-category Gadget

MWC 2024: Lenovo Pamer Laptop Layar Tembus Pandang, Begini Bentuknya

  • 27 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – MWC (Mobile World Congress) 2024 sudah resmi dibuka di Barcelona semenjak Senin, (26/02) kemarin. Diikuti puluhan brand dari seluruh dunia, MWC 2024 menjadi ajang pamer inovasi teknologi terbaru.

Lenovo jadi salah satu brand yang memamerkan inovasi mereka mengenai layar laptop. Kalau biasanya kita sering melihat layar transparan di film science-fiction, Lenovo membawa konsep ini ke dunia nyata.

Perangkat ‘fiksi’ yang dipamerkan Lenovo kali ini adalah sebuah perangkat laptop bernama ThinkBook Transparent Display Laptop, sebuah notebook berukuran 17,3 inci dengan layar transparan tembus pandang.

alt-img

Melansir dari The Verge, Selasa, (27/2), layar laptop ini merupakan layar MicroLED 17,3 inci tanpa bezel, dengan begini laptop tersebut memiliki transparansi hingga 55 persen saat pikselnya dimatikan atau di-setting menjadi hitam. 

Sayangnya, layar ini tidak 100 persen jernih, karena saat pikselnya menyala mereka akan semakin tidak tembus pandang dan menampilkan permukaan putih dengan kecerahan 1000 nits.

alt-img

Selain itu, ada hal yang jadi tantangan soal layar tembus pandang ini. Laptop ini dirancang untuk menampilkan teks daripada gambar, makanya resolusi dari laptop dengan konsep ini jadi sebuah challenge tersendiri.

Masih melansir dari sumber yang sama, Lenovo memilih panel MicroLED daripada OLED untuk resolusi yang lebih tinggi, yakni 720p. Jika menggunakan OLED, AG Zheng selaku direktur eksekutif produk dan solusi SMB Lenovo mengatakan resolusinya akan serendah 480p saja.

Tidak hanya mengandalkan layar tembus pandang, Lenovo ThinkBook Transparent Display Laptop juga dibekali dengan kamera kecil di bagian belakang untuk pengenalan objek.

alt-img

Laptop Lenovo juga memiliki keyboard layar sentuh datar, bukan keyboard fisik dengan tombol yang dapat Anda rasakan dan tekan. Selain berfungsi seperti keyboard, alas laptop ini juga dirancang sebagai tablet gambar bagi para seniman.

Sangat futuristik ya?

Sayangnya, laptop transparan ini masih dalam bentuk konsep nih, Uzoners. Masih belum yakin apakah laptop ini nantinya bisa dikomersilkan atau tidak. Pasalnya, Lenovo juga sempat membuat konsep smartphone transparan pada tahun 2015 lalu lewat Zuk Mobile, tapi sampai sekarang belum dirilis secara publik. 

Tahun lalu, Lenovo juga memamerkan laptop gulung mereka di acara yang sama, tapi belum ada kabar soal perilisan laptop futuristik ini. Maka dari itu, kita harus banyak bersabar untuk menunggu laptop layar transparan ini di pasaran.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini