Sejak Awal Gmail Menukar Privasi dengan Layanan Gratis

pada 7 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Jauh sebelum Gmail menjadi cukup pintar untuk menyelesaikan kalimat kita melalui tambahan fitur kecerdasan buatan, layanan email dari Google yang kini sudah digunakan dimana-mana, suka atau tidak yang menentukan era internet. Kita sering tidak menyadarinya,  isi bunyinya adalah kira-kira begini“jika Anda tidak membayar untuk suatu produk, Anda adalah produknya”

Ketika Gmail diumumkan pada tanggal 1 April 2004, janji-janji luhurnya dan waktu peluncurannyadilaporkanmembuat orang berasumsi bahwa itu hanya lelucon, ya karena saat itu bertepatan dengan April Mop, Ketika semua orang dimaklumi untuk berbohong.

Walaupun Gmail Ini bukanlah penyedia email berbasis web pertama — Hotmail dan Yahoo! Mail telah ada selama bertahun-tahun sebelum Gmail.

 

 

Namun saat itu, Gmail menawarkan layanan yang lebih cepat, pengelompokan percakapan otomatis untuk pesan, fungsi pencarian terintegrasi, dan penyimpanan sebesar 1 GB, yang pada saat itu merupakan lompatan besar dalam penyimpanan cloud pribadi.

Googledalam siaran persnya menyatakan bahwa satu gigabyte “lebih dari 100 kali lipat” dari apa yang ditawarkan pesaingnya. Dan semua itu gratis. Sekali lagi gratis.

Namun, seperti yang telah diajarkan oleh Gmail dan banyak perusahaan teknologi lainnya, tidak ada yang benar-benar gratis.

Penggunaan Gmail memiliki konsekuensi yang kini menjadi hal yang lumrah:"Anda mendapatkan akses ke layanannya, dan sebagai imbalannya, Google mendapatkan data Anda"

Secara khusus, perangkat lunaknya dapat memindai konten email dari si pemegang akun dan menggunakan informasi tersebut untuk menayangkan iklan yang dipersonalisasi kepada mereka di sidebar situs. Terlepas itu baik atau buruk karena saat itu menimbulkan perdebatan, ini adalah pendekatan yang inovatif.

 

 

“Tergantung pada pendapat Anda, Gmail mungkin terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, atau merupakan puncak arogansi perusahaan, terutama yang datang dari perusahaan yang motonya adalah 'Jangan Menjadi Jahat,'” tulis jurnalis teknologi Paul Boutin untukSlate.

Ketika Gmail diluncurkan, Boutin, salah satu penguji media di awal kemunculan Gmail, menulis dengan baik tentang pemindaian email Google tetapi menyarankan perusahaan tersebut menerapkan cara bagi pengguna untuk memilih tidak ikut serta agar mereka tidak menolaknya sepenuhnya.

Terdapat reaksi balik secara langsung dari mereka yang menganggap Gmail sebagai mimpi buruk privasi.

Namun Gmail terus berkembang — dan menghasilkan banyak kehebohan, berkat statusnya  yang hanya untuk undangan pada beberapa tahun pertama diluncurkan, yang mendorong para pencari cuan mencari kesempatan dengan menjual lagi undangan ini dengan harga lebih dari USD150 per undangan, menurutTime.

Google melanjutkan praktik pemindaian email terkait iklan selama lebih dari satu dekade, meskipun menimbulkan pro dan kontra, terus berlanjut hingga peluncuran Gmail ke publik pada tahun 2007 dan hingga tahun 2010-an, ketika Gmail benar-benar mulai mendapatkan daya Tarik yang luas dari para pengguna internet.

Dan kenapa tidak? Jika Gmail membuktikan sesuatu yang berbeda, sebagian besar orang akan menerima persyaratan tersebut. Atau setidaknya tidak cukup peduli untuk membaca rinciannya dengan cermat.

Pada tahun 2012, Gmailmenjadi layanan email terbesar di dunia, dengan 425 juta pengguna aktif hanya dalam kurun waktu kurang dari satu dekade.

Situs-situs lain mengikuti jejak Google, memasukkan kesepakatan serupa ke dalam persyaratan layanan mereka, sehingga penggunaan produk oleh orang-orang secara otomatis berarti persetujuan terhadap pengumpulan data dan bentuk pembagian tertentu.

Seperti Facebook yangmulai mengintegrasikan iklan bertargetberdasarkan aktivitas online penggunanya pada tahun 2007, dan praktik tersebut telah menjadi pilar kesuksesan media sosial.

Namun, banyak hal telah berubah dalam beberapa tahun terakhir, dengan meningkatnya masyarakat yang lebih paham teknologi dan meningkatnya pengawasan dari regulator.

Pengguna Gmail berulang kali mencoba mengajukantuntutan hukum class actionatasmasalah pemindaianisi Gmail tersebut, dan pada tahun 2017, Google akhirnya menyerah. Pada tahun itu,perusahaan mengumumkanbahwa email pengguna Gmail biasa tidak lagi dipindai untuk personalisasi iklan, sebelumnya akun Gmail perusahaan berbayar sudah mendapatkan perlakuan ini.

Google, tentu saja, masih mengumpulkan data pengguna dengan cara lain dan menggunakan informasi tersebut untuk menayangkan iklan yang sangat relevan.

Gmail sejatinya masih memindai email juga, baik untuk tujuan keamanan dan untuk mendukung beberapa fitur cerdas lainnya. 

Dan perusahaan tersebut mendapat kecaman lagi pada tahun 2018 setelahThe Wall Street Journalmengungkapkan bahwa merekamengizinkan pengembang pihak ketigauntuk menjaring kotak masuk Gmail pengguna, yang ditanggapi oleh Google dengan mengingatkan pengguna bahwa mereka mempunyai wewenang untuk memberikan dan mencabut izin tersebut melalui ketentuan dan kebijakan yang disetujui oleh pengguna.

Seperti yang ditulis oleh reporterCNETLaura Hautala dan Richard Nieva, tanggapan Google kurang lebih bermuara pada: “Inilah yang Anda daftarkan. Inilah Risikonya"

LaporanWall Street Journalmenyebutkan bahwa ada dua aplikasi yang diberi akses oleh Google untuk membaca e-mail pengguna. Pertama, aplikasi dari Return Path yang menganalisis kotak surat (inbox) untuk ujuanpemasaran (marketing). Perusahaan ini disebut telah mengakses lebih dari 8 ribu e-mail selam dua tahun ini unutk mengembangkan sistem tersebut.

Kedua adalah aplikasi dari Edison Software yang mengakses ‘ribuan’ e-mail unutk melatih aplikasi ‘Smart Reply’-nya yang berbasiskan teknologimachine learning.

 

 

Seperti diketahui, pengguna dapat mengatur berbagai konfigurasi Gmail melalui tombol ‘Settings’ yang ada di kanan atas halaman Gmail. Masalahnya, langkah untuk lebih lanjut mengatur level privasi/keamanan ini tidak banyak dilalkukan kebanyakan pengguna.

Google juga menyatakan bahwa mereka telah mengatur agar konfirmasi akses aplikasi sejenis ini ditampilkan secara eksplisit agar pengguna mengetahuinya secara jelas. Dengan demikiam, pengguna Gmail menegathui dengan sadar mekanisme yang terjadi di ‘belakang layar’.

Sebenarnya, pengguna yang mendaftar adalah platform email mutakhir yang berjalan di sekitar layanan lain pada saat itu, dan dalam banyak hal masih demikian. Hal ini membuat masalah privasi, bagi sebagian orang, lebih mudah untuk diterima.

Sejak awal,Gmail menetapkan standar yang cukup tinggidengan rangkaian fitur gratisnya. Pengguna tiba-tiba dapat mengirim file hingga 25MB dan memeriksa email mereka dari mana saja selama mereka memiliki akses ke koneksi internet dan browser, karena email tersebut tidak dikunci untuk aplikasi desktop.

Ini mempopulerkan cloud serta teknik Javascript AJAX,Wiredmencatat dalam sebuah artikel untuk peringatan 10 tahun Gmail. Hal ini menjadikan Gmail dinamis, memungkinkan kotak masuk secara otomatis menyegarkan dan menampilkan pesan baru tanpa pengguna mengklik tombol. Dan itu kurang lebih menghilangkan spam, menyaring pesan-pesan sampah.

Ilustrasi (Unsplash)

 

Namun, ketika Gmail pertama kali diluncurkan, banyak yang menganggapnya sebagai pertaruhan besar bagi Google – yang telah memantapkan dirinya dengan mesin pencarinya.

“Banyak orang mengira ini adalah ide yang sangat buruk, baik dari segi produk maupun dari sudut pandang strategis,” pencipta Gmail Paul Buchheit mengatakan kepadaTIMEpada tahun 2014. Kekhawatirannya adalah hal ini tidak ada hubungannya dengan penelusuran web.

Segalanya berjalan baik-baik saja, dan dominasi Gmail semakin menguat. Gmailmelampaui angka satu miliar penggunapada tahun 2016, dan jumlahnya meningkat dua kali lipat.

Ini masih memimpin dalam inovasi email, 20 tahun setelah pertama kali online, mengintegrasikan fitur-fitur yang semakin canggih untuk membuat proses menerima dan menanggapi email (yang, sejujurnya, merupakan tugas sehari-hari yang menakutkan bagi banyak dari kita) jauh lebih baik, lebih mudah.

Gmail pada akhirnya mungkin telah mengubah pendekatannya terhadap pengumpulan data, namun preseden yang ditetapkannya kini sangat terkait dengan pertukaran layanan di internet; perusahaan mengambil data apa yang mereka bisa dari konsumen,selagibisa dan meminta maaf di kemudian hari.