Sinyal Indosat Hilang, Kebakaran di Gedung IOH Jadi Penyebabnya

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id– Sejak Sabtu (2/3), sinyal dan layanan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengalami gangguan. Dari pantauan, masalahini berlangsung hingga Minggu dini hari (3/3), dan beberapa pengguna mengalami gangguan serupa sampai hari ini (4/3).

Dari keterangan resmi, Indosat telah melakukan langkah pemulihan dan memastikan bahwa gangguan jaringan yang dialami pengguna sudah normal sepenuhnya.

“Kami informasikan bahwa gangguan layanan internet yang sempat dialami oleh sebagian pelanggan IM3 khususnya di wilayah Jabotabek dan Jawa Barat pada Sabtu 2 Maret malam sudah berhasil tertangani dengan cepat dan baik. Saat ini layanan internet IM3 sudah normal sepenuhnya dan lancar kembali,” tulis perusahaan dalam akun X resmi miliknya @Indosat pada Minggu (3/3).

 

Adapun penyebab dari gangguan sinyal ini berasal dari kebakaran di salah satu gedung perangkat Indosat Ooredoo Hutchison yang berlokasi di Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat.

“Kami informasikan bahwa saat ini sedang terjadi insiden kebakaran di gedung perangkat Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) di Jatiluhur,” tulis pihak Indosat.

Kebakaran ini diketahui berdampak pada terganggunya layanan selular seperti hilangnya sinyal, cek pulsa dan melakukan transaksi pembelian kuota bagi sebagian pelanggan IM3 khususnya di wilayah Jabotabek dan Jawa Barat semenjak Sabtu malam. 

Kejadian ini menjadi yang kedua kalinya di tahun ini untuk Indosat. Sebelumnya, kebakaran juga terjadi tepat pada awal 2024 kemarin, dimana gedung Pemancar Indosat Semarang terbakar dan menyebabkan gangguan pelanggan IM3 dan Tri di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sejak 1 Januari 2024.

 

 

Berhubung beberapa pengguna Indosat mengaku masih tidak bisa terhubung ke layanan Indosat, kalian bisa memeriksa gangguan jaringan Indosat dengan cara berikut ini:

  1. Buka menu panggilan dan ketik nomor Call Center Indosat di 185
  2. Hubungi nomor tersebut dan tunggu hingga tersambung dengan Customer Service
  3. Sampaikan keluhan mengenai gangguan layanan Indosat.

Selain itu, jika sinyal kalian tidak muncul walaupun jaringan sudah normal, kalian bisa mematikan lebih dulusmartphonekalian dan menyalakannya kembali. Jika masih tidak bisa, kalian bisa mengirim laporan ke Customer Service resmi Indosat di X yaitu @IndosatCare.