Spek Gahar MacBook Air 13 dan 15 inci Terbaru, Harga Mulai Rp17 Jutaan

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id -Laptop terbaruApple, MacBook Air 13 inci dan 15 inci meluncur ke pasaran global. Keduanya ditenagai prosesor anyar Apple M3 yang menyuguhkan performa jauh lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Menarik cara Apple mengumumkan kehadiran dualaptopterbarunya. Walau model ini masuk ke jajaran laptop paling laris saat ini, tapi Apple tidak mengadakan acara besar untuk merilis MacBook Air 13 inci dan MacBook Air 15 inci.

“MacBook Air adalah Mac kami yang paling populer dan dicintai, dengan lebih banyak pelanggan yang memilihnya dibandingkan laptop lainnya. Dan hari ini menjadi lebih baik lagi dengan chip M3 dan kemampuan baru,” kata Greg Joswiak, Senior VP of Worldwide Marketing Apple dalam situs resmi Apple.

Klaim Apple, MacBook Air generasi terbaru memberikan peningkatan performa sampai 60 persen lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya dengan chip Apple M1. Dibandingkan dengan MacBook Air berbasis Intel, performanya bahkan 13 kali lipat lebih cepat.

Walau kinerjanya makin kencang, daya tahan baterai MacBook Air terbaru diklaim tembus sampai 18 jam, atau enam jam lebih lama dibanding MacBook Air berbasis Intel. 

“Pengguna akan merasakan kecepatan luar biasa dalam segala hal yang mereka lakukan,” klaim Joswiak.

Laptop ini juga sudah mumpuni untuk menunjang para kreator konten maupun gamer. GPU pada Apple M3 sudah mendukungmesh shadingdanray tracingyang menawarkan pencahayaan, pantulan, dan bayangan yang lebih akurat untuk pengalaman bermain game yang realistis.

Kartu grafisnya sudah mendukung decode AV1, sehingga memberikan pengalaman video yang lebih efisien dan berkualitas tinggi dari layananstreaming.

Kinerja AI dengan Neural Engine

Bukan saja performa CPU dan GPU yang lebih cepat, kemampuan kecerdasan buatan (AI) pada MacBook Air 13 inci dan 15 inci terbaru juga lebih hebat. 

Dibekali chip Neural Engine 16-core, pengguna dapat mengaktifkan fitur kamera canggih, fiturspeech to textsecarareal-time, terjemahan, prediksi teks, dan berbagai fitur berbasis AI lain pada laptopnya.

Apple juga turut menghadirkan sejumlah fitur lain berbasis AI, seperti AI Math Assistance di Goodnotes 6, menyempurnakan foto secara otomatis di Pixelmator Pro, sampai menghilangkannoisepada video menggunakan CapCut.

Spesifikasi lainnya serta harga

MacBook Air 13 inci dan 15 inci terbaru mengusung panel Retina Display dengan intensitas cahaya mencapai 500 nits. Layarnya punya kedalaman hingga 1 miliar warna,pluspengguna dapat menampilkan konten pada dua monitor eksternal meski laptop ditutup, menyuguhkan resolusi yang lebih tinggi.

Laptop ini disematkan dua port Thunderbolt, jack audio 3,5 mm, webcam FaceTime HD 1080p dan tiga mikrofon, speaker dengan dukungan Spatial Audio dan DOlby Atmos, serta Touch ID.

MacBook Air terbaru dibanderol dengan harga mulai USD1.099 atau setara Rp17,3 jutaan untuk model 13 inci dan USD1.299 atau Rp20,4 jutaan untuk model 15 inci. Keduanya tersedia dalam empat warna, Midnight, Starlight, Space Gray, dan Silver.