Startup OYO Ubah Hotelnya jadi Tempat Inap Tenaga Medis

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menghadapi dampak virus corona atau COVID-19, jaringan akomodasi OYO Hotels and Homes Indonesia secara khusus mengalokasikan salah satu hotelnya sebagai tempat tinggal bagi para tenaga medis

Hal ini dilakukan agar mereka tetap bisa mendapatkan akomodasi dengan fasilitas yang layak dan nyaman untuk beristirahat selama masa bertugas.

“Di tengah pandemi ini, tenaga medis menjadi pihak yang paling berjasa. Mereka rela bekerja siang dan malam dengan jam kerja yang panjang, mengambil risiko hingga meninggalkan keluarga demi merawat pasien. Untuk itu, OYO secara khusus mengalokasikan sejumlah kamar di hotel kami bagi para pejuang kesehatan termasuk dokter, perawat dan petugas medis lainnya, guna mempermudah akses mereka untuk menginap, membersihkan diri, ataupun hanya sekedar melepas lelah di tengah kondisi sulit ini,” ujar Alfian Lim, Country Head OYO Hotels and Homes Indonesia, melalui keterangan resminya.

Baca juga: Pijar Sekolah, Platform Pembelajaran Seru

Inisiatif penyediaan akomodasi ini ditargetkan untuk staf dan tenaga medis di rumah sakit rujukan penanganan COVID-19, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto.

“Pandemi COVID-19 ini merupakan kejadian luar biasa yang mengharuskan para tenaga medis bekerja ekstra dan menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi ini. Selain lelah secara fisik dan mental, lokasi tempat tinggal yang cukup jauh dari rumah sakit juga menjadi salah satu hambatan di tengah kondisi saat ini,” ujar  Dirbinum Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Kolonel dr. Abraham Arimuko.

Baca juga:Pijar Mahir Telkom Siap Dukung Kartu Prakerja

Inisiatif ini sebelumnya juga telah diberlakukan di berbagai wilayah operasional OYO yang terdampak COVID-19 seperti India, Malaysia, dan Amerika Serikat. Supaya para staf hotel dapat bekerja dengan tenang dan nyaman selama masa sulit ini, OYO juga memberikan pembekalan informasi oleh tenaga ahli medis untuk memastikan pemahaman yang tepat terkait virus corona.

Selain itu, untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para karyawan dan tamu tetap terjaga, OYO juga telah menerapkan standar prosedur operasional sesuai dengan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh sebelum check-in, penggunaan masker, penyediaan cairan hand sanitizer, mencuci tangan secara rutin serta melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kamar hotel sebelum tamu check-in dan setelah check-out, demi menjaga kamar tetap higienis.