Terniat, YouTuber Tes Flex Hinge Samsung Galaxy Z Flip5 Nonstop 6 Hari

pada 9 bulan lalu - by

Uzone.id -Niat abis yang dilakukan seorang YouTuber untuk menguji kemampuan Flex Hinge dari Samsung Galaxy Z Flip5. Seorang YouTuber asal Polandia bernama Mrkeybrd menghabiskan (setidaknya) enam harilivestreammenguji ketahanan engsel dan layar Samsung Galaxy Z Flip5.

Dalamlivestreambertajuk ‘The Great Folding Test Vol. II’ yang dimulai sejak Rabu (2/8) lalu, ia menguji ketahanan engsel dan layar Samsung Galaxy Z Flip5 dengan membuka tutup ponsel tersebut hingga rusak. Ia membandingkan daya tahan ponsel lipat Samsung itu dengan Motorola Razr 40 Ultra.

Bukan pakai mesin seperti pengujian standar ketahanan di pabrik-pabrik besar, YouTuber ini melakukannya secara manual dengan membuka tutup ponsel menggunakan tangan. 

 

 

Saking niatnyalivestreamini, proses pengujian itu tidak pernah berhenti dan terus berjalan selama 24 jam. Tentu saja, penguji bergantian melipat dan membuka kedua ponsel lipat itu setiap beberapa jam sekali.

Dari pengujian tersebut, Motorola Razr 40 Ultra tumbang duluan setelah dibuka tutup sebanyak 126.367 kali. Layar ponsel ini mati total, tak berfungsi, dan meninggalkan garis putih di atas dan tepian kiri layar. 

Tapi Samsung Galaxy Z Flip5, berdasarkan pantauan timUzone.idpada Rabu (9/8), masih bertahan meski sudah dibuka tutup sebanyak 384.196 kali. 

Layar tetap menyala, terlihat berfungsi dengan baik, walau Flex Hinge-nya sudah bermasalah setelah dibuka tutup lebih dari 223.000 kali. Engsel Samsung Galaxy Z Flip5 tidak bisa dibuka secara maksimal, membuat layar ponsel tidak terbuka dengan sempurna.

Pengujian ini membuktikanbuild qualitySamsung Galaxy Z Flip5 yang bahkan lebih baik dari klaim awalnya. 

Saat peluncuran, Samsung mengatakan kalau Flex Hinge dan layar Galaxy Z Flip5 bisa bertahan hingga 200.000 kali siklus buka tutup, dan klaim tersebut diverifikasi langsung oleh Bureau Veritas.

 

==PAGEBREAK==

Mekanisme engsel baru pada Galaxy Z Flip5 memang jadi salah satu kebanggaan yang digembar-gemborkan Samsung. Gak cuma bikin layar ponsel dapat dilipat sepenuhnya dan zero gap alias tanpa celah, engsel yang baru bikin kedua smartphone lipat ini juga jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Klaim itu bukan sekadar omongan belaka. Samsung sudah melakukan banyak tes ketahanan untuksmartphoneini, seperti membuka tutup ponsel menggunakan mesin, dibanting cukup keras ke permukaan, direndam dan disemprot untuk membuktikan rating IPX8, dites goresan, hingga ditimpa bola baja tempat pada layarnya.

Samsung Galaxy Z Flip5 sensiri telah resmi dijual di Indonesia. Samsung mematok harga Galaxy Z Flip5 di angka Rp15.999.000 untuk model 8/256 GB dan Rp17.999.000 untuk varian 8/512 GB.