Tips Lindungi Smartphone Saat Musim Hujan Biar Gak Kemasukan Air

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Meskipun masih musim hujan, tapi kegiatan di luar ruangan tetap jalan. Apalagi buat para pelajar, mahasiswa, sampai pegawai kantoran, meskipun hujan tetap harus berangkat untuk menjalani aktivitas di sekolah, kampus, ataupun kantor.

Kebanyakan dari kalian biasanya menggunakan kendaraan motor roda dua atau angkutan umum untuk berangkat beraktivitas menjalankan kegiatan tersebut. Tapi, harus ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat kalian terpaksa menerjang hujan.

Smartphonesalah satunya. Saat menembus derasnya hujan, keamanan dan keselamatansmartphonesangat penting untuk jadi perhatian. Apalagi kalau kalian yang sangat bergantung kegadgetsatu ini, jangan sampai rusak gegara kemasukan air hujan deh.

Nah, berikut ini timUzone.idkasih beberapa tips untuk melindungismartphonesaat musim hujan, biar ponsel kesayangan kalian tetap aman dari kemasukan air yang bikin komponen di dalamnya tak rusak.

Baca juga:MWC 2023: Tak Ada Plastik Lagi di Kemasan Smartphone Oppo

1. Pakaicasinganti air

Tips pertama cocok buat kalian yang sering bepergian pakai angkutan umum seperti KRL dan busway, lalu lanjut ke kantor atau sekolah pakai ojekonline. Gunakancasingwaterproofbuat melindungismartphonedari air hujan.

Casinganti air untuksmartphonebanyak kok tersedia di tokoonlinedengan harga Rp20 ribuan saja. Umumnya,casingseperti ini memilikiziplockjuga, jadi ponsel yang disimpan di dalamnya terlindungi secara keseluruhan.

Dan lagi, kalau kalian terpaksa memakaismartphonesaat menerjang hujan, plastik daricasingmemungkinkan kalian menggunakan ponsel. Hanya saja, terkadang layarsmartphonejadi kurang responsif.

2. Tidak menggunakan ponsel saat hujan

Kalau ini sih harusnya kalian tau ya. Kalau gakurgent, sebaiknya jangan menggunakansmartphonesaat hujan turun. 

Dismartphoneada beberapa celah yang berpotensi kemasukan air, sepertiportmikrofon di bagian atas, celah pada tombol,earpiecedi bagian atas layar, sampaiportmikrofon, jack audio, USB-C di bagian bawahnya.

Ketika air masuk melalui celah tersebut, bisa saja membuat komponen bagian dalam sepertimotherboardmengalami kerusakan dan membuat ponsel pun mati total.

Baca juga:MWC 2023: Oppo Find N2 Flip Resmi Dipasarkan, Harga Rp15 Jutaan

3. Jangan simpansmartphonedi saku

Walau kalian mengenakan jas hujan yang tebal, tidak dianjurkan untuk menyimpan ponsel di kantong baju atau celana saat menerjang derasnya hujan. Apalagi kalau jas hujan yang kalian pakai tidak dengan baik mencegah air masuk ke dalam. 

Hal ini berpotensi membuat air merembes ke permukaan kain baju atau celana, dan akan membasahismartphonekalian dalam waktu yang lama.

4. Simpan di dalam tas

Ilustrasi foto: iStock

Menyimpansmartphonedi dalam tas bisa mencegahsmartphonekemasukan air saat kehujanan. Di bagian dalam ya, bukan di bagian samping, depan, atas, dan bawah.

Sama halnya seperti menyimpan ponsel di dalam kantong celana atau baju, bisa saja air merembes ke dalam tas dan masuk ke celah-celahsmartphone.

Makin bagusnya lagi, sebelum dimasukkan ke delam tas, lindungismartphonedengan kantong khusus anti air seperticasing waterproofterlebih dahulu.

Baca juga:MWC 2023: Koneksi Satelit iPhone 14 Jadi Fitur Mainstream di Android

5. Cepat keringkan jika terkena air

Ilustrasi foto: Electrodry

Kalau sudah terlanjur terkena air hujan, langsunggercepbuat mengeringkansmartphonekesayangan. Matikansmartphonekalian sesegera mungkin, kemudian keringkan menggunakan lap atau kain yang bersih.

Lantaran baterai ponsel saat ini rata-rata sudah ditanam aliasunibody, segera timbunsmartphonemenggunakansilica gelatau beras. Keduanya mampu menyerap kelembaban sehingga bagus untuk mencegah terjadinya pengembunan pada perangkat elektronik.

Oiya, hindari menggunakanhair dryeruntuk mengeringkansmartphone, apalagi menjemurnya di bawah sinar matahari karena menyebabkan suhu komponen di dalamsmartphoneakan meningkat dan menyebabkan kerusakan lainnya.