Tonton Netflix di Rumah Aja, Atur Parental Controls dengan Cara Ini

pada 4 tahun lalu - by

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Uzone.id- Telkom Group telah membuka blokir Netflix pada Selasa (7/7). Seluruh pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan Wifi.id sudah bisa mengakses layanan streaming konten asal Amerika Serikat itu dengan leluasa.

Netflix menyajikan beragam tayangan untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk memberikan kontrol penuh kepada orang tua terkait konten bagi anak, Netflix juga telah lama menghadirkan fitur Parental Controls. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur tayang sesuai umur.

Baca juga:Kominfo Harap Telkom dan Netflix Kolaborasi Lebih Jauh, Bangkitkan Konten Indonesia

Di dalamnya ada pengaturan yang cukup rinci terkait pengguna. Fitur ini juga mendukung nomor PIN, agar orang tua bisa memiliki kontrol penuh dalam memantau tayangan untuk anak.

Bila ingin menonton Netflix di rumah saja bersama keluarga, jangan lupa mengaktifkan fitur Parental Controls. Untuk mengaktifkannya, kalian bisa menerapkan pengaturan berikut ini tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

  1. Login akun Netfix dari laptop atau PC.
  2. Pilih ikon profil manapun > klik opsi di pojok kanan > pilih Settings.
  3. Pilih Account Details di bawah Account.
  4. Kamu akan diarahkan ke situs Netflix langsung.
  5. Di kolom Settings, klik Parental Controls.
  6. Masukan password Netflix > diarahkan ke laman Parental Controls.
  7. Buat PIN sesuai keinginan.
  8. Di laman Parental Controls, pengguna bisa mengatur pembatasan manual yang sudah terkategori berdasarkan usia, dari tujuh tahun ke atas, 13 tahun ke atas (remaja), 16 ke atas (dewasa), dan Little Kids atau semua usia.

Klasifikasi usia tersebut sudah diatur berdasarkan Motion Picture Association of America (MPAA) dan sistem rating televisi yang berlaku di Amerika Serikat, mengingat layanan ini bermarkas di Los Gatos, California.

Opsi usia tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan, entah PIN Parental Controls hanya untuk klasifikasi remaja saja, anak-anak saja, atau semua klasifikasi diwajibkan memasukan PIN dari awal.

Baca juga:Telkom Buka Blokir Netflix, Kominfo Sambut Positif dan Tetap Pantau Konten

Selain itu, di kolom paling bawah dari Parental Controls ada opsi Restrict Specific Titles. Ini merupakan fitur untuk membatasi judul-judul film atau serial tertentu yang mungkin dirasa terlalu vulgar, kontroversial, atau memang harus mendapat persetujuan terlebih dahulu bagi siapapun yang ingin menyaksikannya.

VIDEO: Samsung Galaxy S20+ Edisi BTS Unboxing