XL Axiata Bebenah Hadapi Lonjakan Trafik di Ramadan dan Lebaran 2023

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Beberapa persiapan dilakukan XL Axiata guna menyambut bulan suci Ramadan dan libur mudik lebaran, seperti meningkatkan kapasitas dan penguatan jaringan di jalur-jalur utama pulang kampung di berbagai daerah untuk mengantisipasi lonjakan trafik data.

Disampaikan Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, perusahaan telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama Ramadan maupun libur panjang lebaran.

“Biasanya di kedua momen tersebut trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan. Kami memprediksi, sepanjang Ramadan hingga lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa,” jelasnya, dalam keterangan resmi yang diterimaUzone.id.

Ia menambahkan, Kenaikan trafik data sepanjang Ramadan dan lebaran Idul Fitri tidak terlepas dari perubahan perilaku pelanggan. Pada kedua momen tersebut, masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan pertemuan-pertemuan tatap muka secaraonlinedengan keluarga dan kerabat, komunitas, dan teman-teman yang sudah lama tidak saling bertemu. 

Baca juga:Smartfren Prediksi Lonjakan Trafik Ramadan dan Mudik 2023 Sentuh 15 Persen

Selain itu, banyak layanan digital yang menyajikan hiburan dan media sosial yang bisa menjadi sarana bagi masyarakat dan pelanggan untuk mengisi masa liburan panjang.

“Sarana digital menjadi salah satu solusi bagi masyarakat, termasuk pelanggan XL Axiata, untuk menjalin silaturahmi,” terang Gede.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data, XL Axiata tak cuma meningkatkan kapasitasbandwidthsaja, tapi juga mengoptimalkan jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur lebaran. 

Makanya, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus. 

"Saat ini, di hari normal biasa, jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal," imbuh Gede. 

Sejumlah langkah untuk memaksimalkan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada tren penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang lebaran. 

“Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata,” kata Gede.

Baca juga:Telkomsel Sabet 3 Penghargaan Ookla Speedtest Awards 2022, Apa Saja?

XL Axiata juga telah menyiapkan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan. 

Dilakukan juga pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. 

“Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC),” pungkasnya.