icon-category Gadget

Android TV 13 Dirilis, Developer Pasti Suka Banget

Ilustrasi smart TV (Foto: Nicolas J Leclercq/Unsplash)

Uzone.id - Google telah menggulirkan sistem operasi terbaru buat smart TV berbasis Android, yakni Android TV 13. Akan tetapi, sistem operasi ini belum dikhususkan untuk pengguna atau end user, melainkan masih fokus memudahkan developer untuk menyesuaikan aplikasi mereka di sistem operasi yang baru.

Jikapun Google sudah menyebarkan update software secara OTA atau over the air, pastinya upgrade yang diberikan untuk end user masih sedikit, karena sebagian besar tambahan baru yang dibawa Android TV 13 bersifat backend untuk developer.

Beberapa fitur baru seperti resolusi dan refresh rate smart TV yang mendukung dengan sumber input dari HDMI akhirnya bisa disesuaikan oleh pengguna. 

Baca juga: Cara Scan Siaran Digital di Smart TV dan TV Analog dengan STB

OS terbaru itu juga punya fitur penghematan daya pada tingkat OS, termasuk metode hemat daya dimana perangkat dapat menjeda pemutaran konten saat sinyal HDMI berubah, istilahnya ‘low powered standby’.

Di Android TV 13, developer dapat memanfaatkan API AudioManager yang mendukung teknologi anticipatory audio route. Teknologi ini dapat mengantisipasi dukungan atribut audio pada perangkat, kemudian menyiapkan trek yang sesuai untuk perangkat audio yang aktif.

API lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah Keyboard Layouts yang memungkinkan pemilihan tata letak bahasa yang berbeda untuk keyboard eksternal. Pemetaan tombol pada controller juga diterapkan pada API ini, sehingga memudahkan developer khususnya pengembang game yang untuk smart TV.

Baca juga: Faktor Penyebab Set Top Box Meledak dan Cara Mencegahnya

Fitur lainnya, peningkatan privasi dan keamanan seperti memudahkan pengguna mengontrol hak akses mikrofon pada remot TV yang terhubung ke asisten digital. Juga, developer bisa menggunakan API audio descriptions agar membuat pengguna mengaktifkan deskripsi audio di semua aplikasi, sesuai preferensi bahasa mereka.

Seperti yang sudah kami bilang di awal, mungkin bakal lebih lama waktu bagi konsumen untuk mendapatkan update ke Android TV 13 bagi smart TV mereka. Sementara buat kalian para developer, dapat mengakses rilis lengkap OS pada ADT-3 dev kit atau Android Emulator for TV yang disediakan Google.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini