icon-category Gadget

Faktor Penyebab Set Top Box Meledak dan Cara Mencegahnya

Bagikan :

Uzone.id - Viral dugaan STB atau set top box yang meledak di media sosial. Dari pantauan tim Uzone.id, disebut penyebabnya lantaran perangkat pembantu untuk penayangan TV digital itu dinyalakan terus menerus sehingga overheat dan memicu percikan api, padahal STB semestinya dibuat agar dapat menyala dalam waktu yang lama.

Gadget enthusiast, Lucky Sebastian berpendapat, ada dua faktor yang kemungkinan menjadi penyebab mengapa perangkat seperti STB bisa meledak atau terbakar. Pertama, faktor internal yang berkaitan dengan kualitas komponen pada perangkat STB.

Menurutnya, komponen di dalam STB terbilang sederhana dan seharusnya tidak mudah panas. Bisa jadi, penyebab kenapa STB bisa meledak atau terbakar karena ada komponen perangkat yang cacat.

Bisa juga karena pemasangan komponen STB saat tahap produksi yang tidak sempurna, hingga quality control yang tidak menyeluruh.

Baca juga: Perbedaan STB dan Android TV Box, Jangan Salah Pilih!

“Komponen di dalam STB sebenarnya bisa dikatakan sederhana, seperti receiver saja, harusnya tidak serta merta mudah panas, dan kalaupun panas juga bisa bertahan,” jelasnya, kepada tim Uzone.id melalui pesan singkat.

Masalah ini juga bisa dipicu oleh faktor eksternal, yakni masalah kelistrikan. Ketiadaan ground yang memadai di rumah bisa menyulut masalah kelebihan muatan listrik. Padahal, ground sangatlah penting untuk membuang dengan cepat beban listrik berlebih ke tanah.

Ketika tegangan naik turun atau adanya pengaruh seperti petir, maka tanpa ground yang baik, kelebihan tegangan listrik bisa memengaruhi perangkat secara langsung.

Saat tegangannya terlalu tinggi, sistem pengaman pada perangkat tidak akan cukup kuat untuk menahannya, sehingga menyebabkan korsleting dan membuat perangkat terbakar hingga meledak. 

“Kemungkinan kelistrikan yang tidak bagus. Misalnya banyak rumah, apalagi yang sederhana, tidak memiliki ground yang bagus. Padahal ground ini penting untuk membuang kelebihan muatan listrik,” terang pendiri komunitas Gadtorade ini. 

Baca juga: Cara Scan Siaran Digital di Smart TV dan TV Analog dengan STB

Lucky pun menyatakan, pemerintah sebagai pemberi sertifikasi, harus mengecek secara berkala setiap perangkat yang berharga murah, terutama STB. 

“Semuanya agar tetap terjaga daya tahan dan keamanannya,” terang Lucky.

Cara mencegah perangkat STB meledak

Lucky juga turut membagikan langkah pencegahan agar perangkat elektronik seperti STB tidak meledak atau terbakar. Paling utama, sistem kelistrikan di rumah harus dirancang dengan baik.

"Pastikan kelistrikan di rumah bagus dengan ground yang baik," ucapnya.

Kemudian perangkat STB pastikan yang tersertifikasi pemerintah. Sebab, perangkat abal-abal bisa dengan mudah dipesan dari negara pembuat dengan harga yang kita minta, dan biasanya komponennya akan tidak lengkap atau berkualitas, terutama part keamanannya.

"Seringkali juga tidak bergaransi," pungkas Lucky.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini