icon-category Gadget

Antisipasi 'Tompel' iPhone 14 Pro Terlihat Aneh, Apple Bawa Fitur Ini

Uzone.id - Peluncuran iPhone generasi selanjutnya kian dekat. 7 September mendatang, Apple akan membawa empat model iPhone terbaru, termasuk iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max yang tampil dengan desain yang benar-benar berbeda.

Kedua smartphone tersebut hadir dengan desain ‘bertompel’ alias punch hole yang agak berbeda dengan ponsel Android kebanyakan. iPhone 14 Pro Series memiliki dua lubang kamera, di mana menjadi tempat bagi kamera selfie dan komponen TrueDepth Camera untuk Face ID.

Apple mungkin merasa, bakal ada segelintir pengguna yang melihat dua lubang kamera di bagian atas layar menjadi sesuatu yang tampak ‘aneh’. Oleh karenanya, Apple pun menghadirkan fitur yang menggabungkan dua lubang kamera ini menjadi satu bagian.

Fitur tersebut menghitamkan area piksel di antara dua potongan kamera tersebut, sehingga membuat seluruh area tampak sebagai satu bagian yang solid. Punch hole iPhone 14 Pro pun terlihat agak mendingan, walau sekarang terkesan mirip sebuah pilus berukuran kecil.

Baca juga: Fitur-fitur Baru yang Diharapkan Hadir di iPhone 14 Series

Fitur ini bocor beberapa waktu lalu, ketika salah seorang pengguna Twitter membagikan video cara kerjanya. Video tersebut sudah hilang dari Twitter, tapi beberapa leakster lainnya membagikan tampilan jelas ketika fitur ini diaplikasikan ke iPhone 14 Pro maupun 14 Pro Max.

Namun belum jelas apakah fitur tersebut akan permanen diterapkan pada seluruh sistem, termasuk aplikasi pihak ketiga atau tidak. Yang jelas, Apple sejauh ini berada di tahap finalisasi sebelum peluncuran resmi iPhone 14 Series pada 7 September mendatang.

Dengan desain punch hole, Apple pun dikabarkan akan mendesain ulang bilah status khusus untuk iPhone 14 Series. 

Dikutip dari GSMArena, nantinya info baterai akan ditampilkan di kanan atas layar, lengkap dengan simbol lokasi di sebelahnya. Sementara di sisi kiri, menjadi tempat bagi ikon sinyal jaringan dan informasi operator. 

Harga iPhone 14 Series bakal naik

Dari rumor sebelumnya, iPhone 14 Series secara umum bakal dijual dengan harga yang lebih mahal. Salah satu alasannya, kondisi ekonomi yang sulit dengan pasar smartphone yang cenderung menurun.

iPhone 14 standar mungkin jadi satu-satunya varian yang dijual lebih murah. Ponsel ini dibanderol USD50 atau Rp744 ribuan lebih murah dari iPhone 13 pada saat pertama kali dipasarkan.

Sedangkan tiga seri lainnya, dipastikan dijual dengan banderol harga yang lebih mahal. iPhone 14 Max misalnya, smartphone ini dilepas dengan harga mulai USD849 atau Rp12,6 jutaan. Selisih harganya cukup jauh dari model standar yang dipasarkan USD749 atau setara Rp11,1 jutaan.

Sementara varian Pro dan Pro Max, Apple mematok harga 50 dolar lebih mahal dari versi sebelumnya. iPhone 14 Pro dijual USD1.050 atau Rp15,6 jutaan, sedangkan 14 Pro Max dihargai USD1.150 atau Rp17,1 jutaan.

Baca juga: Prediksi Harga iPhone 14 Series

Strategi kenaikan dinilai merupakan ‘cara aman’ Apple dengan meningkatkan sedikit margin harga ponsel flagship terbarunya. Kendati begitu, Apple tetap memberikan upgrade spesifikasi yang lumayan besar untuk iPhone 14, 14 Max, 14 Pro dan 14 Pro Max.

Khusus untuk model Pro dan Pro Max, dipasangkan prosesor terbaru Apple A16 Bionic, RAM LPDDR5 dengan kapasitas besar, layar LTPO dengan fungsi always-on display, sampai sistem Face ID yang lebih baik lagi.

Sementara varian standar dan Max, prosesornya mungkin masih sama dengan iPhone 13, yakni Apple A15 Bionic. Meski demikian, beragam komponen di bagian dalamnya tetap ditingkatkan, seperti jenis RAM dan kapasitasnya, kamera, sampai kapasitas baterai.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini