icon-category Gadget

Fitur-fitur Baru yang Diharapkan Hadir di iPhone 14 Series

Uzone.id - Ada banyak deh bocoran terkait iPhone 14 Series, mulai dari desain, spesifikasi, sampai fitur baru yang kian canggih. Beberapa di antaranya ada yang sudah dikonfirmasi, namun masih ada juga rumor-rumor yang belum diketahui kebenarannya.

Apple menjanjikan upgrade yang cukup signifikan untuk jajaran iPhone 14 Series. Salah satu di antaranya adalah kehadiran iPhone 14 Max yang mengusung layar besar, tapi dijual dengan harga yang mahal.

iPhone generasi terbaru juga disebut-sebut akan berjalan di sistem operasi terbaru iOS 16 yang membawa rangkaian fitur baru, seperti Always-on Display misalnya. Tapi, apakah cukup sampai di sana saja upgrade yang diberikan Apple?

Well, berikut ini tim Uzone.id telah merangkum beberapa fitur baru yang mungkin akan dibawa oleh iPhone 14 Series. Penasaran apa saja, mending lihat daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Wujud iPhone 14 Pro Max dengan Warna Baru, Jadi Lebih Gelap

Baterai lebih tahan lama

Sejauh ini, Apple belum memberikan peningkatan dramatis pada masa pakai baterai iPhone dalam beberapa tahun. Kalau head-to-head dengan smartphone Android di kelasnya, kapasitas dan daya tahan iPhone bisa dibilang cukup tertinggal.

Namun di tahun ini, ada rumor yang menyebut bahwa iPhone 14 dan 14 Pro akan ditopang oleh baterai dengan kapasitas yang lebih besar. 

Dilansir dari 9to5Mac, iPhone 14 membawa baterai 3.279 mAh yang lebih besar dari iPhone 13. Sementara iPhone 14 Pro menggendong baterai 3.200 mAh yang juga meningkat dari iPhone 13 Pro.

Upgrade-nya seuprit sih, tapi setidaknya masa pakai baterai kedua iPhone yang baru itu bisa lebih panjang daripada generasi sebelumnya.

Baca juga: Apple Event Digelar 7 September, Bakal ada iPhone 14 dan Apple Watch 8

Fast charging

Bukan cuma baterai yang lebih jumbo, teknologi fast charging pada iPhone 14 terbaru juga bakal lebih cepat. Untuk pertama kalinya, baterai iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max dapat diisi dengan kecepatan maksimal 30W.

Sebelumnya, iPhone 13 Pro dapat mengisi daya maksimum 23W saat terhubung ke adaptor daya 30W, sementara iPhone 13 Pro Max 27W maksimal. Upgrade minor memang, namun setidaknya lebih kencang. 

Akan tetapi, kalau dibandingkan smartphone Android, teknologinya jauh tertinggal. Saat ini, ponsel Android kelas menengah saja sudah dilengkapi dengan fast charging 67W dan bahkan ada yang sudah 80W hingga 150W.

Makin tinggi kecepatannya, maka semakin cepat pula proses pengisian daya berlangsung.

Baca juga: Perhatian Apple Fanboy, Harga iPhone 14 Gak Jadi Naik Nih!

Reverse wireless charging

Foto: CNET

iPhone 12 dan iPhone 13 sebenarnya sudah mendukung reverse wireless charging, namun harus dipasangkan dengan casing MagSafe dengan dukungan teknologi Qi Wireless Charging. Lewat fitur ini, perangkat mampu mengisi daya baterai aksesori lainnya, seperti MagSafe Battery Pack misalnya.

Ketika aksesori tersebut dipasangkan ke bagian belakang iPhone, kemudian iPhone diisi dayanya, otomatis powerbank wireless tersebut terisi dayanya secara otomatis.

Ada spekulasi bahwa Apple dapat memperluas fungsi ini untuk memungkinkan pengguna mengisi daya perangkat lain, seperti AirPods dengan menempatkannya di bagian belakang iPhone. 

Tentu ini jadi salah satu fitur canggih yang dibawa oleh iPhone generasi terbaru, terutama bagi para pengguna aksesori Apple yang kebetulan harus mengisi daya perangkatnya.

Baca juga: iPhone 14 Series Bakal Laku Keras di ‘Rumah Xiaomi’

Transfer data lebih cepat

Last but not least, transfer data dengan port lightning yang lebih cepat. Ya, iPhone 14 Series masih menggunakan port bawaan Apple dan bukan USB-C.

Kemungkinan, port USB-C akan dihadirkan pada generasi iPhone di tahun depan, yakni iPhone 15 Series. Walau masih menggunakan lightning, namun kemampuan transfer datanya jauh lebih cepat dari sebelumnya.

iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max mengusung konektor lightning yang mendukung kecepatan khas USB 3.0, lebih baik dari konektor saat ini yang masih berbasis USB 2.0.

Baca juga: 15 Tahun yang Lalu, iPhone Lahir dan Mengubah Lanskap Smartphone

Dengan teknologi ini, lightning terbaru di iPhone 14 Series bisa melakukan transfer data hingga 5 Gbps. Kecepatan transfer data memang diperlukan, apalagi ada rumor kalau iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max punya kemampuan untuk merekam video 8K.

Itu dia beberapa fitur yang diharapkan bakal hadir pada iPhone 14 Series. Smartphone ini bakal meluncur pada Apple Event bertajuk ‘Far Out’ pada 7 September mendatang, dengan jadwal pre-order pada 9 September dan penjualan perdana di 16 September 2022.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini