home ×
Digilife

Apa Itu Snack Video ? Aplikasi Mirip TikTok yang Dilarang OJK

25 February 2021 By
Apa Itu Snack Video ? Aplikasi Mirip TikTok yang Dilarang OJK
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Snack Video merupakan aplikasi seluler yang dibuat oleh Beiking Kuaishou Technology Co.,Ltd. Di China sendiri, aplikasi ini bernama Kuaishou dan sudah punya basis kuat di sana.

Kuaishou didirikan oleh Su Hua dan Cheng YiXiao. Sebelum membuat Kuaishou, Shu Hua sempat bekerja di Google dan Baidu sebagai insinyur perangkat lunak. Perusahaan ini bermarkas di Distrik Haidian, Beijing.

BACA JUGA: Video Dayana Menghilang dari YouTube Fiki Naki

Sama halnya dengan TikTok, Snack Video juga platform video pendek bagi semua pengguna untuk merekam dan berbagi kehidupan mereka.

Pendahulu Kuaishou, GIF Kuaishou, didirikan pada Maret 2011. GIF Kuashou adalah aplikasi seluler yang dibuat untuk membuat dan berbagi gambar GIF.

Pada November 2021, Kuaishou berubah jadi komunitas video pendek. Pada Maret 2017, Kuaishou mendapat investasi USD350 juta atau sekitar Rp4,9 triliun (kurs Rp14.083 per USd1) yang dipimpin oleh Tencent. Pada Januari 2018, Forbes memperkirakan valuasi perusahaan mencapai USD18 milar atau sekitar Rp253,5 triliun.

Pada 2019, perusahaan mengumumkan kemitraan dengan People's Daily, surat kabar resmi Partai Komunis Tiongkok, untuk membantunya bereksperimen dengan kecerdasan buatan (AI) dalam berita.

Dilarang OJK

Satuan Tugas Waspada Investasi (Satgas SWI) menyatakan bahwa Snack Video tidak memiliki izin beroperasi di Indonesia. 

Aplikasi ini diduga menawarkan pendapatan bagi pengguna dengan cukup menonton dari unggahan pengguna lainnya. Selain itu, pengguna juga harus mengajak teman untuk bergabung di Snack Video.

Begitu juga Kepala OJK Sulawesi Tenggara (Sultra), Mohammad Fredly Nasution mengatakan kalau Snack Video telah dibahas oleh Satgas SWI dan dinyatakan aplikasi tersebut ilegal.

"Snack video telah dibahas dalam rapat SWI tanggal 18 Februari 2021 dan dinyatakan ilegal karena tidak ada izin dan diduga merupakan money game (permainan uang)," ujar Fredly, seperti dikutip Uzone.id dari Antara, Kamis, (24/2021).

VIDEO Unboxing Redmi 9T Seharga Rp2,39 Juta

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id