home ×
Gadget

Apa Jadinya Kalau Galaxy Z Fold 3 Punya S Pen?

26 October 2020 By
Apa Jadinya Kalau Galaxy Z Fold 3 Punya S Pen?
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi S Pen/foto: Uzone.id)

Uzone.id -- Ponsel layar lipat Galaxy Z Fold 2 yang dirilis pada Agustus kemarin memang membawa beberapa pembaruan dari versi perdananya, namun tetap belum mendukung S Pen. Lantas, apa jadinya kalau Galaxy Z Fold 3 tiba-tiba punya S Pen, ya?

Ternyata tidak sedikit yang berharap demikian.

Dari apa yang dipaparkan analis industri teknologi yang diwartakan The Elec, Samsung kemungkinan menukar teknologi yang diterapkan di stylus pintar S Pen agar dapat bekerja di seri Z Fold generasi selanjutnya. Teknologi yang dimaksud adalah dari electromagnetic resonance (EMR) menjadi active electrostatic solution (AES).

Baca juga: Baterai Sampai 7.000 mAh, Galaxy M51 Ponsel Gaming atau Bukan Sih?

Mengutip TechRadar, tidak ada perbedaan mencolok antara teknologi EMR dan AES dari pengalaman pengguna. Sementara dari sisi manufaktur, EMR dianggap lebih murah, namun tampaknya sedikit sulit bagi Samsung untuk mengintegrasikannya ke layar fleksibel seperti seri Galaxy Z Fold.

Selain itu, Samsung juga dirumorkan sedang berpikir untuk membuat ultra thin glass (UTG) dua kali lipat lebih tebal untuk Galaxy Z Fold 3, yakni 60 mikrometer agar dapat berfungsi dengan baik ketika ditekan menggunakan S Pen.

Galaxy Z Fold vs. Galaxy Note?
Ketika berbicara keberadaan S Pen, tentu tidak afdol jika tidak mengaitkannya dengan seri Galaxy Note yang khas dengan penggunaan S Pen.

Baca juga: Ini Penampakan Galaxy S21, Ada 4 Kamera

Sampai saat ini sih, belum ada bocoran apakah Samsung akan menghilangkan seri Galaxy Note dan menggantikannya dengan seri Galaxy Z Fold.

Kita tahu bahwa keduanya memiliki target pasar berbeda, dan soal S Pen yang akan dihadirkan untuk seri Z Fold tentunya masih sekadar bocoran belaka, karena banyak konsumen yang penasaran akan hal ini.

Galaxy Z Fold 2 baru meluncur pada Agustus kemarin dan tentunya Samsung masih punya banyak waktu jika memang betul-betul mempertimbangkan untuk menghadirkan S Pen pada Galaxy Z Fold 3.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article