home ×
Digilife

Apple Bikin Sistem Baru Demi Cegah Siri ‘Nguping’ Pengguna

08 June 2021 By
Apple Bikin Sistem Baru Demi Cegah Siri ‘Nguping’ Pengguna
Share
Share
Share
Share

Foto Ilustrasi: Unsplash

Uzone.id -- Masih ingat dugaan staf Apple yang dapat mendengar obrolan pengguna melalui asisten digital Siri? Kini Apple meningkatkan sistem privasi Siri agar lebih aman dan nyaman digunakan.

Biasanya, Apple mengirim perintah pengguna melalui Siri ke server perusahaan -- hal inilah yang mendorong dugaan kalau privasi pengguna tidak terlalu dijaga. Dalam acara WWDC 2021, Apple mengumumkan kalau Siri ke depannya akan memproses perintah suara langsung di dalam perangkat.

Artinya, tidak ada perintah suara pengguna yang akan diunggah terlebih dahulu ke server Apple.

Baca juga: Apple Akuisisi Startup Ini Agar Siri Makin Pintar

“Dengan pengenalan ucapan (speech recognition) yang ditanam langsung di perangkat, suara atau audio perintah pengguna akan diproses langsung di iPad atau iPhone. Sistem ini sifatnya bawaan,” ungkap juru bicara Apple.

Ia melanjutkan, “langkah ini sebagai lanjutan dari kekhawatiran terbesar terkait privasi pada asisten suara, yaitu perekaman audio yang tidak diinginkan. Dari banyak permintaan, cara kerja Siri juga pindah ke perangkat yang dapat memproses perintah tanpa koneksi internet, seperti membuka aplikasi, menyetel waktu dan alarm, mengubah pengaturan, atau mengendalikan musik.”

Baca juga: OS Baru Mac Apple Diberi Nama Monterey, Apa Saja Fitur Barunya?

Selain soal privasi, Apple juga mengumumkan kalau Siri akan hadir di beberapa perangkat pihak ketiga untuk pertama kali. Tandanya, pengguna nantinya akan bisa melakukan perintah suara ke perangkat smart home dari brand lain.

Apple belum mengungkapkan daftar lengkap perangkat dan brand lain yang mendukung Siri. Dalam ajang WWDC 2021, Apple mendemonstrasikan Siri di termostat Ecobee. Tak lupa integrasi Siri pada aksesori HomeKit Apple agar pengguna dapat mengeluarkan perintah suara lebih menyeluruh.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id