icon-category Gadget

Apple M2, Lebih Ngebut dan Pintar Berkat 20 Miliar Transistor

Uzone.id - Prosesor terbaru Apple M2 turut diperkenalkan di ajang WWDC 2022 yang digelar secara online (7/6). Apple M2 ini kembali dibuat dengan arsitektur ARM, chipset berbasis ARM pertama yang dirancang pertama kali pada Apple M1.

Apple M2 dibangun berdasarkan arsitektur 5nm generasi kedua dan terdiri dari dua kluster, yakni performance dan efficiency core. Prosesor ini terdiri dari 20 miliar transistor atau 25% lebih banyak daripada M1.

Transistor yang lebih banyak, tentu saja meningkatkan kinerja dari seluruh chipset. Apple pun menyematkan pengontrol unified memory (sistem manajemen memori buatan Apple) yang memberikan bandwidth sebesar 100 GB/detik atau 50% lebih banyak dibanding M1.

Apple M2 juga mendukung RAM hingga 24 GB berjenis LPDDR5 yang lebih besar, sehingga dapat menangani beban kerja yang lebih banyak dan kompleks dari generasi sebelumnya.

Diklaim, tenaga yang dikeluarkan oleh prosesor Apple M2 lebih kencang 18% ketimbang M1. “M2 memulai generasi kedua chip M-series dan melampaui fitur luar biasa dari M1,” jelas Johny Srouji, Apple Senior VP of Hardware Technologies.

Baca juga: Harga MacBook Air Terbaru Cuma Rp 17 Juta

Apple M2 juga dilengkapi dengan kartu grafis 10-core, dua kali lipat lebih besar dari M1. Chip ini pun dibekali dengan bandwidth cache serta memori yang lebih luas, sehingga dapat menyemburkan performa 25% lebih kencang ketimbang seri sebelumnya dengan power yang setara dan 35% kian ngebut saat diatur max power.

Bukan Cuma CPU dan GPU yang Lebih Canggih

Ilustrasi perbandingan Apple M1 dan Apple M2

Apple membawa rangkaian teknologi baru untuk prosesor M2. Ragam inovasi ini memberikan kemampuan baru, keamanan yang lebih rapat, dan kinerja jauh lebih bagus dari seri terdahulu atau prosesor lain di kelasnya.

Apple M2 memiliki chip Neural Engine yang bisa memproses hingga 15,8 triliun operasi per detik (TOPS) atau 40% lebih banyak dari Apple M1. Prosesor ini juga dilengkapi dengan media engine yang termasuk bandwidth video decoder lebih tinggi dan mendukung video 8K berformat H.264 dan HEVC.

Baca juga: Apple Perkenalkan iOS 16 dan MacOS Ventura

Apple juga menyematkan dukungan ProRes Video untuk memutar dua video di resolusi masing-masing 4K dan 8K. Chipset ini juga memiliki ISP (image signal processor) yang mampu mereduksi noise lebih baik.

Di sisi keamanan, Apple pun menjamin privasi pengguna berkat fitur Secure Enclave. Keamanan dan privasi pengguna bakal dilindungi oleh chip terbaru ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini