home ×
Gadget

Apple Patenkan iPhone Layar Lipat yang Bisa Perbaiki Kerusakan Sendiri

03 October 2020 By
Apple Patenkan iPhone Layar Lipat yang Bisa Perbaiki Kerusakan Sendiri
Share
Share
Share
Share

(Foto ilustrasi: Hardik Sharma / Unsplash)

Uzone.id -- Ada paten baru Apple baru dirilis pada Jumat (2/10) yang isinya merupakan ide ponsel pintar layar lipat dengan teknologi ‘self-healing’ alias bisa memperbaiki kerusakan sendiri pada layarnya.

Paten ini awalnya diajukan sejak Januari lalu, namun situs Patently Apple menemukannya telah dirilis belum lama ini. Berdasarkan pengajuan Apple, konsep tersebut digambarkan bahwa layar ponsel dapat memperbaiki dirinya sendiri tanpa campur tangan si pengguna.

Secara teori, kemampuan ‘self-healing' ini dapat diaktifkan secara otomatis, contohnya ketika perangkat sedang diisi ulang daya baterainya, maka ia akan menggunakan panas, cahaya, atau arus listrik untuk memperbaiki lapisan pelindung di atas layar.

Baca juga: Ada Bukti iPhone 12 Gak Dikasih Earphones, Siap-siap Kecewa

Paten tersebut juga mengatakan, layar depan ponsel mungkin saja sudah mencakup lapisan berbahan elastomer yang bentuknya dapat berkurang dan bertambah demi menjaga perlindungan bagian dalam perangkat yang sensitif. Secara teori, bahan untuk konsep ini akan membuat keseluruhan lapisan layar lipat lebih tahan lama.

Beberapa perusahaan teknologi seperti Samsung dan Motorola sudah membuat sejumlah ponsel layar lipat dengan gaya berbeda, dan fitur ‘self-healing’ Apple ini bisa jadi menambah sisi unik untuk perangkat.

Baca juga: 2 Hal yang Perlu Dicontek iPhone 12 dari iPad Air 4

Namun, lagi-lagi karena ini baru paten, belum bisa dipastikan apakah Apple berencana memproduksinya menjadi iPhone layar lipat atau baru sekadar paten saja.

Sebelumnya, LG juga telah mengusung fitur ‘self-healing’ untuk ponsel G Flex pada tahun 2013, di mana fitur ini dapat memperbaiki goresan di bagian pelindung belakang ponsel namun fitur tersebut tidak bekerja secara efektif.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Ari Novita 04 October 2020 | 16:29:28

iphon lipat bisa perbaiki kerusakan sendiri

Satria Kelana 03 October 2020 | 20:46:44

waw ini sangat bagus semoga cepat ada dipasaran ya

Saleh Muhammad saleh 03 October 2020 | 17:50:51

iya mau dong ketemu sama kamu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article