home ×
Digilife

Asisten Digital Bixby Samsung Bakal Diganti dengan Nama Sam

02 June 2021 By
Asisten Digital Bixby Samsung Bakal Diganti dengan Nama Sam
Share
Share
Share
Share

Foto ilustrasi: Ars Technica

Uzone.id -- Bagi pengguna brand Samsung, mestinya tidak asing dengan Bixby. Asisten digital seperti halnya Siri, Alexa, dan Google Assistant ini dikabarkan akan dirombak agar lebih menarik dan dekat dengan pengguna.

Spekulasi ini muncul saat akun pemerhati teknologi di Twitter dengan username @techagent26 membocorkan tentang perubahan terhadap Bixby.

Samsung akan meluncurkan asisten virtual baru bernama ‘Sam’ dan ia tampak cantik,” cuitnya, lengkap dengan tampilan karakter animasi 3D perempuan.

Dari bocoran tersebut, Samsung kemudian dirumorkan bakal merombak Bixby menjadi asisten digital yang memiliki wujud tiga dimensi (3D). Mengutip PhoneArena, karakter Sam ini dirancang oleh perusahaan produksi visual, Lightfarm yang telah merilis beberapa foto dan render dari asisten pengganti Bixby ini.

Baca juga: Samsung Mulai Produksi Massal Komponen Galaxy Z Fold3

Memang belum ada kejelasan apakah karakter Sam ini betul-betul akan menjadi pengganti Bixby. Dari bocoran yang ada, Lightfarm kemungkinan besar memang mengembangkan Sam dai spesifikasi dan desain, dan salah satu perusahaan yang terlibat dalam pembuatan Sam ini adalah perusahaan periklanan yang berada di bawah kendali Samsung.

“Selama proses pembuatan, tim kami berdedikasi mengembangkan material yang realistis, khususnya pada bagian rambut dan pakaian karakter ini, semua demi Sam dapat tampil secara menyenangkan dari segi estetika. Sam adalah hasil kemitraan hebat antara Cheil Agency dan Lightfarm, dan kami sangat bahagia menjadi bagian dari proyek ini!” tulis Lightfarm.

Baca juga: Gagal Saingi Google Assistant dan Siri, Cortana Mati di Android-iOS 

Seperti yang kita tahu, Samsung merilis asisten pintar pertamanya yang bernama S Voice pada 30 Mei 2012. Ponsel pertama yang mendapat S Voice adalah Galaxy S III. Versi terakhir dari S Voice diluncurkan pada 18 Agustus 2017. Sementara Bixby versi perdana dirilis pada 21 April 2017.

Jika “Sam” benar menjadi pengganti Bixby, banyak yang memprediksi ia layak bersaing dengan Google Assistant yang selama ini dianggap sebagai asisten digital paling populer dan terbaik untuk dijadikan penolong secara virtual. Tak lupa Sam juga bersaing dengan Alexa dari Amazon, dan juga Siri Apple.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id