icon-category Gadget

Asus Vivobook 14X, Laptop Murah Buat Mahasiswa, Nge-Dota Juga Bisa

Asus Vivobook 14X (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Dear mahasiswa, Asus baru saja ngeluncurin laptop yang pas banget buat kalian. Asus Vivobook 14X, harga ritelnya murah, punya spesifikasi oke, dan bisa dipake buat main Dota 2 tanpa ngelag.

Laptop buat mahasiswa pastinya bukan berguna buat dipakai nugas atau ngelarin skripsi saja. Mahasiswa juga butuh hiburan, setuju? Technical PR Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo yang juga pernah merasakan pusingnya jadi mahasiswa, menjelaskan Vivobook 14X punya segala hal yang dibutuhkan oleh anak-anak kampus.

Performa tinggi, jelas. Laptop ini sudah ditenagai prosesor AMD Ryzen 5 5600H yang terbilang bertenaga. Beberapa laptop gaming yang beredar di Indonesia ada juga lho yang pakai prosesor ini.

Prosesornya juga dipasangkan dengan RAM DDR4 sebesar 8 GB dan penyimpanan internal 512 GB berjenis M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. Pria yang akrab disapa Danu tersebut turut mengatakan, RAM Asus Vivobook 14X bisa di-upgrade oleh pengguna berkat kehadiran slot kosong di dalamnya.

Baca juga: Hands-on Asus Zenbook 14X OLED, Laptop Tipis Bertenaga AMD Ryzen

Komponen Asus Vivobook 14X

Sementara untuk penyimpanan internal, SSD pada laptop ini punya kinerja write dan read yang mumpuni. Ditambah lagi dengan baterai awet 50Wh yang tahan berjam-jam.

Dengan spesifikasi tersebut, Danu mengklaim Asus Vivobook 14X bukan cuma bisa dipakai mengerjakan tugas kuliah saja, tapi main game kasual seperti Dota 2. 

“Minimal, laptop ini bisa buat main Dota 2,” katanya.

Layar yang luas juga dibutuhin banget oleh anak kuliahan. Selain buat memasang lebih dari satu aplikasi bersamaan, layar yang luas berguna juga nonton film hasil download-an, menyaksikan video di YouTube dan aktivitas lainnya.

Asus Vivobook 14X punya layar berukuran 14 inci dengan bezel yang lumayan tebal. Layar berjenis IPS tersebut punya aspek rasio 16:10 yang juga lebar, sehingga mengerjakan tugas kuliah atau main game bisa dijalani dengan baik di laptop ini.

Baca juga: Laptop Asus Zenbook 14 Flip OLED Bisa 'Disulap' jadi Tablet

Di bagian atasnya, terdapat webcam yang penting juga buat video conference atau kuliah online via Zoom. Kalau gak dipakai, ada semacam toggle yang dapat digeser untuk menutup kamera tersebut. 

DImensinya yang besar untungnya dimanfaatkan oleh Asus untuk menyertakan banyak port pada Vivobook 14X. Kebayang dong, kalau port-nya sedikit? Pasti bakal sulit buat aktivitas sehari-hari.

Ada 1x USB 2.0 Type A dan USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 1.4, serta jack audio 3,5mm buat dengerin musik atau menikmati hiburan pakai headset kabel.

Baca juga: Cicip Asus Zenbook 14 OLED, Laptop Asus di Bawah Rp20 Juta

Laptop ini tersedia dalam warna Quiet Blue dan Transparent Silver. Asus Vivobook 14X dijual dengan harga Rp9.599.000 di Indonesia.

“Asus Vivobook 14X adalah laptop Ryzen H-Series yang paling murah. Cocok buat anak kuliahan,” klaim Asus Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini