icon-category Gadget

Laptop Asus Zenbook 14 Flip OLED Bisa 'Disulap' jadi Tablet

Asus Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Kalau Asus Zenbook 14X OLED ditenagai prosesor AMD Ryzen 5000 Series yang ngebut, Asus Zenbook 14 Flip OLED dengan nomor model UP5401 ditunjang oleh prosesor Intel Core 11th Gen.

Kedua laptop ini bak ‘pinang dibelah dua’, lantaran desainnya mirip dan beberapa fitur unggulannya pun sama persis. Perbedaan paling terlihat yang dibawa laptop ini adalah engsel ErgoLift 360Ëš yang membuatnya dapat dioperasikan layaknya sebuah tablet.

Mode-mode pemakaian lainnya pun dapat dilakukan, mode tend misalnya yang membuat laptop ini dapat dipakai sebagai alat kolaborasi yang pas. 

Secara dimensi, ukurannya sama seperti Asus Zenbook 14X OLED. Ketebalannya 15,9 mm dengan berat mencapai 1,4 kg. Ketersediaan port-nya juga sama-sama lengkap, namun terasa lebih canggih.

Lantaran ditenagai Intel Core 11th Gen, maka Asus Zenbook 14 Flip OLED (UP5401) sudah dibekali dengan teknologi Thunderbolt 4 pada kedua port USB-C. Dengan dukungan Thunderbolt 4, pengguna dapat ngecas laptop ini menggunakan kabel type-C yang biasa digunakan pada smartphone.

Baca juga: Laptop Tertipis Sedunia, Acer Swift Edge Masuk Indonesia

Bisa juga menghubungkannya ke monitor eksternal dengan resolusi tertinggi 2,8K dan tentu saja transfer data dengan kecepatan sampai 40 Gbps. 

Sama halnya, laptop ini terbuat dari material aluminium tangguh yang mengantongi sertifikat Mil-STD 810H. 

Spesifikasi Asus Zenbook 14 Flip OLED

Di sektor layar, kemampuannya sama dengan Zenbook 14X OLED. Laptop ini punya layar OLED berukuran 14 inci dengan resolusi 2,8K dan berkualitas HDR, plus aspek rasio besar 16:10.

Akurasi warna yang ditampilkan Zenbook 14X OLED juga sudah divalidasi oleh PANTONE, menjanjikan warna yang detail dan akurat pun bakal diterima oleh pengguna, terutama warna hitamnya yang jauh lebih pekat dan bikin nyaman mata.

Layar OLED di laptop ini juga tetap memperhatikan segi keamanan mata penggunanya. Disertifikasi oleh TUV Rheinland dan SGS, layar OLED laptop ini memancarkan 70 persen lebih sedikit cahaya biru yang membahayakan mata pengguna.

Kendati begitu, akurasi warna tetap tidak dikorbankan, lantaran Asus tidak menggunakan filter cahaya biru pada umumnya. Pabrikan asal Taiwan ini menggeser spektrum yang aman bagi kualitas warna layar.

Baca juga: Cicip Asus Zenbook 14 OLED, Laptop Asus di Bawah Rp20 Juta

Karena diperuntukkan bagi pengguna kreatif, layar Asus Zenbook 14X OLED juga dapat menerima input sentuhan jari dan juga stylus, memungkinkan pengguna untuk menggambar langsung pada layar OLED dengan tingkat presisi yang tinggi.

Di Indonesia, Asus Zenbook 14 Flip OLED menggunakan dua tipe prosesor. Ada Intel Core 11th Gen dan 12th Gen. Perbedaan prosesor juga berpengaruh pada jenis RAM yang digunakan.

Untuk Intel Core 11th Gen, RAM yang dipakai berjenis LPDDR4X. Sedangkan untuk Intel Core 12th Gen, disematkan RAM LPDDR5. Kapasitasnya sama, hingga 16 GB yang dipadukan dengan SSD PCIe 4.0 dengan kapasitas sampai 1 TB.

Fitur lainnya

Soal fitur, kurang lebih sama juga dengan Asus Zenbook 14X OLED yang ditopang prosesor AMD Ryzen. Ada ClearVoice Mic dan ClearVoice Speaker berbasis teknologi AI noise-cancelling.

ClearVoice Mic dapat menyaring kebisingan sekitar dan menormalkan semua suara individu dalam mode Multi-presenter dari posisi berbeda untuk kualitas panggilan konferensi grup yang optimal. 

Sementara fitur ClearVoice Speaker menyaring semua kebisingan sekitar selain ucapan manusia, jadi pengguna akan mendengar apa yang dikatakan orang lain.

Baca juga: Review: Acer Aspire Vero NatGeo, Laptop Daur Ulang yang Pas Buat Kerja

Untuk memanfaatkan teknologi Thunderbolt 4 atau port HDMI-nya, pengguna dapat mencoba ScreenXpert, sebuah aplikasi pengatur multi-layar yang memungkinkan pengaturan aplikasi secara mulus di monitor eksternal yang terhubung untuk efisiensi yang lebih baik.

Harga Asus Zenbook 14 Flip OLED di Indonesia

Asus Zenbook 14 Flip OLED di Indonesia dengan prosesor Intel Core 11th Gen terbagi menjadi 2 SKU, Intel Core i5-1135G7 dan Intel Core i7-1165G7.

Masing-masing dibanderol dengan harga Rp16 jutaan dan Rp19 jutaan untuk model tertingginya di official store Asus Indonesia yang tersedia di berbagai e-commerce populer. 

Begitu juga dengan tipe prosesor Intel Core 12th Gen. Ada dua varian juga, Asus Zenbook 14 Flip OLED dengan Intel Core i7-12700H dijual dengan harga Rp21,9 jutaan dan Intel Core i5-12500H yang dilepas Rp17,9 jutaan. 

Setiap pembelian, pengguna mendapatkan sleeve dan stylus dalam paketnya. Juga, mendapatkan garansi resmi Asus Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini