icon-category Gadget

Asus Zenfone 9 Debut, Ponsel Mungil dengan Spesifikasi Monster

Uzone.id - Asus Zenfone 9 resmi diperkenalkan ke pasar global. Asus Zenfone 9 punya ukuran yang lebih kecil ketimbang sebelumnya, namun mengusung kamera yang lebih baik, baterai makin besar dan tentu saja spesifikasi yang lebih bertenaga.

Asus Zenfone 9 jadi ponsel flagship dengan dimensi yang paling kecil untuk saat ini. Tingginya cuma 146,6 mm, lebih mungil 2mm dibanding Asus Zenfone 8. Bahkan, bobotnya pun lebih ringan 4 gram dari generasi sebelumnya.

Kecil-kecil tapi tenaganya besar lho. Asus Zenfone 9 ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 yang ‘dijinakkan’ dengan vapor chamber berukuran besar. Asus tak lagi menggunakan heat pipe seperti Zenfone 8.

Asal tahu saja, Zenfone 8 terasa seperti ‘ponsel setrikaan’ karena sistem pendingin yang tak maksimal menjaga suhu panas yang dihasilkan Snapdragon 888. Dengan vapor chamber yang luas, kinerja Snapdragon 8+ Gen 1 diklaim akan tetap stabil dengan suhu yang terjaga.

Baca juga: Snapdragon 8+ Gen 1 vs Apple A15 Bionic, Lebih Kencang Mana?

Dikombinasikan dengan tiga varian RAM LPDDR5 dan memori penyimpanan UFS 3.1, yakni 8/128 GB, 8/256 GB dan 16/256 GB. Tak ada slot microSD, namun sudah berjalan di sistem operasi Android 12 yang dijanjikan mendapatkan setidaknya 2 peningkatan OS.

Di bagian baterai, kapasitasnya menjadi 4.300 mAh yang lebih besar. Baterai ini dapat diisi dengan cepat berkat fast charging 30W HyperCharger dengan dukungan USB Power Delivery 3.0 PPS.

Spesifikasi Asus Zenfone 9 lainnya

Meski lebih mungil, layar smartphone ini masih berukuran 5,9 inci dengan jenis OLED. Resolusinya Full HD+ dengan dukungan HDR 10+ dan refresh rate 120Hz dan 240Hz touch sampling rate.

Di sudut kiri atas layar tersemat kamera selfie 12MP dengan sensor Sony IMX663 yang didukung Dual PDAF dan autofokus. Di belakang, dua kamera disematkan pada modul yang terasa mirip frame Huawei P50 Pro.

Baca juga: Tes Benchmark Snapdragon 8+ Gen 1 di AnTuTu, Tembus Sejuta!

Dua kamera ini terdiri dari 50MP Sony IMX766 yang didukung hybrid gimbal stabilizer serta bukaan lensa f/1.9. Kemudian ada kamera 12MP ultra wide dengan sensor Sony IMX363 yang sudah mendukung autofokus juga dan pemotretan makro.

Soal harga, Asus Zenfone 9 telah dijual di Eropa dengan harga 800 euro atau setara Rp12,1 jutaan untuk model terendahnya. Ada empat pilihan warna, Midnight Black, Moonlight White, Starry Blue dan Sunset Red.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini